Ciri-ciri Kualitas Kayu Jati Terbaik Dan Tips Dalam Memilihnya Dengan Tepat

Ciri-ciri Kualitas Kayu Jati Terbaik Dan Tips Dalam Memilihnya Dengan Tepat

Diposting pada

Berapa sih Harga Kayu Jati Per M3 saat ini? Sebelum menjelaskan mengenai harga yang dimilikinya, sebaiknya anda perhatikan dulu beberapa penjelasan penting di bagian bawah ini. Karena beberapa hal ini dikenal sebagai faktor utama yang mempengaruhi harga dari kayu jati tersebut. Apa saja yang dimaksud dengan faktor utama tersebut? Faktor itu dikaitkan dengan ciri-ciri dari kualitas yang dimiliki oleh kayu jati. Dengan kata lain setiap kayu jati dengan kualitas terbaik akan memiliki beberapa bagian dari ciri di bawah ini, dan dapat dipastikan ia memiliki harga yang jauh lebih terjamin. Begitu pun dengan ketidak hadiran dari ciri-ciri kayu berkualitas tersebut, maka dapat dipastikan pula kayu itu pun akan memiliki penawaran harga yang lebih murah. Karena itulah sebelum mengetahui besar nominal harga yang dimiliki oleh kayu jati tersebut, sebaiknya anda simak beberapa ciri yang menjadi penyebab tinggi rendahnya harga yang dimiliki oleh kayu tersebut, diantaranya :

Umur kayu jati

Semakin lama usia yang dimiliki oleh kayu jati tersebut, maka dapat dipastikan semakin berkualitas pula kayu yang dimilikinya, karena itulah umur atau usia pohon jati menjadi hal penting yang menentukan besaran harga dari jenis kayu tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat keawetan yang dimilikinya, Semakin lama usia yang dimiliki kayu jati, maka dapat dipastikan tingkat ketahanan yang dimilikinya pun jauh lebih kuat dibandingkan dengan tingkat ketahanan dari jenis kayu lainnya.

Pori-pori dari kayu jati

Masih berkaitan dengan usia dari pohon kayu jati, setiap kayu jati yang memiliki usia lebih lama, maka pori-pori yang dimilikinya pun akan tampil dengan lebih kecil. Berbeda halnya dengan jenis kayu jati yang masih berusia muda dan tentunya memiliki ukuran pori-pori yang jauh lebih besar. Keberadaan pori-pori tersebutlah yang kemudian menjadikannya tidak tahan lama dan mudah diserang oleh rayap.

Warna kayu jati

Hal selanjutnya yang juga mempengaruhi harga dari kayu jati itu nampak melalui kualitas warna yang dihasilkan olehnya. Kayu jati dengan tampilan warna yang lebih hidup, seperti halnya pada kayu jati yang berumur tua akan dihargai dengan nominal yang lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan jumlah pigmen kayu yang mudah terbentuk saat usianya semakin bertambah tua.

Tidak memiliki bagian mata mati

Jika kayu jati yang anda temukan memiliki bagian mata mati, maka sebaiknya anda hindari pemilihan dari jenis kayu tersebut. Karena keberadaan dari mata mati ini menunjukkan bahwa kayu tersebut memiliki kemungkinan untuk tingkat patah yang jauh lebih tinggi.

Tidak memiliki hati kayu

Hayi kayu dikenal sebagai bagian pusat utama yang dimiliki oleh kayu. Bagian yang satu ini umumnya berisi gabus. Hati kayu juga tampil dengan bentuk garis panjang seperti jleret. Jika hati kayu tersebut terlepas, maka ia pun akan meninggalkan bekas dan tentunya merusak tingkat keindahan yang dimiliki oleh kayu jati itu sendiri.

Kayu yang tidak berlubang

Ciri kayu jati berkualitas selanjutnya adalah kondisi dari kayu tersebut yang tidak memiliki lubang. Karena jika kayu jati memiliki lubang, maka tampilan yang dihasilkannya pun tidak akan maksimal, dan tentunya tidak bagus untuk dipandang. Tidak hanya itu saja, jenis kayu yang memiliki banyak lubang umumnya akan didempul sebagai solusi tepat untuk menutupinya, namun hal ini jelas mengganggu keindahan yang ditimbulkannya secara alami.

Tidak memiliki bagian gubal

Gubal adalah bagian lainnya yang juga mempengaruhi kualitas dari kayu jati, utamanya jika gubal tersebut hadir dengan jumlah yang cukup banyak. Namun untuk gubal yang hanya hadir dalam hitungan kurang lebih sekitar 3% saja, tentunya tidak akan mengganggu kualitas yang dimiliki oleh kayu jati itu sendiri dan bahkan jenis kayu tersebut pun masih dinyatakan memiliki kualitas yang cukup bagus.

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri yang menunjukkan kualitas kayu jati dan mempengaruhi Harga Kayu Jati Balok, maka pemilihan pun dapat anda lakukan dengan lebih tepat melalui beberapa tips di bagian bawah ini :

  • Pilihlah jenis kayu jati yang bulat, karena kayu yang bulat itu dikenal dengan tingkat kesatuannya yang baik.
  • Pilihlah jenis kayu jati yang memiliki sedikit bagian gubal. Kayu jati dengan gubal yang baik adalah jenis kayu yang memiliki ketebalan kurang dari 3 cm untuk bagian gubal yang dimilikinya. Sementara itu jika anda memilih kayu gelondong, maka perhatikan pula tingkat ketebalan gubal yang dimilikinya, karena jenis kayu yang satu ini umumnya memiliki gubal yang jauh lebih tebal dari kayu lainnya.
  • Tips selanjutnya adalah memilih kayu dengan sedikit bagian benjolan pada batangnya. karena benjolan tersebut juga sering diartikan sebagai bagian mata yang tentunya dapat membuat kayu menjadi lebih mudah patah saat sedang mengalami proses pembuatan bahan furniture dan lainnya.
  • Hindari pula pemilihan jenis kayu jati berongga, atau berlubang, Karena jika anda memilih kayu yang satu ini, maka jelas kayu itu pun tidak akan terpakai dengan efektif dan bahkan lebih banyak terbuang dengan percuma.
  • Tips selanjutnya adalah memilih jenis kayu yang kering. Pada dasarnya kayu jati yang masih berada dalam kondisi gelondongan itu sama artinya dengan jenis kayu basah. Namun untuk proses pengolahan kayu dengan lebih baik, maka kayu itu pun akan diproses terlebih dahulu, baik itu dengan cara dioven atau bahkan digergaji sehingga berubah menjadi lembaran kayu papan.
  • Menyesuaikan tingkat kelurusan yang dimiliki oleh kayu adalah tips terakhir yang patut untuk anda perhatikan. Karena pada dasarnya pembuatan furniture itu sendiri berkaitan dengan jenis kayu yang satu ini. Karena itulah tingkat kelurusan pun menjadi bagian penting yang wajib untuk anda perhatikan sebelum memilihnya.

Demikianlah beberapa tips dan faktor dari ciri-ciri kayu jati berkualitas yang mempengaruhi Harga Kayu Jati Per Kubik 2015 lalu hingga saat ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *