Kerajinan Kayu Pinus yang Kreatif

Diposting pada

Kayu tidak hanya bisa dibuat sebagai furnitur saja tetapi juga bisa disulap menjadi suatu kerajinan yang unik. Salah satunya adalah kayu dari pohon pinus, kerajinan kayu pinus pun sekarang banyak menjadi tren. Kayu pinus sendiri cenderung lebih lunak bila dibandingkan dengan kayu jati yang keras oleh karena itu, pinus lebih sering dijadikan barang-barang kerajinan selain dibuat furnitur. Anda pun bisa memboyong pernak-pernik dari pohon pinus di rumah dan buatlah rumah menjadi lebih nyaman lagi untuk ditinggali.

 

Contoh Kerajinan Kayu Pinus dan Kelapa yang Unik dan Kreatif

Mungkin kebanyakan orang selalu menghiasi rumahnya dengan pernak-pernik dari keramik atau pun gerabah. Jarang sekali orang menggunakan hiasan kayu di dalam rumahnya kecuali untuk furnitur saja. Namun, Anda pun sekarang bisa membuat suasana di dalam rumah lebih unik lagi dan menghiasinya dengan kerajinan kayu pinus yang kreatif. Lalu pernak-pernik apa saja yang bisa dibuat dari kayu pohon pinus tersebut?

 

  1. Topeng

Kerajinan kayu pinus yang pertama adalah topeng. Bagi masyarakat Jawa dan Bali tentunya sudah akrab dengan karya seni yang satu ini. Kebanyakan topeng dibuat dari kayu selain terbuat dari bahan besi, topeng kayu lebih nyaman dipakai dan tidak berat. Kemudian bentuknya pun bermacam-macam dan berwarna-warni sehingga topeng kayu banyak diminati. Bahan kayu yang dipakai umumnya dari pohon pinus karena lebih lunak dan memudahkan pengrajin dalam membentuk aneka bentuk topeng.

 

  1. Batik kayu

Mungkin pada umumnya batik dibuat dengan menggunakan media kain tetapi ada hal unik datang dari kota Jogja, batik direalisasikan dengan kayu sehingga menghasilkan karya seni yang indah. Batik dari kayu tersebut biasanya bisa dibuat menjadi gelang, topeng batik kayu dan hiasan dinding. Kerajinan batik kayu di Jogja pun sudah terkenal hingga mancanegara.

 

  1. Peralatan rumah tangga

Selain kayu pinus, kayu dari pohon kelapa juga banyak dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan maupun furnitur. Kerajinan kayu kelapa sekarang banyak diminati dan contohnya untuk membuat peralatan rumah tangga seperti mangkuk dan gelas. Gelas dari batok kelapa bentuknya memang unik dan banyak peminatnya saat ini. Selain mangkok dan gelas dari batok kelapa, sendok dan cawan dari kayu pinus pun banyak dijual secara online dan bisa Anda beli.

 

  1. Miniatur kayu

Kerajinan kayu kelapa kebanyakan dibuat menjadi perkakas rumah tangga dan salah satunya adalah asbak. Asbak dari kayu pohon kelapa juga banyak peminatnya dan bentuknya pun beraneka ragam mulai dari persegi hingga bulat. Anda bisa melengkapi ruang tamu atau pun ruang keluarga dengan asbak dari pohon kelapa. Kemudian untuk miniature kayu, yang paling banyak digunakan sebagai bahan utama adalah dari kayu pinus. Lagi-lagi karena pinus lebih lunak dan bisa dibentuk menjadi apa saja, salah satunya adalah kerajinan miniature. Kayu pinus bisa dibuat menjadi miniatur sepeda ontel, mobil, perahu, candi dan masih banyak lagi. Miniatur-miniatur yang terbuat dari kayu pinus tersebut banyak diperjual belikan di pasaran sebagai souvenir. Anda pun bisa menempatkan hiasan tersebut sebagai koleksi di rumah.

 

  1. Lampion

Ada juga lampion yang terbuat dari kayu pohon kelapa. Kerajinan kayu kelapa yang dibentuk menjadi lampion tersebut sangat pas bila ditempatkan di teras rumah atau pun taman. Karena terbuat dari bahan alami, lampion tersebut tentunya sangat pas apabila ditempatkan di exterior rumah terlebih lagi bentuknya yang unik.

 

Selain kerajinan dari pinus dan kelapa yang banyak digemari, ada juga kerajinan kayu Jepara yang terbuat dari kayu jati. Kerajinan dari Jepara tersebut terbilang sangat eksklusif dan harganya pun cukup mahal, hal ini karena dipengaruhi oleh bahan bakunya.

 

Contoh Kerajinan Kayu Jepara yang Paling Laris

Siapa yang tidak tahu dengan kerajinan Jepara? Pastinya semua orang langsung berpikir dan menebak tentang ukiran-ukiran. Hal tersebut memanglah menjadi salah satu ciri khas dari kota tersebut dan bisa dibilang komoditi utama, lalu apa saja kerajinan kayu Jepara yang paling laris?

 

  1. Kaligrafi kayu jati

Seni kaligrafi umumnya dibuat di selembar kertas atau pun kain kemudian akan dibingkai dengan indah. Tetapi apabila Anda ingin sesuatu yang lain dari yang lain, kaligrafi kayu jati dari Jepara bisa menjadi pilihan yang tepat. Di Jepara, seni ukir kayu kaligrafi merupakan kerajinan terlaris selain furnitur seperti meja dan kursi. Namun, Anda harus siap-siap jika harganya 2 kali lipat dari harga kaligrafi pada umumnya.

 

  1. Jam klasik

Ingin melengkapi rumah dengan jam klasik yang terbuat dari kayu jati? Rumah Anda pun dijamin lebih artistik lagi. Mengapa tidak? Di pusat kerajinan kayu jati Jepara juga banyak menawarkan jam klasik yang terbuat dari kayu jati dan dilengkapi dengan ukiran-ukiran. Jam klasik pada umumnya berbentuk besar dan bisa digunakan sebagai hiasan ruang tamu.

 

  1. Gebyok ukiran

Selain furnitur seperti meja, tempat tidur, lemari atau pun kursi, kerajinan dari kayu jati khas Jepara paling laris adalah gebyok ukiran. Gebyok sendiri umumnya dipakai sebagai background pernikahan Jawa dan untuk interior rumah pun juga bisa dihiasi dengan kerajinan tersebut. Mungkin Anda bisa menggunakannya sebagai dinding penyekat atau partisi.

 

Kerajinan yang terbuat dari kayu memang terlihat unik dan luar biasa. Bahan-bahannya pun beragam mulai dari kayu pinus, mahoni, kelapa atau pun jati. Khusus untuk kerajinan kayu Jepara, paling banyak menggunakan dari kayu jati karena lebih berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *