Beragam Pilihan Lemari Kayu Murah

Beragam Pilihan Lemari Kayu Murah

Diposting pada

 

Interior rumah yang tidak pernah ketinggalan dan selalu dibutuhkan adalah sebuah lemari. Kebanyakan konsumen lebih menyukai lemari kayu dibandingkan dengan jenis lemari lainnya seperti lemari plastik. Kayu yang dikenal mahal tidak menjadikan semua lemari kayu mahal, ada beberapa pilihan lemari kayu murah yang bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan interior rumah. Lemari menjadi benda yang penting untuk menyimpan berbagai barang dengan beragam fungsinya.  Ada lemari sebagai lemari pakaian, lemari dapur, lemari tv, lemari belajar, dan lemari untuk tempat make up. Selain fungsi utama tersebut lemari juga menjadi penghias atau interior yang menambah kesan sebuah ruangan. Lemari kayu paling dirasa indah untuk sebuah ruangan, oleh karena itu banyak peminatnya. Bagi konsumen yang menginginkan lemari kayu dengan harga murah ada beberapa pilihan berikut yang mungkin bisa direkomendasikan.

 

Beberapa Pilihan Lemari Kayu Murah

Bahan baku kayu keras yang mahal tentu membuat harga lemari kayu lebih mahal. Mengatasi hal tersebut produsen furnitur ada yang menggunakan pilihan kayu lain untuk dapat menghasilkan sebuah lemari kayu murah. Lemari tersebut memang tidak menggunakan kayu keras namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki, untuk lebih lengkapnya berikut penjelasannya.

 

  1. Lemari kayu MDF dan HDF

Kayu jenis ini bukan kayu alami yang diambil dari hutan melainkan kayu yang dibuat di sebuah pabrik dengan bahan utamanya yakni partikel kayu. MDF dan HDF adalah jenis kayu yang dibuat dengan cara mengepres partikel kayu agar padat dan kuat yang kemudian dilapisi dengan bahan yang lebih halus dan licin. Partikel kayu biasanya didapatkan dari sisa proses penggergajian kayu keras yang jatuh bertebaran di lantai seperti serbuk. Lemari kayu dari bahan baku kayu jenis ini umumnya digunakan oleh produsen furnitur bermerk impor namun ada juga yang dari lokal. MDF dan HDF hampir sama, hanya saja HDF lebih tebal dan kuat, harganya juga lebih mahal dibanding MDF. MDF dan HDF tentu lebih murah dibandingkan kayu keras atau kayu solid sehingga harga lemari kayu ini bisa dibilang murah dengan harga termurah sekitar 700 ribu.

 

  1. Lemari kayu triplek dan multiplek

Triplek dan multiplek juga kayu olahan pabrik yang dibuat dengan di pres untuk mendapatkan hasil yang lebih kuat. Multiplek dibuat dari lembaran kayu triplek hingga mencapai ketebalan antara 3 hingga 18 mm. Semakin tebal tentu harganya semakin mahal namun tetap lebih murah dari lemari kayu keras. Kelebihan yang dimiliki lemari dari kayu multiplek adalah kekuatannya yang hampir sama seperti lemari kayu keras. Biasanya lemari dari kayu multiplek memiliki harga jutaan mulai dari satu juta ke atas, termasuk murah dibandingkan dengan lemari kayu jati Belanda salah satu jenis kayu keras.

 

  1. Lemari kayu campuran

Lemari ini bisa menjadi pilihan yang cocok jika menginginkan lemari kayu yang kuat namun harganya murah. Lemari jenis ini biasanya menggunakan kayu keras untuk membentuk kerangka lemari sehingga mendapatkan lemari yang cukup kuat. Triplek biasanya dipilih untuk membentuk dan melapisi lemari secara sempurna yang bisa membuat anggaran lebih hemat dan harga lemari bisa lebih murah. Bagi konsumen yang tidak berkenan dengan kayu pabrikan seperti di atas, ada beberapa pilihan untuk bisa mendapatkan lemari dari kayu keras dengan harga yang murah.

 

Lemari Kayu Jati Belanda yang Murah

Anda bisa mendapatkan lemari kayu keras dengan harga murah, bahkan untuk jenis lemari kayu jati. Ada beberapa pilihan agar bisa mendapatkannya seperti memilih jenis jati yang murah atau memilih lemari kayu jati 2 pintu dengan desain atau ukiran yang tidak rumit. Jenis kayu jati yang murah dan bisa digunakan sebagai bahan baku lemari adalah jati Belanda.

Lemari kayu jati Belanda dibuat dari kayu limbah. Kayu tersebut bukan berasal dari Belanda namun di dapat dari sisa kayu yang ada di peti kemas yang umumnya merupakan bekas tempat barang impor dari wilayah Eropa. Orang Jawa biasa menyebut orang atau daerah asing dengan kata londo yang kemudian banyak diucapkan menjadi Belanda. Lemari kayu ini harganya cukup murah, Anda bisa mendapatkan mulai dari harga 2 juta atau setengah harga dari lemari kayu jati terbaik.

 

Kelebihan yang dimiliki lemari kayu jati Belanda adalah warna dan serat kayu yang terlihat unik. Bobot lemari yang dibuat dari kayu ini juga ringan sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan. Jika selera Anda menginginkan kayu jati berkualitas seperti jati perhutani sebagai bahan lemari, cara untuk mendapatkan harga murah adalah dengan meminimalkan desain dan ukuran lemari.

 

Pilih lemari kayu jati 2 pintu atau lemari dengan ukuran kecil sehingga tidak terlalu mahal. Rata rata ukuran lemari ini adalah 120 x 40 cm dengan tinggi sekitar 180 cm. Ukuran yang tidak besar tentu menghemat bahan baku kayu jati itu sendiri sehingga harga lemarinya tidak begitu mahal. Ukuran yang kecil juga membuat ruangan tetap terlihat luas sehingga tidak pengap.

 

Kurangi desain atau ukiran lemari agar tidak menambah harga lemarinya, pilih lemari yang modelnya simpel. Budget untuk bisa memperoleh lemari kayu ini sekitar 5 juta. Lemari kayu jati 2 pintu dengan jati terbaik biasanya diambil dari pohon jati perhutani yang memang kayunya sudah berumur tua sehingga kualitas kayunya kuat dibanding dengan lainnya.

 

Itulah beberapa informasi mengenai lemari kayu murah yang bisa menambah referensi. Bagi Anda yang sedang membutuhkan dan mencari lemari banyak penjual lemari yang menyediakan banyak pilihan jenis kayu dan model yang bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *