Alasan yang Membuat Furnitur Kayu Jati Lebih Diminati

Diposting pada

Kayu jati memang salah satu jenis kayu yang terkenal sebagai bahan pembuat rumah atau bangunan, dan bahan utama membuat furnitur seperti meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. Selain karena kekuatan kayu jati yang sudah menjadi rahasia umum, furnitur kayu jati juga memiliki alasan lain yang membuatnya banyak diminati dari pada furnitur yang dibuat dari kayu jenis yang lain. Kecintaan masyarakat dengan barang-barang yang dibuat dari kayu jati bisa dilihat dari banyaknya furnitur dari kayu jati yang dikirim ke berbagai penjuru Indonesia. Bahkan beberapa justru diekspor hingga ke luar negeri. Beberapa alasannya adalah yang akan diuraikan di artikel berikut.

 

Alasan Furnitur yang Terbuat Dari Kayu Jati Lebih Banyak Peminatnya

Alasan yang pertama kenapa furnitur kayu jati lebih banyak disukai yaitu karena kayu jati memiliki serat dan tekstur yang indah. Dibandingkan dengan kayu jenis yang lain, serat yang ada pada kayu jati memang lebih menarik. Serat dan tekstur memang menjadi hal yang paling penting yang mendukung keindahan produk barang-barang yang dibuat dari kayu karena tekstur dan serat yang indah akan membuat benda dari kayu tersebut tampak lebih klasik, dan elegan. Serat dan tekstur yang ada pada kayu jati akan semakin terlihat jelas ketika kayu tersebut dibentuk menjadi furnitur. Serat yang berbentuk indah akan membuat benda dari kayu jati semakin terlihat alami dan memberi kesan kayu yang semakin asli.

 

Selain serat dan teksturnya yang indah, alasan selanjutnya kenapa kayu jati banyak diminati ketika sudah dijadikan furnitur adalah daya tahannya yang lama. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kayu pasti akan mengalami masa pelapukan, tak terkecuali dengan kayu yang sudah diolah menjadi furnitur. Namun, berbeda dari kayu jenis lain, kayu jati memiliki daya tahan yang lama sehingga furnitur kayu bekas yang dibuat dari kayu jati pun masih bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi.

 

Furnitur yang dibuat dari bahan kayu jati juga sangat tahan terhadap serangga perusak kayu seperti rayap. Hal ini dibuktikan dengan daya tahan kayu jati yang bertahan lama dan tidak mudah rusak karena dimakan serangga. Terlebih jika sudah diolah menjadi furnitur, kayu jati yang sudah diamplas dan diberi campuran anti rayap, biasanya akan bertahan lebih lama, bahkan hingga dibuat furnitur kayu bekas pun tetap tidak mudah keropos.

 

Alasan selanjutnya yaitu kayu jati mudah dibentuk, termasuk dibentuk menjadi ukiran kayu jati. Tekstur kayu jati juga sangat mendukung keindahan ukiran yang dibuat dari kayu jati. Jenis atau bentuk-bentuk ukiran dari kayu jati pun beragam berdasarkan kemampuan para pengrajinnya. Dewasa ini, perkembangan seni dunia seni, tak terkecuali seni ukiran, membuat banyak sekali ukiran dari kayu jati yang menarik dan sangat unik, dan tentunya semakin menambah nilai plus furnitur dari kayu jati.

 

Kayu jati juga terkenal dengan kekuatannya. Kayu jenis ini memang memiliki bobot yang lebih besar jika dibandingkan dengan kayu dari jenis-jenis yang lainnya. Bobot yang berat juga membuat furnitur yang memiliki bahan utama kayu jati juga lebih kuat. Itu sebabnya kayu jati banyak digunakan sebagai kursi-kursi, karena kursi atau bangku yang dibuat dari kayu jati biasanya bisa menahan beban hingga berkali-kali lipat dari berat yang mampu ditanggung oleh kayu jenis yang lain.

 

Terakhir, alasan yang membuat kayu jati menjadi lebih diminati dari kayu-kayu jenis lainnya dalam bidang furnitur yaitu karena furnitur yang dibuat dari kayu jati tahan terhadap berbagai cuaca seperti panas dan hujan. Itu sebabnya baik ukiran kayu jati maupun furnitur yang dibuat dari kayu jati sangat diminati. Untuk furnitur yang diletakan di luar ruangan seperti kursi dan meja taman atau biasa juga disebut dengan furnitur garden, kayu jati sangat baik digunakan sebagai bahan utama pembuatannya karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kayu jati memang memiliki daya tahan yang sangat kuat. Bahkan di cuaca yang tidak bersahabat sekali pun seperti hujan yang terus menerus atau panas yang begitu terik.

 

Karena alasan-alasan itulah ukiran kayu jati maupun furnitur yang dibuat dari kayu jati memiliki lebih banyak peminat. Jika Anda salah satu penggemar furnitur, cobalah untuk membeli furnitur yang dibuat dari kayu jati karena untuk dibuat furnitur, kualitas yang paling bagus adalah furnitur yang dibuat dari kayu jati. Harga dari furnitur yang terbuat dari kayu jati memang biasanya lebih mahal dari furnitur yang dibuat dari bahan jenis lain. Bukan hanya karena keunggulan-keunggulan yang dimiliki kayu jati, sulitnya mendapatkan kayu jati juga menjadi faktor lain yang membuat furnitur dari kayu jati memiliki harga yang sangat mahal. Belakangan ini keberadaan kayu jati bahkan hampir menjadi pohon yang langka. Kebutuhan akan kayu jati yang banyak sekali sering tidak seimbang dengan penanaman kayu jati untuk persiapan di tahun-tahun berikutnya.

 

Tak hanya furnitur baru, furnitur kayu bekas yang terbuat dari bahan kayu jati juga banyak yang memiliki harga tinggi. Akan tetapi untuk kualitas-kualitas yang telah ditawarkan kayu jati, harga yang nantinya ditawarkan tentu sudah sangat sesuai. Terlebih jika Anda memang menyukai furnitur-furnitur menarik, kepuasan Anda terhadap barang-barang yang dibeli tentu menjadi sesuatu yang utama. Untuk membeli furnitur kayu jati sendiri Anda tidak perlu merasa kesulitan karena selain di toko-toko meubel, Anda juga bisa membeli furnitur dari kayu jati di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *