Inilah Kerajinan Kayu Sederhana Blora yang Banyak Dicari Orang

Diposting pada

Tahukah Anda bahwa Blora merupakan pusat produksi kayu jati? Ya, tempat ini memang memiliki daerah hutan jati yang cukup luas, bahkan luasnya bisa mencapai setengah dari kabupatennya. Tak heran bila kabupaten ini sangat berpotensi sebagai salah satu produksi kayu jati yang ada di Indonesia dan cukup besar. Sebagian besar penduduk disini juga mendapatkan nafkah dengan membuat kerajinan kayu sederhana yang sangat bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga. Kualitas pada berbagai kerajinan kayu yang ada pun sudah tidak diragukan lagi.

 

Contoh dari Kerajinan Kayu Sederhana dan Fungsinya

Kayu jati merupakan jenis kayu yang tidak mudah lapuk sehingga banyak pengrajin mengolahnya menjadi beberapa kerajinan kayu sederhana. Gelondongan-gelondongan kayu ini disulap dengan tangan ajaib si pengrajin ini dengan menarik agar memiliki harga jual yang tinggi. Untuk membuat kerajinan kayu memang dibutuhkan kesabaran, ketelatenan dan keterampilan yang baik supaya hasilnya dapat memuaskan pelanggan. Adapun contoh dari kerajinan kayu dan fungsinya adalah sebagai berikut.

 

  1. Perkakas Dapur

Beberapa perkakas dapur ternyata ada yang terbuat dari kayu jati. Hal ini dikarenakan kualitas yang dimiliki kayu ini sangat awet jadi akan nyaman untuk digunakan oleh para ibu rumah tangga. Dengan demikian, pengeluaran juga menjadi lebih hemat karena peralatan dapur yang ada tidak mudah rusak. Perkakas dapur yang terbuat dari kayu jati misalnya adalah talenan, pegangan pisau dan spatula. Fungsi dari setiap peralatan ini tentunya sebagai alat untuk membantu ibu rumah tangga dalam memasak.

 

  1. Souvenir

Kerajinan kayu sederhana yang dibuat pengrajin juga ada yang dalam bentuk souvenir. Ukiran-ukiran yang khas dan cantik menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli yang akan menjadi oleh-oleh yang menarik. Beberapa souvenir yang terbuat dari kayu jati ini adalah gantungan kunci, gelas, asbak, patung, miniatur kendaraan mobil atau motor dan masih banyak lagi. Adapun fungsi dari souvenir tergantung pada jenisnya masing-masing misalnya gantungan kunci sebagai gantungan untuk hiasan tas dan patung atau miniature sebagai hiasan untuk meja ruang tamu.

 

  1. Furnitur Rumah Tangga

Pernak-pernik furnitur rumah tangga yang unik dan menarik selalu menjadi pilihan favorit seseorang untuk dibeli karena akan mempercantik suasana rumah. Untuk itu, kerajinan kayu alat rumah tangga yang ada di kabupaten ini sangat cocok untuk Anda karena memiliki berbagai bentuk yang menarik dan dapat dipilih sesuai selera Anda. Variasi bentuk yang ada dibandrol dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Namun, untuk kualitas Anda tidak perlu khawatir karena setiap kerajinan memiliki kualitas yang tinggi. Berbagai furnitur yang dibuat kerajinan kayu alat rumah tangga adalah meja, kursi, lampu hias, lemari dan lain-lain yang memiliki fungsi berbeda sesuai jenis alatnya.

 

Tips dalam Membeli Kerajinan Kayu Sederhana yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai kerajinan kayu yang dijual disini dapat Anda temui pada Kelurahan Jepon. Disana banyak deretan toko yang menjajakan kerajinan kayu alat rumah tangga ataupun jenis kerajinan lainnya dengan harga yang variatif dan model yang berbeda-beda. Dalam membeli kerajinan tersebut juga ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui dalam mendapatkan harga murah, memilih kerajinan yang sesuai dari segi bentuk dan ukurannya seperti dibawah ini.

 

  1. Tips Mendapatkan Harga Murah

Tips yang selalu ingin diketahui para pembeli adalah bagaimana cara untuk membeli suatu barang tertentu dengan harga yang murah namun tetap memiliki kualitas bagus, termasuk dalam memilih kerajinan kayu cepu ini. Membeli kerajinan kayu di tempat ini memang sudah lebih murah dibandingkan membelinya di daerah lain yang juga mengambil barang disini. Akan tetapi, masih ada cara lain agar Anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi yaitu dengan membeli kerajinan kayu dalam jumlah banyak. Biasanya penjual akan memberi diskon untuk pelanggan yang membeli barang lebih banyak. Jenis-jenis barang yang Anda pilih juga bisa bervariasi.

 

  1. Tips Memilih Bentuk yang Sesuai

Tips yang kedua adalah pilihlah bentuk kerajinan yang sesuai dengan selera Anda. Apabila Anda membeli beberapa furnitur, pastikan bahwa bentuknya sesuai dengan tipe rumah yang Anda tinggali ataupun dengan karakteristik pemilik rumahnya. Hal ini akan membuat rasa nyaman tersendiri saat digunakan dan indah dipandang oleh tuan rumah sehingga tidak akan merasa menyesal setelah membelinya. Bentuk yang tersedia di beberapa toko kerajinan kayu ini sangat beragam seperti bentuk yang sederhana, elegan dan mempunyai nilai seni yang tinggi.

 

  1. Tips Memilih Ukuran yang Sesuai

Selain memilih bentuk yang sesuai, tips lain yang perlu Anda ketahui adalah pilihlah ukuran kerajinan kayu cepu yang sesuai dengan tipe rumah Anda. Masing-masing jenis kerajinan yang dijual memiliki ukuran yang berbeda-beda karena pengrajin kayu ini membuatnya dengan menyesuaikan ukuran rumah yang ada pula contohnya furnitur rumah tangga. Bila rumah Anda besar dan mewah, ada berbagai ukuran perabot rumah tangga yang sesuai dan bisa dipilih untuk menghiasi rumah agar lebih berisi dan terlihat cantik. Sebaliknya, apabila rumah Anda tidak terlalu besar, Anda bisa memilih ukuran yang sesuai agar rumah tidak sempit karena adanya perabotan.

 

Mungkin Anda akan melihat berbagai kerajinan kayu cepu dengan tekstur yang halus dan bentuk yang membulat pada beberapa toko yang Anda temukan, hal ini ternyata merupakan suatu ciri khas dari kerajinan ini. Beberapa tahap dalam pembuatan kerajinan kayu ini seperti tahap pemotongan, pembubutan, pewarnaan serta pengukiran dilakukan dengan hati-hati supaya menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *