Kerajinan Kayu Jati Blora untuk Mempercantik Interior Rumah

Diposting pada

Setiap orang tentunya ingin memiliki interior rumah yang cantik dan menarik. Kerajinan kayu jati blora bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Pasalnya kerajinan kayu jati dari Blora memang sudah terkenal hingga penjuru negeri. Bahkan, produksinya juga sudah sampai ekspor ke berbagai negara. Oleh karena itu, kualitas kerajinan kayu jati dari Blora Jawa Tengah sudah tidak perlu diragukan lagi,

Ukiran-ukiran cantik kayu jati di Blora menjadikan daerah ini sebagai tempat membeli oleh-oleh kerajinan kayu jati yang khas.

 

8 Kerajinan Kayu Unik Terbuat Dari Kayu Jati

 

Kerajinan kayu dari Blora memiliki ciri khas yang tidak bisa ditemukan pada pengrajin kayu lainnya. Model dan bentuk kerajinan kayu Blora dibuat lebih halus dibandingkan dengan kerajinan kayu ukir dari Bali atau Jepara. Warnanya kerajinan kayu dari Blora ini juga khas karena berwarna coklat tua seperti warna kopi. Warna tersebut diperoleh dari proses finishing menggunakan pelitur. Dimana pelitur adalah cara finishing yang masih tradisional. Warna kayu inilah yang membuat kerajinan kayu Blora begitu menarik konsumen. Ada banyak kerajinan kayu unik yang bisa digunakan untuk menghias rumah atau ruangan agar terlihat lebih menarik dan nyaman. Berikut ini adalah 7 kerajinan yang terbuat dari kayu jati dan siap untuk mempercantik rumah Anda.

 

  1. Furnitur

Siapa yang tidak kenal dengan furnitur kerajinan kayu jati blora? Ya, furnitur buatan masyarakat Blora memang terkenal karena kualitasnya yang mumpuni. Kebanyakan furnitur terbuat dari kayu karena memiliki daya tahan yang kuat dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, bagian pohon yang dijadikan sebagai furnitur seperti meja atau kayu adalah akar kayu jati.  Hal ini dikarenakan bentuk dan pola akar yang tidak beraturan sehingga meja dan kayu tampak unik dan eksotis.

 

  1. Lentera

Siapa bilang kerajinan kayu harus selalu furnitur? Buktinya banyak kerajinan kayu yang dibuat menjadi lentera untuk menghias ruangan agar tampak lebih elegan dan romantis. Selain kayu jati dari Blora, lentera juga bisa dibuat dari kerajinan kayu jati belanda. Kayu jati Belanda ini juga tidak kalah bagusnya dengan kayu jati Blora.

 

  1. Kerajinan Miniatur kayu

Kerajinan kayu unik lainnya adalah miniatur kayu. Banyak masyarakat yang tertarik dengan miniatur kayu karena kerajinan ini mampu menciptakan suasana ruangan yang lebih keren dan elegan. Tak heran jika peminat miniatur kayu ini sangat banyak di pasaran. Teksturnya yang keras dan unik memang membuat kerajinan miniatur kayu ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Meskipun demikian, harga tersebut tentunya sebanding dengan kualitas miniatur kayu yang diproses dengan tahapan-tahapan yang rumit. Beberapa miniatur kayu yang banyak dijual di pasaran diantaranya adalah miniatur motor, miniatur mobil, miniatur pesawat, kapal dan lain sebagainya.

 

  1. Ukiran

Ukiran kayu adalah salah satu kerajinan yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Setiap detail ukiran kayu yang dibuat oleh pengrajin tanah air tentunya mencerminkan kualitas masyarakat Indonesia dalam hal seni dan budaya yang kreatif dan inspiratif. Jadi, jangan heran jika kerajinan ukuran kayu dinilai dengan harga yang tinggi. Kerajinan kayu jati belanda atau kayu jati Blora memang terkenal karena pahatannya yang halus dan berkualitas tinggi. Sehingga banyak pecinta kerajinan kayu dari dalam dan luar negeri yang rela mengeluarkan uangnya hanya untuk membeli ukiran kayu bernilai seni tinggi. Tak hanya itu, ukiran kayu biasanya juga dikombinasikan pada berbagai jenis furnitur seperti kursi, meja, lemari dan lain sebagainya.

 

  1. Lampu Hias

Kerajinan kayu unik selanjutnya adalah lampu hias. Sekarang ini banyak kerajinan lampu hias yang dibuat dari kayu jati untuk menambah nilai seni dan estetika ruangan. Lampu hias yang terbuat dari kayu jati pastinya akan membuat rumah Anda terlihat semakin elegan dan menarik.

 

 

  1. Lukisan kayu

Banyak yang mengira bahwa melukis haruslah di kertas atau kanvas. Padahal banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan lukisan yang bernilai tinggi. Salah satunya adalah kayu jati. Kerajinan kayu jati belanda berupa lukisan ini sebenarnya sudah ada sejak lama yaitu sejak tahun 1600an. Sekarang ini, permintaan lukisan dari kayu jati semakin meningkat. Hal ini tentu saja karena nilai seninya yang tinggi. Dimana pola kayu jati yang tidak beraturan dan menarik dipadukan dengan indahnya lukisan.

 

  1. Topeng

Kerajinan unik lainnya adalah topeng. Topeng yang terbuat dari kayu jati biasanya dipakai untuk pagelaran seni tari seperti tari topeng. Selain itu, topeng kayu ini juga sering dipakai untuk acara wayang orang atau sandiwara yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Selain itu, tak sedikit pula yang menggunakan topeng kayu sebagai hiasan dinding dalam rumah.

 

  1. Vas

Siapa bilang vas bunga harus selalu terbuat dari keramik? Buktinya sekarang ini, ada banyak vas cantik yang terbuat dari kayu jati. Vas yang terbuat dari kayu jati, biasanya diukir dengan pola bunga yang menarik. Warnanya yang coklat kopi tentunya sangat cocok dipadukan dengan bunga buatan dari plastik atau bahan lainnya. Tak hanya itu, vas kayu jati ini tentu akan menambah estetika ruangan dalam rumah Anda sehingga keluarga semakin betah di rumah.

 

Demikianlah 8 kerajinan unik yang terbuat dari kayu jati. Sangat menarik bukan? Semoga ulasan terkait dengan kerajinan kayu jati blora akan menambahkan rasa cinta Anda terhadap karya seni tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *