Hal-hal yang Penggemar Kerajinan Kayu Modern Harus Tahu

Diposting pada

Di era modern seperti saat ini, bukan hanya teknologi dan informasi yang mengalami perkembangan. Kerajinan pun semakin berkembang menjadi lebih unik dan menarik, tak terkecuali dengan kerajinan yang terbuat dari kayu. Jika Anda berpikir kayu hanya bisa dibentuk menjadi furnitur seperti meja, kursi dan lemari, sudah pasti hal itu sangat tidak benar. Banyak pengrajin yang merealisasikan idenya lebih gila sehingga barang-barang yang dihasilkan pun berbeda dari biasanya, salah satunya adalah kerajinan miniatur kendaraan seperti kerajinan kayu mobil dalam ukuran kecil. Kerajinan miniatur mobil dari kayu juga memiliki banyak jenis, mulai dari kerajinan kayu yang tradisional maupun modern. Jika Anda salah satu penggemar barang-barang yang termasuk kerajinan kayu, bukan sesuatu yang sulit untuk mencari barang yang Anda mau karena selain dibuat toko, kerajinan kayu juga sudah banyak yang dijual secara online atau yang biasa disebut juga dengan kerajinan kayu online.

 

Jenis Kerajinan Kayu Modern dan Fungsinya

Kerajinan kayu modern memang hampir tidak ada bedanya dengan kerajinan kayu tradisional. Namun kerajinan kayu tradisional biasanya hanya berupa kursi, meja, lemari, atau yang biasa dikenal dengan jenis-jenis furnitur sedangkan kerajinan kayu tradisional lebih kreatif dan fungsinya lebih untuk estetika atau pajangan. Salah satu jenis kerajinan kayu modern adalah miniatur kendaraan seperti kerajinan kayu mobil, kerajinan kayu motor, kerajinan kayu kapal, hingga diorama kereta api.

 

Masing-masing jenis kerajinan kayu miniatur tersebut memiliki bentuk dan keunikan masing-masing. Bentuk yang dihasilkan juga sangat mirip dengan aslinya. Tampilan miniatur kendaraan yang klasik dan elegan menjadi daya tarik utamanya yang membuat jenis kerajinan kayu ini sangat cocok dijadikan hiasan di sudut ruangan dalam rumah Anda.

 

Tak hanya bisa dijadikan hiasan, untuk kerajinan kayu miniatur juga biasanya dibuat oleh pengrajin dengan tujuan untuk mainan anak-anak karena bentuknya yang memang lebih gampang membuat anak kecil tertarik. Biasanya, harga kerajinan miniatur kayu yang difungsikan untuk mainan jauh lebih murah daripada yang dijadikan hiasan. Dari semua miniatur kendaraan yang terbuat dari kayu, kerajinan kayu mobil adalah yang paling sering difungsikan sebagai mainan anak-anak. Selain karena bentuknya yang lebih dikenali, kerajinan mobil juga memiliki roda yang jauh lebih mudah digunakan sebagai mainan.

 

Cara Memilih Kerajinan Dari Kayu dan Perawatannya

Bagi Anda yang ingin membeli kerajinan dari kayu, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Sebelum membeli cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai reputasi toko atau pengrajin yang akan Anda beli. Terlebih jika toko yang akan Anda beli adalah toko online. Untuk tampilan dari kerajinan kayu modern sendiri cukup sesuaikan dengan selera Anda, hanya saja jangan buru-buru membeli dan coba mencari pilihan yang lebih banyak agar Anda tidak menyesal setelah memberi.

 

Jika Anda membeli kerajinan kayu bukan di toko online, Anda bisa mengecek lebih dahulu kualitas kerajinan kayu tersebut dengan lebih teliti. Perhatikan setiap detail bagian kerajinan kayu yang akan Anda beli dan jika terdapat lubang, Anda perlu waspada karena bisa jadi lubang tersebut adalah lubang kayu yang telah digerogoti rayap atau binatang-binatang pemakan kayu yang lain. Hal ini sangat penting untuk dihindari karena kualitas kerajinan yang terbuat dari kayu yang sudah dimakan binatang tidak bagus. Selain mengurangi keindahan, kerajinan kayu yang sudah dimakan rayap juga di dalamnya berongga sehingga biasanya tidak tahan lama atau cepat rusak.

 

Meskipun untuk membeli barang-barang yang termasuk ke dalam jenis kerajinan kayu lebih baik pergi ke toko secara langsung, hal ini bukan berarti kualitas kerajinan kayu online itu tidak bagus. Kerajinan kayu yang dijual secara online justru biasanya berasal dari brand-brand yang sudah tepercaya dan memiliki banyak pelanggan. Anda hanya perlu memilih toko online yang memang sudah terbukti kualitasnya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Meskipun tidak begitu mahal, kerajinan yang dibuat dari kayu memang memiliki harga yang tidak terjangkau karena selain bahan yang digunakan yang tidak murah, cara pembuatan kerajinan kayu juga tidak mudah dan butuh kreativitas tinggi.

 

Untuk Anda yang sudah membeli kerajinan kayu online maupun secara langsung, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah merawat dan menjaga kerajinan kayu tersebut tetap dalam kondisi yang baik. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kerajinan kayu milik Anda bisa tahan lama. Meskipun kuat, kerajinan kayu tetap harus dijaga agar tidak terjatuh karena bisa menghancurkan susunannya, terlebih jika kerajinan kayu yang Anda beli memiliki bentuk rumit, contohnya kerajinan kapal layar atau diorama kereta api. Kerajinan berbentuk miniatur kendaraan akan lebih gampang menarik perhatian anak-anak, oleh sebab itu Anda perlu menempatkan kerajinan miniatur kendaraan tersebut dari jangkauan anak-anak.

 

Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan kerajinan kayu yang Anda beli. Tak perlu harus dibersihkan dengan cara direndam dalam air atau diberi sabun, Anda hanya perlu membersihkan kerajinan tersebut dengan tisu paling tidak seminggu sekali atau sesuaikan dengan kebersihan kerajinan kayu tersebut untuk menjaga tampilannya tetap menarik.

 

Itulah beberapa informasi mengenai kerajinan kayu modern, mulai dari jenis, fungsinya yang beragam, tips dalam membeli, hingga cara perawatannya. Jika Anda baru pertama kali membeli kerajinan kayu, banyak-banyaklah bertanya ke orang yang sudah banyak mengerti dalam hal itu dan jangan sampai tertipu karena banyak sekali kerajinan kayu yang kualitasnya tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *