Inspirasi Kerajinan Kayu Bekas yang Cocok untuk Menghias Rumah

Diposting pada

Kerajinan kayu menjadi salah satu dari sekian banyak kerajinan seni di Indonesia. Kerajinan ini sudah ditekuni sejak lama oleh sebagian besar masyarakat kita. Hasil dari karya seni berbahan dasar kayu ini juga sudah dipasarkan ke luar negeri. Daerah-daerah yang dikenal dengan karya seni berbahan kayu adalah Kalimantan, Sulawesi, Bali, Jawa Tengah, dan Papua. Pada setiap daerah memiliki kerajinan yang berbeda-beda meskipun sama-sama berbahan dasar kayu. Hasil kerajinan yang berbeda menjadi ciri khas dari setiap daerah. Hal ini tentu bisa menambah keragaman budaya di nusantara.

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Indonesia sudah lama mengenal kerajinan kayu. Hal ini bisa terlihat dari berbagai macam peninggalan masa purba yang terbuat dari bahan kayu. Pada perkembangannya, kerajinan berbahan dasar kayu ini juga terus berkembang sesuai dengan jamannya. Hal yang mendasari mengapa kerajinan berbahan kayu di Indonesia sangat maju adalah karena bahan baku kayu di Indonesia cukup melimpah. Bahan kayu yang bisa dijadikan kerajinan di antaranya adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus, dan berbagai jenis kayu lainnya. Beberapa pengrajin juga memanfaatkan kayu bekas untuk diolah menjadi berbagai kerajinan unik berharga mahal. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

 

Kerajinan Kayu Jati Ukir khas Jepara untuk Berbagai Furnitur

Indonesia punya sentra kerajinan kayu jati ukir yang sudah mendunia. Kerajinan tersebut berasal dari dari kota yang terletak di pesisir utara pulau Jawa, yaitu Jepara. Kota ini bahkan telah dijuluki sebagai kota ukir. Ada yang menarik dari kerajinan berbahan dasar kayu jati yang diproduksi di Jepara, yaitu motif ukirnya yang khas. Kerajinan berbahan dasar kayu dari Jepara ini biasanya berbentuk furnitur. Furnitur untuk rumah tangga didesain sesuai dengan permintaan pembeli. Kemudian, pada sentuhan akhirnya, tetap diberi ukiran-ukiran yang khas dan sangat menarik.

 

Furnitur dari kayu memang mempunyai kelebihannya sendiri. Bahan kayu mempunyai tekstur yang kuat dan kokoh. Selain itu, bahan ini juga lebih mudah dibentuk menjadi berbagai macam furnitur yang unik dan klasik. Tak hanya cocok untuk rumah-rumah bergaya retro saja, furnitur kayu juga cocok untuk rumah-rumah minimalis. Desain furnitur dari kayu jati bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Inilah mengapa kerajinan kayu jati yang dibentuk sebagai furnitur selalu laris manis di pasaran.

 

Khusus untuk kerajinan kayu ukir jepara, berbagai furnitur yang dibuat lebih cocok untuk rumah-rumah bergaya klasik. Ukiran-ukiran tradisional khas Jepara akan membuat interior rumah menjadi lebih klasik. Untuk Anda yang sedang merencanakan konsep rumah dengan tema klasik, furnitur ukir asal Jepara adalah pilihan terbaiknya.

 

Ide Kreatif Kerajinan Kayu Bekas yang Unik dan Menarik

Uraian di atas adalah sekilas mengenai kerajinan kayu jati asal Jepara yang sudah cukup populer baik di nusantara maupun di luar negeri. Selain furnitur, kerajinan berbahan dasar kayu juga bisa dibuat menjadi berbagai karya seni lainnya. Bahkan, untuk mereka yang kreatif, kayu bekas pun bisa dijadikan karya seni yang berharga mahal. Berikut ini adalah beberapa ide kreatif kerajinan dari bahan kayu bekas.

 

  1. Miniatur Kayu

Kayu bekas juga bisa dimanfaatkan ulang menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual. Kayu bekas masih bisa dibuat menjadi beraneka bentuk miniatur unik. Karya seni ini cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Permintaan miniatur kayu ini selalu tinggi. Jika Anda memiliki keahlian di bidang ini, Anda bisa membuat miniatur kayu Anda sendiri dari kayu bekas.

 

  1. Bingkai Foto

Kerajinan kayu bekas yang satu ini lebih sederhana. Anda hanya harus mengolah kayu bekas jendela, pindu, atau kusen menjadi sebuah pigura yang unik. Tak perlu mewarnai ulang kayu bekas. Cukup menghaluskan permukaannya supaya tidak tajam. Potong kayu sesuai ukuran foto yang akan dipajang, rekatkan setiap sisinya menggunakan lem kayu, lalu haluskan permukaannya. Bingkai foto dari kayu bekas ini cukup unik dan bisa dijadikan alternatif hiasan dinding.

 

  1. Tempat Pensil

Kayu bekas juga bisa dibuat sebagai tempat pensil yang lucu dan unik. Jika biasanya tempat pensil dibuat dari bahan plastik, kali ini Anda bisa membuatnya sebagai tempat pensil yang lucu. Tidak susah membuat tempat pensil semacam ini. Peralatan yang Anda butuhkan hanya sepotong kayu bekas, gergaji, amplas, dan lem kayu. Buat tempat pensil unik ini sesuai dengan gaya Anda.

 

  1. Lentera

Kerajinan kayu bekas yang cukup unik selanjutnya adalah lentera kayu. Di kabupaten Bandung, ada kawasan yang dijadikan sebagai sentra pembuatan lentera dari kayu. Ternyata, tak semua lentera terbuat dari kayu jati yang baru dipotong. Beberapa lentera juga terbuat dari bahan kayu bekas. Ini menjadi bukti bahwa tidak semua barang bekas itu harus dimusnahkan. Ada beberapa barang bekas yang masih bisa diolah menjadi karya seni yang unik dan bernilai jual tinggi.

 

  1. Lampu Hias

Kerajinan berbahan kayu bekas yang terakhir yang bisa Anda buat adalah lampu hias dari kayu bekas. Dengan memanfaatkan motif dan tekstur kayu yang khas, Anda bisa menjadikan kayu bekas sebagai lampu hias. Lampu hias dari kayu ini akan membuat rumah Anda terlihat lebih eksotis dan modern.

 

Beberapa kerajinan kayu bekas yang dijelaskan di atas pun unik untuk dijadikan sebagai hiasan rumah. Untuk Anda yang memiliki kayu bekas di rumah, jangan terburu-buru membuang atau membakarnya. Jika tekstur kayu masih kokoh, Anda bisa menyulap kayu bekas menjadi berbagai macam kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *