Contoh Furnitur Kayu Minimalis Modern yang Unik dan Menarik

Contoh Furnitur Kayu Minimalis Modern yang Unik dan Menarik

Diposting pada

Di zaman yang segalanya serba modern seperti sekarang, kayu tidak hanya digunakan untuk bahan bangunan atau furnitur standar seperti kursi dan meja saja, tetapi juga dijadikan barang-barang yang dulu seolah tidak mungkin dibuat dari kayu. Furnitur dari kayu sendiri juga memiliki gaya yang menjadi ciri khas bentuknya, salah satunya yaitu furnitur kayu minimalis modern. Furnitur kayu, baik yang bergaya minimalis maupun modern, memiliki jenis yang berbeda-beda juga berdasarkan posisi, bentuk, dan fungsinya. Jenis furnitur berdasarkan letaknya dibagi menjadi 6 yaitu furnitur ruang tamu, furnitur ruang keluarga, furnitur kamar mandi, furnitur kamar tidur, furnitur dapur dan ruang makan, hingga furnitur teras, furnitur kantor. Sedangkan berdasarkan bentuk dan permanen atau tidaknya, akan dijelaskan lebih mendetail di bawah ini.

 

Jenis Furnitur Kayu Bergaya Minimalis Maupun Modern

  1. Furnitur mobile

Jenis furnitur kayu minimalis modern yang pertama adalah furnitur mobile. Furnitur jenis ini memiliki roda di bagian bawahnya sehingga bisa digerakkan atau dipindahkan dengan mudah. Meskipun identik dengan kursi, sebenarnya banyak furnitur jenis lain yang juga memiliki roda di bagian bawahnya, seperti tempat tidur, meja makan, lemari, hingga coffe table. Karena mudah untuk dipindah-pindahkan, furnitur jenis ini sangat memudahkan pemakainya dalam melakukan aktivitas. Salah satu contoh furnitur mobile yang banyak digunakan yaitu kursi beroda dan computer station.

 

  1. Furnitur free standing

Hampir sama dengan furnitur jenis mobile, furnitur jenis free standing juga bisa diubah posisinya. Akan tetapi, furnitur free standing tidak bisa diubah posisinya secepat furnitur mobile karena untuk memindahkan tetap butuh tenaga. Contoh dari furnitur jenis free standing adalah sofa, meja, tempat tidur, lemari, dan lain-lain. Perbedaan paling mencolok lainnya dari furnitur free standing dan furnitur mobile yaitu ada tidaknya roda. Jika furnitur jenis ini tidak memiliki roda di bagian bawahnya. Furnitur free standing sendiri merupakan jenis furnitur yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

 

  1. Furnitur knockdown

Jika furnitur sebelumnya memiliki keunggulan bisa dipindah-pindahkan dengan mudah, furnitur knockdown memiliki ciri khas bisa dibongkar pasang. Furnitur yang satu ini memang memiliki susunan yang dipasang tidak permanen jadi bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Biasanya, furnitur jenis knockdown dapat diterapkan untuk furnitur tempat tidur kayu maupun lemari plastik. Sedangkan untuk furnitur lemari kayu jati biasanya tidak bisa menggunakan jenis knockdown karena susunannya yang berat dan akan sulit jika dibongkar pasang.

 

  1. Furnitur built in

Jenis furnitur yang terakhir adalah furnitur built in. Furnitur ini tidak seperti furnitur jenis sebelumnya yang bisa dipindah-pindahkan, furnitur built in bersifat permanen. Biasanya furnitur ini banyak digunakan pada furnitur yang terletak di dapur karena sudah disesuaikan dengan lokasi tempat pemasangannya.

 

Itulah jenis-jenis dari furnitur, baik yang kayu maupun yang dibuat dari bahan lainnya. Untuk contoh dari furnitur kayu sendiri mulai berkembang mulai dari bentuk dan hiasannya. Bentuknya pun sudah menyesuaikan dengan perkembangan zaman, yaitu lebih unik dan menarik. Warna-warna dari furnitur kayu pun sudah beragam, tak hanya warna standar seperti cokelat, hitam, dan putih saja tetapi juga warna yang cerah. Berikut beberapa contoh dari furnitur kayu.

 

Contoh Furnitur Kayu yang Unik

  1. Lantai Kayu

Furnitur kayu yang unik pertama adalah furnitur lantai kayu. Furnitur ini sangat populer di era modern seperti sekarang. Jika biasanya rumah memiliki lantai dari keramik atau ubin tanah liat, maka rumah zaman sekarang khususnya rumah yang bergaya modern minimalis menggunakan kayu sebagai bahan lantainya.

Kayu yang digunakan untuk membuat furnitur lantai kayu juga beragam, antara lain lantai kayu yang terbuat dari kayu jati, merbau, dan lain-lain. Kayu yang digunakan untuk lantai harus dipotong menjadi tipis-tipis terlebih dahulu sesuai dengan ketebalan yang dibutuhkan. Harga dari lantai kayu juga berbeda-beda berdasarkan jenis kayunya, akan tetapi lantai kayu yang terbuat dari kayu jati tentu memiliki harga yang paling mahal di antara jenis kayu yang lain.

  1. Lemari

Lemari memang bukan furnitur gaya baru dan sudah tenar sejak lama. Akan tetapi, dewasa ini model dan bentuk lemari yang beredar di pasaran banyak yang unik dan jauh lebih menarik dari lemari biasanya, tak terkecuali dengan furnitur lemari kayu jati. Selain dari bentuknya, keunikan lemari, khususnya lemari dari kayu jati, juga dilihat dari ukirannya.

 

Meskipun sempat populer, furnitur lemari kayu jati yang memiliki ukiran mulai berkurang peminatnya. Model furnitur yang laku di pasaran saat ini justru jenis furnitur yang sederhana tetapi terlihat elegan, seperti furnitur bergaya minimalis dan modern.

 

  1. Rak buku

Rak buku masuk ke dalam salah satu furnitur yang unik karena sekarang ini bentuk dari rak buku sangat unik dan menarik. Ada rak buku yang menerapkan jenis furnitur built in yang disusun secara permanen di dinding, ada pula yang dibuat menjadi bentuk-bentuk unik seperti bunga matahari, segitiga, pentagon, hingga sofa yang langsung merangkap dengan rak buku.

 

Itulah beberapa contoh dari furnitur kayu minimalis modern yang unik dan menarik yang sekarang ini banyak beredar di pasaran Indonesia. Tak hanya mengutamakan bentuk dan keunikannya, furnitur gaya minimalis maupun modern juga tetap mengutamakan fungsinya.

 

Selain furnitur lantai kayu yang dulu tidak umum digunakan, banyak juga furnitur atau barang-barang lain yang dulu hampir tidak pernah terpikirkan untuk dibuat dari kayu justru sekarang banyak menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Namun yang pasti, furnitur akan selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *