Jenis-jenis Kerajinan Kayu dari Jepara dan Keunggulannya

Diposting pada

Jepara merupakan salah satu kota di Indonesia yang sangat terkenal dengan sentra kerajinan kayu ukirnya. Kota Jepara yang terletak di sebelah utara Provinsi Jawa Tengah ini menjadi rujukan tersendiri untuk berbagai jenis kerajinan kayu. Kerajinan kayu dari Jepara sudah terkenal ke seluruh penjuru negeri ini. Bukan hanya itu, kerajinan kayu dari kota ini pun tak tanggung-tanggung untuk menunjukkan hasilnya ke pasar mancanegara. Ingin tahu kerajinan kayu ukir apa saja yang bisa ditemukan di kota Jepara? Yuk, simak informasi berikut ini!

 

Jenis Kerajinan Kayu dari Jepara

Jenis-jenis kerajinan kayu ukir yang ada di Jepara cukup beragam. Jenis yang bisa kita temukan antara lain adalah kerajinan kayu furnitur, kerajinan patung dan juga kerajinan kayu dinding. Di antara ketiga jenis yang umumnya ditemukan tersebut, kerajinan furnitur mungkin menjadi salah satu kerajinan yang paling sering dicari. Akan tetapi, kerajinan kayu hiasan dinding pun tidak kalah menarik bagi para konsumen kerajinan kayu. Jika kerajinan kayu ukir furnitur bisa ditemukan sebagai bagian dari ornamen kursi atau meja yang membuat tampilan furnitur menjadi lebih menarik, kerajinan kayu ukir sebagai hiasan dinding pun tak kalah menarik untuk dimiliki. Selain itu, kerajinan kayu ukir sebagai hiasan dinding juga memiliki jenisnya tersendiri.

 

Salah satu contoh jenis dari kerajinan kayu dinding adalah ukiran kaligrafi yang begitu indah dan cocok untuk di tempel pada dinding rumah Anda. Hal ini tentunya menjadi alternatif tersendiri bagi mereka yang ingin menghiasi rumah dengan menggunakan ornamen kayu. Kaligrafi dari ukiran kayu khas Jepara ini tentunya memiliki harga yang cenderung lebih mahal dari kaligrafi pada umumnya yang ditulis di atas selembar kertas dan dibingkai. Anda bisa memilih kaligrafi sebagai salah satu kenang-kenangan atau oleh-oleh saat berkunjung ke Jepara. Bukan hanya itu, ada beberapa tempat yang juga menyediakan jasa pemesanan kerajinan kaligrafi kayu ukir khas Jepara ini.

 

Sementara itu, jika Anda sudah memiliki kerajinan kayu hiasan dinding khas Jepara di rumah Anda, tetapi masih ingin menambah koleksi hiasan kayu, jam klasik bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda. Tentunya Anda pernah melihat jam klasik yang tertempel di dinding ruang tamu sebuah rumah. Jam klasik tersebut umumnya terbuat dari kayu yang diukir sedemikian rupa sebagai tempat dari jam tersebut. Biasanya, jam klasik semacam ini bisa ditempelkan di ruang tamu dan dijadikan sebagai bagian dari hiasan dinding rumah. Jadi, jenis kerajinan dinding mana yang Anda pilih untuk menghiasi dinding rumah Anda?

 

Keunggulan Memilih Kerajinan Kayu dari Jepara

Saat kita membeli suatu barang, tentunya kualitas adalah hal utama yang harus selalu diperhatikan. Tidak jarang, orang-orang akan lebih percaya dengan merk yang sudah terkenal dibanding dengan harus mengambil resiko dengan membeli produk dari merk terbaru. Hal itu pun berlaku saat Anda akan membeli sebuah kerajinan kayu ukir. Jenis kerajinan kayu ukir manapun yang akan Anda beli, Anda harus lebih tahu terlebih dahulu tentang manfaat-manfaat dari memilih kerajinan kayu ukir tersebut. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku saat Anda ingin membeli kerajinan kayu dari Jepara karena Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan dan juga keunggulan dari produk kayu ukir khas Jepara. Apalagi jika kayu yang Anda pilih adalah kayu jati, mengingat kayu jati memiliki manfaat yang bagus untuk kerajinan ukir.

 

Berbicara tentang keunggulan dari kerajinan kayu dari Jepara, terutama kayu jati, hal pertama yang menjadi keunggulan adalah hasil kerajinan yang lebih awet. Karena kerajinan kayu di Jepara pada umumnya menggunakan kayu jati, tentunya produk-produk kayu ukir dari Jepara memiliki ketahanan yang lebih awet karena memang kayu jati lebih terkenal tahan lama. Selain terkenal lebih awet, keunggulan lainnya dalam memilih kerajinan kayu ukir khas Jepara yaitu kualitas yang tinggi dan tampilannya yang tidak mudah lapuk. Hal tersebut dapat membuat konsumen merasa puas karena kayu ukir yang dibeli akan tahan lama.

 

Selain keunggulan-keunggulan yang sudah disebutkan di atas, fakta lainnya yang bisa ditemukan dari produk kayu ukir Jepara adalah harga jual yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, memahat kayu atau mengukir kayu adalah hal yang berat untuk dilakukan. Bukan hanya itu, mencari bahan kayu terbaik pun menjadi salah satu hal yang menyebabkan harga kerajinan kayu yang berasal dari Jepara memiliki harga yang cukup mahal. Harga yang relatif mahal tersebut tentunya menyesuaikan dengan barang yang akan dibeli. Sebagai contohnya adalah kerajinan kayu dinding. Biasanya kerajinan kayu ukir dinding pun memiliki harga yang relatif mahal, meskipun tidak semahal kerajinan kayu dalam bentuk furnitur.

 

Singkat cerita, kerajinan kayu ukir di kota Jepara memang memiliki kualitas yang bagus. Tidak hanya itu, jenis-jenis dari kerajinan kayu yang bisa didapatkan di kota yang satu ini pun sangat beragam. Sebagai contohnya, kerajinan kayu ukir untuk furnitur adalah salah satu jenis atau produk kerajinan kayu ukir yang cukup banyak diminati orang. Bukan hanya itu, jenis-jenis kerajinan lainnya seperti kerajinan patung kayu dan juga kerajinan kayu hiasan dinding pun menjadi kerajinan lainnya yang tidak kalah menarik untuk dimiliki. Selain memiliki jenis yang menarik, kerajinan kayu Jepara pun memberikan Anda berbagai keunggulan yang terkait dengan daya tahan produk, dan juga kualitas yang cenderung lebih tinggi jika dibanding dengan karya lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *