Cara asyik membuat kerajinan tangan untuk dekor rumah sendiri

Cara asyik membuat kerajinan tangan untuk dekor rumah sendiri

Diposting pada

Cara asyik membuat kerajinan tangan untuk dekor rumah sendiri

Rumah menjadi tempat yang paling berharga untuk semua orang, di rumah kita bisa merasa sangat nyaman, damai dan bahagia ditambah dengan adanya anggota keluarga di sana. Kedudukan rumah harusnya menjadi tempat tujuan kita dalam melepas kepenatan hidup ini. memiliki rumah yang lain dari biasanya akan membuat sang penghuni rumah merasa spesial. Rumah bisa kita hias dengan dekorasi yang tidak perlu mahal, dengan barang bekas yang ada kita bisa membuat kerajinan tangan untuk dekorasi rumah sendiri. Sebelum kita melangkah pada cara membuat kerajinan tangan untuk dekor rumah ada baiknya kita mulai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti lem atau alat perekat, gunting, dan alat tulis.

Cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas beserta gambarnya yang lain bisa anda cari di majalah, koran dan mesin pencari. Kali ini kita akan membuat benda dekorasi rumah yang sederhana dari bahan bekas, sehingga kita bisa memperoleh nilai artistik dan nilai fungsi dari kerajinan tersebut.

  1. Bunga hias dari plastik

Pasti di semua rumah ada plastik, plastik merupakan barang yang selalu kita pakai setiap harinya mulai dari plastik bungkus makanan dan plastik untuk membawa belanjaan. Pemerintah sendiri telah mengeluarkan peraturan untuk mengurangi penggunaan plastik karena material yang digunakan pada plastik tidak bisa terurai dengan mudah di tanah, sehingga jika penggunaannya tidak dibatasi akan membuat bumi ini penuh dengan plastik. Untuk kita kita akan menggunakan plastik sebagai bahan baku membuat bunga hias ini. Bahan pendamping yang diperlukan isolasi warna-warni atau bisa juga double tip, gunting, tisu dan lidi.

Cara membuat kerajinan dari bahan plastik ini sangat mudah. Pertama, potong plastik menjadi bentuk persegi panjang lalu ambil tisu dan letakkan di atasnya kemudian plastik dan tisu ditekuk jadi dua, selanjutnya plastik dan tisu dibentuk menjadi bunga mawar pada bagian bawah mengerucut, bagian bawah ini yang kemudian di rekatkan lalu bunga disatukan dengan lidi yang sebelumnya sudah dibungkus isolasi warna. Rapikan hasil kerajinan tangan dari plastik bila perlu tambah hiasan tengahnya dan bunga hiasan untuk rumah anda sudah jadi, hiasan ini bisa digunakan di mana saja karena tidak layu dan bentuknya juga indah.

Catatan plastik yang kita gunakan adalah plastik tempat belanjaan yang berwarna putih, hijau, merah, kuning dan warna lain namun jangan warna hitam atau loreng karena kurang menarik.

  1. Kerajinan tangan aksesoris pintu

Membuat hiasan untuk pintu kamar anda bisa dilakukan sebagai penanda bahwa tempat itu adalah milik anda ada banyak kerajinan tangan aksesoris pintu yang bisa anda buat salah satunya dengan membuat tirai pintu kamar, membuat ukurab nama anda pada bingkai lalu diletakkan di depan kamar dan masih banyak lagi cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas beserta gambarnya yang bisa di praktikkan sendiri di rumah.

  1. Menghias kamar dengan hiasan dinding

Kamar menjadi area ke kuasaan anda selam di rumah, sifatnya sangat pribadi mencerminkan diri anda, di sana anda menghabiskan waktu untuk beristirahat ada yang digunakan untuk belajar atau pun bekerja. Kamar yang cantik akan membuat kita betah berlama-lama di dalamnya. Ada banyak cara membuat dinding kamar tidak terlihat kosong salah satunya dengan membuat hiasan dinding sendiri dari kertas bekas.

Cara membuatnya:

Bahan yang diperlukan yaitu gunting, lem, kertas bekas lakban dan benang layangan.

Proses membuat: gunting kertas bekas memanjang, satukan ujungnya agar membentuk oval, satukan potongan-potongan tersebut menjadi bunga lalu tempelkan ke dinding se kreatif mungkin.

Cara pembuatan ke dua: kertas bentuk persegi di lipat dengan ujung tiap lipatan digunting berbentuk setengah hati jadi jika di satukan lipatan itu akan membentuk pasangan hati, lem dan tempelkan pada dinding kamar anda. Banyak cara kreatif membuat dinding kamar anda tidak terlihat kosong. Selamat mencoba!

  1. Kerajinan tangan karya orang lain

Contoh kerajinan tangan orang lain jelas sangat banyak misalnya kap lampu saja merupakan kerajinan lokal yang mengandalkan nilai seni budaya yang kental dengan tambahan kreativitas pembuatnya. Kerajinan tangan Indonesia sudah menembus pasar internasional, banyak kerajinan tangan ekspor yang memiliki konsumen tetap di luar negeri, Pulau Jawa dengan kentalnya budaya Jawa, Bali dengan nuansa pantai dan Hindu Budha, dan negara lain yang memiliki kain tenun khas kerajinan tangan. Semua kerajinan tangan tersebut bisa kita nikmati jika tidak ingin membuatnya sendiri, atau jika anda ingin membuat namun dengan kreasi lain dari kerajinan yang sudah ada. Beli, amati, tiru dan modifikasi sesuai dengan selera anda sendiri.

Cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas beserta gambarnya, kerajinan tangan aksesoris dan kerajinan tangan ekspor bisa kita lalukan untuk mengisi waktu luang sembari menata rumah. Kerajinan tangan menjadi nilai jual yang tidak terbantahkan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, barang-barang bekas yang banyak digunakan sebagai bahan kerajinan tangan membuat nilai plus tersendiri bagi para produsen karena mereka bisa menekan angka pengeluaran bahan baku dan menghasilkan produk yang berkualitas. Kerajinan tangan ekspor begitu diminati oleh warga luar negeri jadi kita sebagai pemilik asli tidak boleh hanya terima begitu saja, di tahun 2020 kita akan mengalami s

Sistem masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA, kreativitas menjadi hal yang sangat penting. Industri kreatif yang salah satu bidangnya bergerak di dunia kerajinan tangan telah menyumbangkan pendapatan besar bagi perekonomian Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *