Aneka Kerajinan Tangan Rumah Multifungsi

Aneka Kerajinan Tangan Rumah Multifungsi

Diposting pada

Kerajinan tangan rumah merupakan hasil karya dari tangan-tangan kreatif, yang dimulai dari ide cemerlang kemudian diekseskusi dengan kelihaian tangan. Bukan hanya itu, faktor ketelitian sangat menentukan sebuah kerajinan agar dianggap berkualitas dan dihargai tinggi. Biasanya, kerajinan tangan dilirik orang karena cocok dijadikan hiasan. Padahal, fungsi dari kerajinan tangan ini tidak hanya sebagai hiasan, namun juga dapat digunakan sebagai furniture.

Penggunaan kerajinan tangan sebagai furniture menawarkan dua sisi yang saling melengkapi, yakni keindahan sekaligus fungsional. Agar memiliki nilai keindahan atau estetika, Anda perlu memadukan kerajinan ini dengan kondisi ruangan, misalnya dari sisi warna, bentuk, serta ukuran. Adapun dari segi fungsi, kerajinan tangan tidak kalah dengan perangkat elektronik. Bahkan, bisa dibilang, kerajinan tangan lebih ramah lingkungan. Berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa Anda gunakan sebagai furniture rumah.

# Kerajinan Lampu Tidur

Kerajinan Lampu Tidur

Kerajinan tangan lampu tidur sangat cocok digunakan sebagai furniture di kamar tidur. Lampu tidur yang dihasilkan oleh pengrajin sangat indah dipandang sekalipun tidak dinyalakan. Terlebih, lampu tidur menawarkan banyak model yang unik dan menarik. Ketika malam tiba, suasana kamar tidur kian sejuk begitu lampu tidur dinyalakan. Cahaya terang yang terpancar dari lampu tidur tidak akan terasa panas, bahkan justru menenangkan.

Kerajinan ini memang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai penerang sekaligus hiasan. Di malam hari, Anda dan pasangan tentu kurang nyaman jika beristirahat dalam suasana gelap gulita. Karena itulah lampu tidur sebaiknya Anda miliki untuk memberi pencahayaan yang cukup tanpa merusak suasana malam yang syahdu. Sebagai hiasan, lampu tidur menawarkan banyak bentuk yang beragam. Selain itu, keindahannya akan kian terasa manakala Anda meletakkan lampu tidur di posisi yang tepat.

Sebagai salah satu handicraft, ada banyak lampu tidur dengan bentuk-bentuk menarik. Berikut ini beberapa contoh di antaranya:

  1. Lampu tidur dari gelas. Lampu ini dibuat dari botol kaca bening yang dihias dengan nuansa hijau agar menyejukkan suasana. Dengan desain yang natural membuat kamar tidur semakin nyaman untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat.
  2. Lampu tidur bentuk baut. Lampu ini dibuat berulir sehingga menyerupai baut. Meskipun simpel, lampu ini menggunakan warna-warna cerah sehingga sangat menarik perhatian. Anak Anda pasti tertarik memasang lampu ini di kamar tidurnya.
  3. Lampu tidur minimalis. Jenis lampu ini cocok dipadukan jika kamar tidur Anda mempunyai bentuk minimalis. Tampilan lampu ini sangat sederhana karena menggunakan batang kayu, tetapi dihiasi sentuhan ukiran. Cahaya lembut dari lampu ini dijamin memberi sensasi tenang di dalam kamar.

Baca juga “Jenis-Jenis Kerajinan Tangan yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

# Kerajinan Miniatur

Kerajinan Miniatur

Kerajinan tangan miniatur pasti membuat siapa pun tertarik saat pertama kali melihatnya. Bahkan, setelah mengamati dari dekat, Anda akan terpukau dengan kerajinan tangan yang satu ini. Bagaimana tidak? Bentuk-bentuk seperti kapal, mobil, sepeda, motor antik, dan sebagainya bisa dibuat secara detail dalam ukuran yang jauh lebih kecil dibanding aslinya. Hal ini menunjukkan bahwa kerajinan miniatur dihasilkan dari pemikiran dan keterampilan yang brilian. Selain itu, handicraft ini dapat dijadikan sarana edukasi untuk putra-putri Anda agar kelak dapat membuat mainan serupa.

Di antara bentuk-bentuk yang banyak dijadikan miniatur adalah kendaraan, seperti mobil dan kapal. Untuk kapal, bahan yang biasa digunakan adalah kayu. Material ini digunakan karena lebih kuat dan memberi kesan antik. Agar semakin indah, bentuk kapal yang dibuat biasanya bukan bergaya modern, melainkan klasik. Sebagai contoh kapal layar. Selain kayu, bahan lain yang biasa dipadukan adalah bambu, tali, kertas. Agar lebih cantik, kapal layar dicat pada tahap finishing.

Adapun kerajinan tangan miniatur mobil bisa dibuat dengan kaleng minuman bekas. Penggunaan bahan ini tidak memberi kesan murahan. Bahkan, sebagian besar justru memandang unik dan kreatif atas ide ini. Jika masih ragu, Anda dapat membeli kerajinan ini pada momen-momen tertentu, misalnya pasar malam. Anda bisa melihat sendiri bahan-bahan sederhana seperti kaleng bekas, kawat, tutup botol plastik untuk roda, dan sejumlah hiasan yang bisa diubah menjadi miniatur mobil.

# Kerajinan Bentuk Rumah

Kerajinan Bentuk Rumah

Kerajinan tangan rumah yang satu ini cukup unik. Selain bentuknya yang lucu, kerajinan ini juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi putra-putri Anda. Kelebihan dari kerajinan tangan ini adalah lebih mudah untuk dibuat sendiri dibanding jenis-jenis handicraft lainnya. Dengan membuat sendiri, Anda lebih bebas berkreasi dalam membuat bentuk rumah impian di masa depan. Selain itu, Anda juga dapat mengajak buah hati Anda belajar sambil bermain. Jika sudah jadi, handicraft miniatur rumah yang dibuat sendiri ini akan menjadi kebanggaan keluarga sekaligus pemanis ruangan yang menarik.

Miniatur rumah dibuat menggunakan bahan pokok berupa kardus atau karton tebal. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan stik es krim, tetapi jumlahnya harus cukup banyak. Jika miniatur rumah dibuat dari kardus/karton, maka rumah tersebut terkesan memiliki gaya modern atau minimalis. Bentuknya pun cenderung kaku. Adapun jika menggunakan stik es krim, miniatur rumah akan memberi kesan klasik.

Sebagai hiasan, pada miniatur rumah berbahan kardus dapat dibuat garis-garis dari spidol untuk membuat pintu, jendela, dan atap. Atau, bisa juga dengan mencetak bentuk-bentuk tersebut dengan printer berwarna. Adapun hiasan paling mencolok pada miniatur berbahan stik es krim adalah replika atap. Dalam hal ini, dapat digunakan karpet bekas berwarna cokelat atau sesuai selera. Selanjutnya, tempelkan pada bagian atap. Maka, nuansa klasik pada miniatur rumah ini kian kental.

Itulah gambaran mengenai beberapa kerajinan tangan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *