Kerajinan dari Barang Bekas

Berikut daftar Kerajinan dari Barang Bekas Yang Bisa Anda Buat Sendiri

Diposting pada

Barang bekas mungkin dipandang sebelah mata oleh banyak orang karena jika dijual juga laku dengan biaya yang murah sekali, tak heran jika barang bekas selalu berakhir ditempat sampah tanpa ada yang memanfaatkan nya. Sekarang sudah banyak orang yang yang kreatif dan mau memanfaatkan limba sampah untuk suatu kerajinan yang bernilai lebih. Banyak yang membuat kerajinan dari barang bekas botol, kardus, kaleng dan lainya.

Karena sebenarnya barang tersebut masih bisa di olah lagi menajdi barang yang memiliki nilai lebih, ide untuk membuat kerajinan tangan tidaklah sulit karena sekarang ini sudah banyak orang yang membuat kerajinan yang disebar melalui media online, jika anda ingin membuatnya maka anda bisa meniru ide yang mereka gunakan.

Barang bekas yang ada selamanya tidak hanya selalu menjadi sampah belaka karena sekarang dengan sentuhan kreasi barang bekas sudah bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi, selain dapat dijual kerajinan dari bahan bekas juga bisa kita gunakan sendiri untuk kebutuhan pribadi sehari hari.

Selain itu kita juga bisa menajga kebersihan lingkungan jika memanfaatkan barang bekas yang ada dilingkungan kita. Banyak sekali contoh kerajinan yang dihasilkan dari bahan bekas. Meskipun dirasa mudah membuat kerajinan dari barang bekas namun semua membutuhkan ketrampilan tersendiri.

Mungkin saja sebagian kerajinan mudah cara pembuatanya namun kerajinan lain sangat sulit membuatnya karena hasilnya juga akan sangat menarik sekali. Jika ingin mengetahui lebih banyak keragaman kerajinan dari barang bekas maka lebih baik simak sebagai berikut :

Kerajinan dari Barang Bekas Kardus

Kerajinan dari Barang Bekas Kardus

Kerajinan tangan yang terbuat dari kardus pasti akan nampak biasa saja kan, mungkin kalian sendiri pernah mencoba membuat kerajinan tangan dari kardus menjadi barang yang berguna kan.  Karena memang kardus memiliki tekstur yang tidak begitu kaku maupun keras sehingga berpotensi diolah menjadi banyak barang kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi.

·         Rumah Kardus

Bukan hanya sebagai rumah kucing akan tetapi membuat kerajinan tangan rumah dari kardus merupakan aktivitas yang menantang sekali. Karena memang rumah kan digunakan untuk manusia, sedangkan kardus bisa digunakan menjadi rumah dengan jendela yang dibuat dengan digambar supaya miniaturnya lebih hidup. Kemudian gunakan tusuk gigi sebagai peyanggan rumah kardus ini.

·         Miniatur Sepeda Motor dari Kardus

Membuat sebuah miniatur memang terkenal sangat rumit sekali apalgi jika kali ini membuat miniatur sepeda motor, kali ini kalian bisa memanfaatkan kardus sebagai bahan pembuatan miniatur motor karena dengan menggunakan kardus maka pembuatan jauh lebih mudah.

Jika kalian membuat miniatur ini maka jangan khawatir bakalan laku atau tidak karena para pecinta motor akan menyukai sekali jika ada miniatur motor yang terbuat dari kardus bekas.

Apalgi jika sang buah hati laki laki akan senang jika diberikan hadiah miniatur sepeda motor. Karena miniatur ini bisa dibongkar dan dipasang supaya anak anda bisa belajar cara merangkai miniatur motor dari kardus.

·         Bingkai Foto dari Kardus

Sudah sejak jaman dahulu sekali banyak yang memanfaatkan kardus sebagai bingkai foto, karena kardus mudah sekali dibentuk apalgi jika untuk meyangga sebuah foto maka kardus adalah pilihan bahan yang tepat sekali.

Jika bingkai sudah terbentuk maka kalian tinggal menambahkan hiasan disampingnya dengan menempel hiasan bunga atau semacamnya supaya bingkai lebih memiliki nilai seni yang tinggi.

·         Kotak Tisu dari Kardus

Kaum wanita pasti sangat membutuhkan tisu untuk segala macam kebutuhan sehari hari. Selain itu tisu juga digunakan untuk membersihkan sehabis makan atau beraktivitas lainya seperti bermake up dll. Oleh karena itu anda bisa membuat tempat tisu dari kardus supaya tisu anda tidak berantakan dimana mana.

·         Tempat Tidur

Memiliki anak kecil perempuan yang menyukai bermain boneka tentu akan membutuhkan banyak sekali perlengkapan mainan, mulai dari tempat duduk dan kamar tidur. Nah kini anda bisa memanfaatkan kardus untuk membuat semuanya karena kardus bisa digunakan sebagai kerajinan tangan seperti tempat tidur boneka.

·         Lampu Tidur dari Kardus

Anda bisa membuat lampu tidur dari kardus dengan cara membuat kardus yang zigzag dengan ditata rapi kemudian di rekatkan antara kardus satu dengan yang lainya, kemudian masukkan lampu didalamnya maka sinar lampu yang keluar akan nampak zigzag dan bagus sekali.

·         Tas dari Kardus

Tidak ada salahnya membuat tas sendiri dari kardus daripada anda harus membuang uang untuk membeli tas di online shop yang mahal sekali harganya. Dengan membuat sendiri dari kardus maka anda bebas mengcustom model tas anda, karena ini anda yang akan menggunakanya sendiri.

·         Lampu Belajar dari Kardus

Hampir sama dengn lampu tidur cuman kardus didesain lebih terang dan ada penyangganya, ala ala lampu belajar pada umunya namun bahan utamanya dari kardus bekas. Ini juga bisa anda desain sesuai degan kebutuhan anda jadi anda jangan khawatir.

·         Rak buku dari Kardus

Jika anda pecinta buku atau suka sekali mengkoleksi buku buku maka dari pada buku anda berserakan dimana mana maka lebih baik anda memanfaatkan kardus sebagai alat tempat rak buku anda, selain memanfaatkan barang bekas anda juga bisa merapikan lingkungan anda sekaligus.

·         Pesawat dari Kardus

Anak anak akan suka sekali ketika melihat mainan alat transportasi, ternyata pesawat bisa dibuat dari kardus bekas karena dengan menggunakan kardus maka anda bisa membuatkan anak anda mainan pesawat yang lebih tahan lama dari pada menggunakan kertas biasa.

·         Bunga dari Kardus

Mungkin anda sering mengetahui kerajinan tangan bunga yang terbuat dari sedotan atau kertas kali ini kita akan memnfaatkan kardus untuk membuat bunga bunga tersebut, dengan warna coklat kardus maka bunga akan tampak lebih menarik.

Kerajinan dari Barang Bekas Botol

Kerajinan dari Barang Bekas Botol

Botol bekas mungkin sering kita jumpai berserakan dijalan dan mengotori lingkungan, alangkah lebih baik jika sampah botol tersebut dimanfaatkan menjadi sebuah sampah yang bermanfaat dan digunakan sebagai bahan yang lebih berguna lagi.

Botol memiliki kegunaan yang sangat beragam oleh karena itu banyak sekali orang yang memanfaatkan botol bekas menjadi sebuah barang kerajinan, dan ketika kalian ingin membuat kerajinan dengan botol bekas maka jangan khawatir karena botol sangat mudah sekali dicari disekitar lingkungan.

Seringkali kita tidak sadar bahwa setiap harinya orang pasti butuh minum yang terkadang membeli di took took kelontong yang ketika minumanya sudah habis maka botolnya juga akan dibuang dan bisa anda bayangkan betapa banyak botol yang terbuang setiap harinya.

Oleh karena itu penting sekali memanfaatkan botol bekas sebagai bahan utama kerajinan, jika ingin mengetahui kerajinan apa saja yang bisa dibuat dengan botol bekas silahkan simak sebagai berikut :

1.      Pot Bunga dari Botol Bekas

Untuk pembuatan pot bunga dengan botol bekas ada cara yang paling mudah sekali dan cukup sederhana, yakni anda perlu mencari botol bekas dan kemudian anda tinggal memotong bagian botol menjadi dua bagian. Setelah itu salah satu bagian diisi dengan tanah dan tanaman. Jika ingin botol tanaman terlihat lebih menarik lagi maka anda bisa menambahkan cat atau hisan hiasan lainya.

Jangan lupa untuk pot bunga sisi bawah botol bisa anda lubangi sedikit karena untuk tetesan air supaya ketika kita menyiram tanaman air tidak menggenang di atas botol sehingga dapat merusak tanaman.

2.      Penutup Lampu Hias dari botol Bekas

Memanfaatkan botol sebagai penutup lampu adalah solusi yang bagus juga karena botol merupakan barang yang bersifat bening jadi sangat cocok jika diguankan untuk sebuah lampu karena bisa membuat penchayaan nya yang dipancarkan lebih sempurna.

Namun untuk pembuatan penutup lampu dari botol anda juga perlu beberapa bahan berikut yakni botol yang sudah dipotong kemudian sendok bekas, untuk cara pembuatanya botol yang sudah dipotong kemudian ditutup dengan sendok mengelilingi hingga tertutup semua bagian botol.

Ini berfungsi suapaya cahaya yang dihasilkan bisa maksimal dan tidak terlalu terang, jika ingin terlihat lebih menarik lagi anda bisa menambahkan dengan beberapa cat warna atau hiasan lainya.

3.      Tempat Menyimpan ATK dari Botol Bekas

Mungkin anda bingung ketika memiliki alat tulis yang banyak sekali dan kemudian bingung karena memneuhi tempat di ruangan maka anda bisa emmanfaatkan botol bekas untuk tempat pensil yang anda miliki.

Caranya adalah ceukup sederhana sekali yakni anda tinggal memotong botol bekas tersebut menjadi dua bagian kemudian botol yang akan diguanakan bisa dicat atau dibalut dengan kain untuk hiasan supaya lebih menarik lagi. Cukup sederhana bukan cara pembuatanya.

4.      Celengan dari Botol Bekas

Cara membuat celengan dari botol adalah cara yang paling sederhana yakni anda perlu memotong botol bekas menjadi dua bagian kemudian anda menggabungkan lagi botol tersebut dan ikat dengan hiasan supaya dilain waktu anda bisa membuka celengan tersebut tanpa merobek kembali.

Setelah itu tutup botol anda berikan sedikit lubang untuk koin bisa masuk, sudah jadi tinggal berikan sedikit sentuhan pada bagian luarnya karena bisa menambah menarik penampilan celengan.

5.      Wadah Lampu dari Botol Bekas

Tidak hanya digunakan untuk penutup lampu tidur kali ini botol bekas juga berfungsi digunakan sebagai wadah lampu yakni ditaruh dibawah dengan sedikit haisan di atasnya, ini malah lebih sederhana lagi cara pembuatanya.

Yakni anda tinggal memotong botol bekas sesuai ukurang kebutuhan anda kemudia letakkan lampu didalam botol dan hiasa sesuai dengan selera. Cukup sederhana bukan ternayat membuat tempat wadah lampu dengan botol bekas.

Kerajinan dari Barang Bekas Koran

Kerajinan dari Barang Bekas Koran

Sang ayah suka baca Koran? atau memang kamu berlangganan Koran setiap harinya? Nah jika ada banyak Koran yang sudah menumpuk dirumah dan tidak anda tidak tau mau diapakan maka jangan khawatir karena Koran bekas bisa disulap menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Setelah anda tahu bahwa Koran bisa disulap menajdi kerajinan alangkah baiknya jika anda mencoba belajar bagaimana cara memanfaatkan Koran sebaik mungkin untuk membuat kerajinan. Setidaknya ketika anda bisa membuat kerajinan dengan Koran bekas maka hasl yang dikumpulkan bisa anda gunakan untuk memulai berbisnis lainya.

Ada banyak sekali cara memanfaatkan Koran bekas menajdi barang bernilai seni tinggi namun anda harus mulai kreatif dan memiliki banyak ide sehingga anda bisa membuat banyak karya dengan pemanfaatan Koran bekas. Untuk lebih detailnya simak sebagai berikut beberapa jenis karya kerajinan yang bisa dimanfaatkan.

·         Kerajinan Koran Gulung

Kegunaan Koran memang beragam sekali mulai dari media informasi hingga digunakan media pembungkus nasi. Kali ini kita akan membahas tentang membuat berbagai macam kreasi dan kerajinan dari kertas Koran karena jika digunakan untuk kerajinan maka akan banyak sekali pengapliasianya.

Koran gulung merupakan kerajinan dasar yang harus dipelajari karena beberapa kerajinan memang bermula dari kerajinan Koran. Koran gulung nanti akan dijadikan bahan dasar dari kerajinan lainya oleh sebab itu mengetahui cara membuat Koran gulung adalah kunci utama membuat kerajinan dari Koran.

Cara membuatnya sangatlah mudah anda tinggal menggulung Koran hingga menajdi gulungan yang kecil kecil, kemudian rekatkan dengan lem atau perekat lainya supaya gulungan anda tidak lepas.  Ini adalah langkah pertama yang paling mudah sekali.

Kemudian jika sudah buatlah kerajinan dari kertas Koran gulung tersebut sesuai dengan ide kreatif yang kamu punya. Atau anda bisa meniru berbagai macam kerajinan Koran bekas melalui media social.

·         Kerajinan Tas dari Koran

Bagi kaum wanita tas adalah barang yang wajib mereka miliki, tak heran jika di era yang sudah modern ini tas menjadi salah satu barang yang trend. Tas memiliki banyak sekali fungsi yakni mulai untuk membawa barang kebutuhan sehari hari dan tas juga berfungsi sebagai alat penyimpan make up dll.

Oleh karena itu supaya kita bisa memiliki tas yang sesuai dengan keinginan kita, maka kita bisa membuatnya dengan memnfaatkan Koran bekas, disini kita menggunakan Koran yang sudah digulung kemudian di desain hingga membentuk tas, untuk bentuk tas ini sesuai dengan selera masing masing.

Jika sudah terbentuk menjadi tas maka anda bisa menambahkan hiasan atau pernak pernik untuk mempercantik tas. Kini Koran bekas bisa seberguna ini karena kreatifitas manusia oleh karena itu kalian jangan meremehkan barang berkas yang ada disekitar kita.

Menggunakan tas dari Koran mungkin untuk sebagian orang akan gengsi namun jangan berfikiran seperti itu karena kita harusnya bangga menggunakan tas buatan kita sendiri dan kita bisa merealisasikan kekreatifan kita melalui tas ini. Ini sesuatu yang unik bahkan orang akan bertanya beli dimana? Ketika memang ta situ sangat unik.

·         Jam dinding dari Koran

Jam dinding memang barang yang harus ada dalam sebuah rumah, tidak adanya jam dirumah maka kita seringkali kebingungan dan was was. Nah pemanfaatan Koran sebagai jam dinding akan menjadi solusi karena kita bisa memiliki jam dinding yang unik tanpa mengeluarkan uang yang banyak.

Kerajinan jam dinding dari Koran ini merupakan kerajinan yang mudah sekali untuk anda buat dan bisa anda gunakan sebagai hiasan dinding agar terlihat cantik. Dengan mengguankan Koran anda bisa membuat kerajinan dengan nilai sangat tinggi.

·         Tempat Tisu dari Koran

Tisu merupakan hal yang sangat pokok untuk sebagian orang, apalagi kaum wanita mungkin jikalau kemana mana membutuhkan tisu untuk beberapa aktivitas atau untuk mengelap make up. Nah karena tisu jika tidak ada tempatnya maka akan tercecer dimana mana.

Oleh karena itu solusi untuk masalah tersebut adalah dengan cara membuat kotak tisu dari gulungan Koran kemudian memanfaatkan Koran bekas sebagai bahan utama.

·         Pot bunga dari Koran

Daripada membeli pot Bungan yang harganya cukup mahal lebih baik anda memanfaatkan Koran bekas untuk membuat pot. Jaman sekarang termasuk jaman yang kreatif kita harus bisa mandiri dan bisa memanfaatkan barang barang bekas sebisa mungkin untuk digunakan lebih manfaat lagi.

Dari pada kertas Koran bekas dibuang kan saying, mending kita sulap kertas tersebut menjadi kerajinan pot bunga. Ini lumayan unik dan cukup untuk menambah nilai seni pot bunga anda.

·         Keranjang dari Koran

Layaknya seperti tas, Koran juga bisa dimanfatkan untuk pembuatan keranjang, karena keranjang sangatlah penting sekali untuk digunakan seahri hari sebagai wadah barang atau peralatan lainya. Jika adna Koran bekas maka anda bisa memanfaatkan nya untuk membuat keranjang daripada anda harus membeli denagn biaya mahal.

Kerajinan dari Barang Bekas Kaleng

Kerajinan dari Barang Bekas Kaleng

Mungkin kaleng bekas disekitar rumah anda sudah menjadi hal yang wajar jika berakhir ditempat samapah, namun kini banyak sekali kerajinan yang dihasilkan dari pemanfaatan kaleng bekas yang ada disampah. Slah satunya kaleng yang bisa dimanfaatkan adalah kaleng susu.

·         Mobil dari Kaleng Bekas

Banyak sekali mobil mobilan yang bsia digerakkan dengan menggunakan tenaga panas yang kini sangat trend dikalangan anak-anak yakni mobilnya terbuat dari kaleng bekas. Ini merupakan kreasi yang memiliki niali jual tinggi, merubah kaleng bekas menajadi barang yang bisa dijual.

·         Kap Lampu dari Kaleng

Kaleng bekas ternyata bisa disulap menajdi barang yang super penting sekali yakni kap lampu, ini sering kali digunakan untuk kap lampu penghias dinding rumah yang elegan biasanya rumah yang menggunakan ini adalah rumah yang bertema industrial.

Cara pembuatanya adalah anda hanya perlu mengecat kaleng sesuai dengan selera kemudian cat ulang kaleng sesuai dengan tema rumah anda dan pasang sesuai dekorasi ruangan tempatkan pada dinding yang sesuais sehingga terlihat menarik.

·         Tempat ATK

Jika anda kerepotan menaruh semua alat tulis anda maka kali ini jangan khawatir karena banyak sekali kaleng bekas yang bisa dimanfaatkan untuk tempat ATK anda. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menyulap kaleng kaleng ini yakni yang pertama anda bisa membungkus kaleng dengan kertas kado atau kain flannel kemudian tata kaleng tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

·         Pot Bunga dari Kalng Bekas

Ketika anda memiliki banyak kaleng yang seukuran dan senada maka anda bisa mengecat kaleng tersebut dengan warna yang seragam. Kemudian hiasai kaleng dan letakkan tanaman diatasnya ini akan menajdikan taman anda tampak lebih indah karena kerajinan kaleng bekas untuk pot bunga.

·         Lentera dari Kaleng Bekas

Ingin memiliki kamar dengan suasana yang magical atau elegan, maka anda bisa menggunakan kaleng yang dihias luarnya dengan cat kemudian anda bisa melubangi kaleng tersebut secara merata ke seluruh bagian kaleng. Taru lilin didalam kaleng maka kamar anda akan terasa nyaman sekali dengan suasan cahaya yang dihasilkan

·         Figura dari Kaleng Bekas

Anda memiliki banyak sekali foto namun tidak tahu mau ditaru dimana? Kali ini kaleng bisa anda manfaatkan untuk tempat figura foto anda. Ini merupakan kerajinan yang unik sekali karena jarang orang yang mengaplikasikan kaleng sebagai tempat figura foto.

Mungkin jika anda jual banyak sekali yang minat untuk membeli apalagi jika dijual dengan harga yang murah. Maka selain anda bisa memanfaatkan kaleng bekas anda juga bisa memperoleh keuntungan dari kaleng tersebut.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *