6 Tahapan Berbisnis Kerajinan Kayu Secara Online

6 Tahapan Berbisnis Kerajinan Kayu Secara Online

Diposting pada

6 Tahapan Berbisnis Kerajinan Kayu Secara Online

Memiliki bisnis yang sukses adalah idaman setiap orang. Hanya saja, kita masih sering bingung bagaimana caranya agar bisnis kita bisa lancar. Terutama untuk bisnis kerajinan kayu yang sudah banyak saingannya. Tentu kita harus bisa atur strategi agar harga jual kerajinan kayu kita tetap mendapat perhatian di hati para pembeli. Misalnya untuk harga souvenir pernikahan dan souvenir ulang tahun tentu akan dipesan dalam jumlah yang banyak, jadi kita harus bisa memberi diskon agar pembeli senang dan bahagia.

Bisnis kerajinan kayu secara online sebenarnya sangat menjanjikan karena dapat memperluas pasar hingga ke luar negri. Jika tanpa sengaja ada teman yang melihat produk kita dan tertarik, ia akan mempromosikan kepada orang lain dengan sangat bangga. Karena kita memberikan produk yang berkualitas dan menarik. Kayu tergolong bahan yang awet dan bernilai guna yang sangat tinggi. Kayu bekaspun dapat didaur ulang dan menjadi kerajinan kayu baru yang bisa dijual lagi.

Iklan adalah salah satu cara agar bisnis kita menjadi lancar. Cara online adalah pilihan utama karena cara ini dirasa paling murah dan menguntungkan. Pasalnya, banyak situs yang menawarkan jasa penjualan secara gratis seperti tokopedia, olx, lazada, zalora, atau toko online lainnya.

Cara lainnya adalah dengan menawarkan produk melalui sosial media seperti instagram, twitter, facebook, dan lain-lain. Pada kesempatan ini kami hanya akan membahas mengenai cara mencari konsumen tertarget melalui media facebook. Berikut penjelannya.

  1. Pilih Orang yang Suka (Like) Toko Online Besar

Jika kita sering ber-online maka kita akan melihat beberapa iklan besar dengan like yang cukup banyak. Kita juga bisa melakukan hal yang sama. Klik salah satu toko online besar dan cari iklan produk yang sesuai dengan produk kita. Lalu buka pada bagian like yang cukup banyak dan like semua orang yang tertarik dengan produk tersebut.

  1. Buatlah 10 Akun Facebook dengan Data Lengkap dan Rutin

Selainberiklan dengan akun sendiri sebaiknya kita juga membuat akun baru. Buatlah 10 Akun Facebook dengan profil yang lengkap. Data yang ditulis tidak perlu sama dengan akun asli yang kita miliki. Kita bisa menggunakan nama produk atau nama toko kita. Sebaiknya Verifikasi dengan no telepon yang aktif. Bisa menggunakan dua nomor atau tiga nomor agar bisa antisipasi jika terblokir bisa di pakai untuk memulihkan kembali. Inilah yang membuat penjual online memiliki banyak nomor.

Lakukan aksen 10 akun tersebut dengan rutin. Dan jangan lupa melengkapi data akun dengan foto pribadi atau status. Hal ini dilakukan agar konsumen percaya bahwa kita bukan penipu online. Sebaiknya data yang diberikan adalah kondisi asli kita. Misalnya nama asli kita adalah Ita Purnama Sari, bisa dengan nama facebook Ita Ajjah, atau Ita Cutedan lain-lain. Intinya nama kita bisa kita jabarkan menjadi banyak judul di akun facebook.

  1. Like Fanspage Besar

Hal selanjutnya yang patut kita lakukan adalah like fanspage besar dan terkenal. Kita bisa like detik, dancow, unilever dan lain-lain. Tentu saja pilih yang sesuai dengan produk kita. Sebaiknya beberapa post mereka juga dilike. Carilah Fanspage kompetitor kemudian temukan tulisan serupa dengan poin-poin yang menjual. Misalnya cari status yang banyak likenya lalu pastikan bahwa produk yang fanspage tawarkan serupa dengan produk yang kita miliki. Add kira-kira 5-10 teman per hari yang mereka adalah calon target market kita.

  1. Lakukan Poin 1, 2 dan 3 secara Aktif

Setiap hari sebaiknya kita melakukan poin 1, 2 dan 3 hingga 15 hari. Lalu istirahatlah selama tujuh hari untuk evaluasi hasil yang sudah kita lakukan tersebut. Lakukan terus-menerus dan jangan sampai kita bosan. Perlu juga update status yang bermanfaat dan berhubungan dengan produk. Dengan begini, konsumen akan percaya bahwa kita adalah penjual yang profesional.

  1. Gunakan Tenaga Orang Lain

Agar penjualan tidak terganggu maka kita perlu menggunakan tenaga orang lain untuk melakukan hal tersebut. Hal ini dapat kita sesuaikan dengan pendapatan kita per bulan. Setidaknya jika kita melakukan hal diatas dengan baik dan rutin maka kita akan dapat menjual produk dengan laris. Paling tidak setelah berumur 1 bulan kita sudah tahu akan butuh tenaga bantuan atau tidak. Sebaiknya gunakan tools atau software canggih yang bisa add orang secara otomatis dengan jumlah banyak. Hal ini tentu akan lebih mempermudah iklan kita nantinya.

  1. Bangun Kepercayaan Dengan Baik

Hal terpenting dari proses diatas adalah membangun kepercayaan. Proses ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Selanjutnya adalah bagaimana cara kita atur jadwal post status jualan di facebook. Pastikan produk yang kita jual ditata dengan rapi dan runtut agar pembeli tidak bingung dan tertarik. Baik jenis kayu atau bahan yang kita gunakan sebaiknya disampaikan apa adanya dan berikan harga yang sesuai. Jangan menjual terlalu mahal karena ingin untung besar, asalkan memberikan kualitas yang baik harga mahal tidak masalah bagi konsumen. Kepercayaan inilah yang seringkali lalai dari para penjual sehingga para pembeli beralih ke toko lain yang lebih bisa menghargai pembeli dengan baik.

Inilah 6 tahapan berbisnis kerajinan kayu secara online . Sampai saat ini trik ini masih banyak digunakan oleh orang lain. Bahkan semakin hari semakin banyak akun facebook berjamuran. Semakin banyak mencoba maka akan semakin banyak pembeli berjamuran. Kita bisa menerapkan juga pada akun media sosial lain. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *