Desain Ukiran Kayu Kusen Pintu  Kayu Meranti

Desain Ukiran Kayu Kusen Pintu  Kayu Meranti

Diposting pada

Desain Ukiran Kayu Kusen Pintu  Kayu Meranti

Seperti yang bisa kita lihat, sekarang ini banyak sekali beredar berbagai macam desain atau model furnitur yang terbuat dari bahan kayu. Selain menggunakan jenis kayu jati yang sudah sangat terkenal di dalam pembuatan produk mebel, bahan jenis kayu Meranti juga menjadi salah satu jenis bahan yang menjadi favorit di dalam pembuatan sebuah produk furnitur. Selain digunakan untuk membuat jenis produk mebel lemari, meja dan kursi, jenis kayu ini juga di kenal sebagai salah satu jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan pintu.

Pada kesempatan kali, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai berbagai macam desain ukiran kayu kusen pintu yang terbuat dari bahan kayu Meranti,

Penjelasan mengenai kusen pintu berbahan kayu meranti

Mungkin bagi para pencinta arsitektur sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kusen pintu, bukan ? Kusen pintu adalah sebutan untuk bingkai yang dipakai untuk pemasangan pintu pada sebuah bangunan rumah.  Biasanya, kusen ini biasanya dibuat dari dua komponen kayu yang sama.

Di negara Indonesia sendiri ada beberapa jenis kayu yang sangat cocok untuk digunakan pada pembuatan produk kusen pintu ini yaitu jenis kayu jati. Jenis kayu ini banyak di pilih karena mempunyai texure yang sangat halus dan selain itu jenis kayu jati ini dikenal sebagai salah satu jenis kayu yang sangat kuat dan tahan lama.

Selain menggunakan jenis kayu jati, kusen para pintu juga bisa dibuat dengan menggunakan jenis kayu Meranti. Kayu ini mempunyai kualitas yang hampir mirip dengan jenis kayu jati. Jenis kayu ini mempunyai texture yang sangat halus, kuat, bahkan banyak orang yang menyebut bahwa jenis kayu Meranti ini juga disebut sebagai jenis kayu yang indah. Selain itu, jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang sangat tahan jamur dan tahan terhadap berbagai macam serangan serangga sehingga tidak mudah lapuk.

Kayu meranti ini merupakan sebuah kayu dari sebuah tumbuhan merantu yang banyak tumbuh di daerah pulau Sulawesi. Jenis kayu ini mempunyai warna coklat dan terkadang berubah warna menjadi coklat kemerahan. Selain itu kayu mempunyai sebuah pigmen yang sangat mudah menyerap air. Selain digunakan untuk bahan dalam pembuatan furnitur, jenis kayu meranti ini juga digunakan dalam pembuatan berbagai macam benda, yaitu ;

  1. Pembuatan kertas
  2. Pembuatan berbagai macam jenis furnitur indoor maupun oudoor
  3. Digunakan sebagai penguatan pondasi kontruksi sebuah bangunan
  4. Pembuatan bahan kosmestik dan obat – obatan]
  5. Penjaga ekosistem alam
  6. Membantu menyuburkan tanah
  7. Menjaga sumber air

Jenis – jenis kayu meranti

Pada dasar kayu meranti yang digunakan dalam pembuatan kusen pintu di bagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut ini :

  1. Kayu meranti merah

Jenis kayi meranti ini mempunai texture yang kasar dan grain ang lurus. Jenis kayu ini mempunyai resisensi ang sangat tinggi sehingga sangat tidak disukai oleh serangga atau rayap.

  1. Kayu meranti kuning

Jenis kayu ini mempunyai texture yang licin dan sedikit kasar jika dibandingkan dengan jenis kayu meranti merah. Jenis kayu  ini biadanya dikenal sebagai salah satu jenis kayu ang sangat sulit di proses dalam pembuatan kusen pintu

  1. Kayu meranti putih

Jenis katu ini mempunyai warna coklat kekuningan namun jika sudah berusia tua, kayu ini akan berubah warna menjadi coklat. Jenis kayu ini mempunyai texture yang kasar dan berpori – pori besar. Kayu ini juga di kenal sebagai salah satu jenis kayu Meranti yang mempunyai kualitas paling rendah karena tidak ahan lama dan mudah membusuk

Berbagai desain ukiran kayu meranti untuk kusen pintu

Jika anda berminat untuk memesan dan memiliki sebuah kusen pintu berbahan kau meranti, anda bisa menerapkan berbagai macam teknik ukir. Dengan penambahan ukiran pada kusen pinu akan menambah kesan yang sangat menarik dan artistik tentunya. Berikut ini adalah beberapa desain ukiran kusen pintu, yaitu :

  1. Ukiran ulir
  2. Ukiran bunga
  3. Ukiran binatang

Harga kusen pintu kayu meranti yang bervariasi   

Seperti yang kita semua ketahui bahwa berbagai macam produk furnitur yang terbuat dari bahan kayu memang mempunyai harga yang sedikit mahal jika dibandingkan dengan berbagai macam produk furnitur yang terbuat dari bahan besi, stainless stell, plastik dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena sekarang ini produk bahan bakar kayu yang mulai susah di dapatkan serta jika produk furnitur yang berbahan dasar dari kayu akan lebih terlihat mewah dan elegan. Ketika membuat sebuah furnitur dengan bahan baku kayu dibutuhkan ketelitian dan detail di dalam pembuatanya.

Sama hal dengan bahan dasar kayu lainya, produk furnitur yang terbuat dari bahan kayu meranti ini mempunyai harga yang bervariasi. Harga pintu kayu meranti ini berbeda – beda bergantung dari beberapa hal berikut ini , yaitu :

  1. Kualitas dan jenis kayu meranti yang digunakan dalam pembuatan kusen pintu
  2. Model yang anda pilih dalam pembuatan pintu kayu Meranti
  3. Penambahan motif dan ornamen yang ingin anda tambahkan dalam pembuatan pintu kayu
  4. Ukuran dari kusen pintu kayu meranti yang anda pilih.

Sebagai perkiraan saja, harga kusen pintu kayu meranti ini dibandrol dari harga sekitar Rp. 800.000 – Rp. 3.000.000 tergantung jenis produk kusen pintu yang anda pilih. Nah, oleh karena itu anda bisa menjadikan produk kusen pintu kayu meranti ini sebagai pengganti dari kusen pintu yang terbuat dari kayu jati karena keduanya sama – sama mempunyai kualitas yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *