Ciri-ciri dan Jenis Furnitur Kayu Jati Minimalis dan Modern yang Unik

Ciri-ciri dan Jenis Furnitur Kayu Jati Minimalis dan Modern yang Unik

Diposting pada

Kayu jati memang salah satu jenis kayu yang terkenal kuat dan memiliki daya tahan yang tinggi, entah itu daya tahan terhadap perubahan cuaca maupun binatang pemakan kayu. Oleh karena itu kayu jati banyak dijadikan furnitur seperti kayu, meja, lemari, dan lain sebagainya. Model furnitur dari kayu jati pun beragam mulai dari furnitur kayu jati modern yang memiliki gaya masa kini, hingga gaya minimalis yang lebih elegan dan klasik. Meskipun masing-masing dari model furnitur tersebut memiliki ciri khas tersendiri, sebenarnya baik furnitur gaya modern maupun minimalis yang terbuat dari kayu jati tetap sama kualitasnya.

 

Furnitur kayu jati minimalis sendiri sangat cocok diletakan dalam rumah yang memang memiliki desain minimalis. Namun, walaupun desain furnitur ini disesuaikan dengan rumah minimalis, furnitur ini tetap cocok diletakkan di rumah model apa pun karena pada dasarnya hampir semua furnitur kayu model minimalis memiliki warna standar yang akan sesuai ditempatkan di rumah gaya apa pun.

 

Jika furnitur kayu minimalis cocok untuk rumah yang memiliki desain minimalis, furnitur kayu jati modern biasanya banyak digunakan di dalam rumah yang bergaya mewah karena furnitur gaya ini juga memiliki tampilan yang mewah dan terkesan mahal. Selain itu, furnitur kayu yang bergaya modern juga biasanya memiliki fungsi dobel atau tidak hanya satu manfaat. Untuk lebih jelasnya,  berikut akan dijelaskan sedikit mengenai ciri-ciri furnitur kayu minimalis maupun modern.

 

Ciri-ciri Furnitur Bergaya Minimalis dan Modern

Furnitur dari kayu yang bergaya minimalis biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Artistik

Meskipun dinamakan furnitur minimalis, desain furnitur ini memiliki gaya yang justru sangat artistik. Para desainer interior membuat furnitur gaya minimalis sangat unik dan menarik, tak terkecuali dengan furnitur kayu jati minimalis. Hampir sama dengan model furnitur pada umumnya, furnitur bergaya minimalis juga sebagian besar terbuat dari kayu. Bahan kayu lebih mudah dibentuk dan dikreasikan sesuai dengan ide kreatif pembuatnya. Tak ayal jika furnitur ini sangat artistik meski tetap sederhana di waktu bersamaan. Terkadang furnitur gaya minimalis hampir tidak ada yang sama, atau dibuat hanya satu di dunia.

 

  1. Elegan

Selain artistik, furnitur kayu jati minimalis juga terlihat elegan. Selain karena berbahan kayu yang membuat furnitur ini elegan, pilihan warna dan bentuknya yang unik juga ikut memberi andil terhadap kesan mewah furnitur gaya ini. Biasanya warna furnitur kayu minimalis yaitu coklat seperti warna alami kayu, namun belakang ini berkembang juga warna-warna lain seperti hitam, putih, hijau muda, dan warna-warna lembut yang lain.

 

Berbeda dengan furnitur dari kayu jati yang bergaya minimalis, berikut ini ciri-ciri atau yang menjadi khas dari furnitur bergaya modern :

  1. Simpel

Jika furnitur bergaya minimalis memiliki ciri khas berbentuk unik dan artistik, bentuk furnitur kayu jati modern lebih simpel. Seperti masyarakat modern yang juga suka dengan sesuatu yang simpel dan praktis, furnitur gaya modern juga sama. Simpel di sini bukan berarti furnitur gaya modern tidak mengedepankan bentuk sama sekali, tetapi jika dibandingkan dengan gaya minimalis, furnitur modern tidak mengutamakan sisi artistiknya melainkan lebih condong ke fungsinya.

 

  1. Fungsional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, furnitur kayu yang bergaya modern lebih mengutamakan fungsinya. Salah satu contohnya adalah furnitur kursi kayu yang selain berfungsi sebagai tempat duduk juga bisa dipajang menjadi lukisan, tempat tidur yang bisa dijadikan kursi, dan lain-lain. Ciri ini sangat mirip dengan kehidupan manusia di masa modern seperti sekarang yang lebih suka benda-benda yang fungsional atau memiliki banyak fungsi.

 

Itulah beberapa ciri khas yang membedakan antara furnitur dari kayu jati yang bergaya minimalis dengan yang bergaya modern. Selain perbedaan-perbedaan tersebut, furnitur kayu jati dari dua model di atas juga memiliki kesamaan yaitu dalam hal kekuatan, kokoh, dan daya tahannya. Apabila dirawat dengan benar, furnitur yang terbuat dari kayu jati juga bisa awet hingga belasan tahun, tak terkecuali dengan furnitur kursi kayu, meja kayu, dan jenis furnitur yang lain.

 

Setelah dijelaskan ciri-ciri dari masing-masing gaya furnitur baik yang minimalis maupun modern, setiap gaya furnitur sendiri juga memiliki berbagai jenis. Di bawah ini juga akan dibahas mengenai macam-macam jenis furnitur yang bergaya modern atau minimalis.

  1. Furnitur Knockdown

Jenis furnitur yang pertama adalah furnitur knockdown. Furnitur jenis ini memiliki ciri khas bisa dibongkar pasang. Jadi susunannya tidak dipasang secara permanen melainkan bisa dilepas sesuai kebutuhan. Furnitur jenis ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang sering pindah-pindah rumah.

  1. Furnitur Built In

Berbeda dengan furnitur jenis knockdown, furnitur built in justru jenis furnitur yang permanen. Furnitur built in dipasang menyesuaikan bentuk suatu ruangan, jadi tidak bisa digeser maupun diubah bentuknya.

  1. Furnitur Mobile

Seperti namanya, furnitur ini mudah digerakan. Jika furnitur knockdown maupun built in tidak mudah digeser, maka furnitur jenis mobile justru memiliki keunggulan dalam hal tersebut. Biasanya furnitur mobil ditandai dengan adanya roda di bagian bawahnya, itu kenapa furnitur jenis ini lebih banyak digunakan pada kursi.

 

Itulah ciri-ciri dari furnitur kayu yang bergaya modern atau minimalis beserta jenis-jenis dari masing-masing furnitur tersebut. Contoh barang-barang furnitur dari kayu sendiri bermacam-macam mulai dari furnitur kursi kayu, meja kayu, almari, hingga tempat tidur dari kayu. Setiap furnitur tersebut juga memiliki bentuk berbeda sesuai dengan kegunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *