Kerajinan Rotan Khas Indonesia yang Mendunia

Kerajinan Rotan Khas Indonesia yang Mendunia

Diposting pada

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah.       Salah satu sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan souvenir adalah rotan. Kerajinan anyaman rotan sudah tidak asing lagi di mata masyarakat dan seiring perkembangan jaman terus mengalami kemajuan serta inovasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa produk handmade kerajinan rotan ternyata dapat menyajikan nilai estetika cukup tinggi serta beragam manfaat positif. Selain beragam jenis kerajinan yang bisa dibuat dari bahan baku rotan, ternyata ada beberapa fakta menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini kami akan menjabarkan informasinya untuk Anda.

Mebel dan Furnitur Berbahan Dasar Rotan yang Nuansanya Tradisional

Mebel dan Furnitur Berbahan Dasar Rotan

Di beberapa tempat seringkali kita menemukan serta melihat meja maupun kursi yang terbuat dari anyaman rotan dengan nuansa tradisional. Hingga di jaman modern saat ini, ragam furnitur anyaman rotan masih mudah dijumpai. Tidak hanya meja dan kursi, karena kini sudah berkembang inovasi baru seperti bentuk mebel lainnya seperti rak buku, kabinet, hingga sepatu. Desainnya pun kini sengaja dirancang oleh para pengrajin supaya menimbulkan kesan modern serta minimalis. Hingga tahun kemarin terhitung kerajinan anyaman rotan mampu menyumbangkan sampai 30% dari keseluruhan nilai ekspor furnitur nasional.

Dompet dan Tas Buatan Bahan Rotan yang Gaya Stylish

Dompet dan Tas Buatan Bahan Rotan yang Gaya Stylish

Selain furnitur dari bahan rotan yang menyumbang devisa terbesar, bahan baku rotan ternyata bisa juga dibuat tas maupun dompet cantik. Tas yang terbuat dari anyaman rotan sangat unik karena memang terbuat bahan alam non-kain estetika tinggi, serta bebas dari kesan kampungan. Bahkan popularitas tas anyam rotan membuatnya laris manis di negara adidaya Amerika Serikat.

Salah seorang pengrajin lokal telah memberikan nama atau label khusus Chameo bagi setiap tas anyaman rotan. Karena ternyata bahan yang bisa dianyam menjadi sebuah tas tidak hanya bahan rotan alami saja, melainkan juga rotan sintetis. Tas kerajinan tangan rotan sintesis ternyata bisa dipasarkan hingga ke luar negeri. Bahkan kepopuleran tas rotan merek Chameo sudah tampak dari kehadiran serta keikusertaannya dalam perhelatan fashion kelas dunia, contohnya Hongkong Fashion Week, Japan Fashion Week, hingga Pret a Porter di Paris, Perancis.

Sandal dan Sepatu Etnik Rotan sebagai Bentuk Kearifan Lokal

Sandal dan Sepatu Etnik Rotan sebagai Bentuk Kearifan Lokal

Pada umumnya permukaan kulit sepatu menggunakan berbagai jenis kain sebagai material utama. Sepatu etnik pertama kali diperkenalkan dengan bahan utama batik sampai menggunakan jenis tenun yang merupakan ciri khas utama Indonesia. Seorang pengrajin yang berasal dari Kalimantan kemudian membuat terobosan baru yang lain dari biasanya, yaitu memperkenalkan sepatu anyam rotan. Ya, rotan memang dianggap sebagai sumber daya utama yang melimpah ruah di daerah Kalimantan sebagai material utama produk kerajinan tangan buatan sendiri.

Sepatu anyaman rotan hasil karya pengrajin asal Palangkaraya ini termasuk ke dalam golongan sebagai sepatu etnik karena tampilan motif Dayak sangat kental. Sejak saat itulah mitos permukaan sepatu asalnya harus berasal dari kain berhasil dipatahkan, karena sudah bisa digantikan dengan anyaman rotan.

Keindahan dan Romantisme Kap Lampu Rotan Tidak Diragukan Lagi

Keindahan dan Romantisme Kap Lampu Rotan Tidak Diragukan Lagi

Anyaman rotan menjadi alternatif utama untuk dirakit menjadi kap lampu cantik penghias ruangan setelah bahan bambu maupun kayu. Tampilan khasnya yang alami dan klasik dari kerajinan anyaman rotan mampu mengalahkan pamor dari kap lampu kayu. Kap lampu dari anyaman sumber daya rotan menjadi pilihan utama karena memancarkan secara maksimal cahaya dari lampu. Mengapa demikian? Ya, hal ini bisa terjadi karena anyaman dari bahan rotan kebanyakan mempunyai celah lebih lebar di setiap lembarnya, dibanding dengan anyaman kayu maupun bambu. Kap lampu dari anyaman rotan memang cocok bagi Anda yang mengingini pencahayaan terang, dengan ruangan tetap terlihat alami dan sejuk.

Bentuk Pelestarian Budaya Menggunakan Tikar dan Lampit Anyaman Rotan

Bentuk Pelestarian Budaya Menggunakan Tikar dan Lampit Anyaman Rotan

Budaya asli Indonesia identik dengan duduk lesehan di lantai di berbagai kesempatan perkumpulan. Alas duduk sederhana seperti tikar maupun lampit digunakan secara maksimal guna mencegah masalah kesehatan seperti masuk angin. Tikar maupun lampin beranyamkan rotan sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia, sehingga Anda bisa dengan lebih nyaman duduk di lantai. Bahan anyaman rotan lebih mampu menahan panas maupun dingin dibandingkan dengan karpet. Saat udara panas, tikar atau lampit rotan mampu memberikan kesejukan. Begitupun sebaliknya ketika cuaca dingin, kita akan dihangatkan oleh alas duduk ini. Selain itu jenis tikar atau lampit anyaman rotan mudah untuk dibersihkan daripada karpet, dan sangat bersabat dengan orang yang alergi debu.

Tatakan Piring dan Gelas dari Bahan Rotan, Imut dan Menggemaskan

Tatakan Piring dan Gelas dari Bahan Rotan, Imut dan Menggemaskan

Anyaman rotan merupakan jenis bahan yang mempunyai tekstur lentur sehingga mudah dibuat kreasi banyak kerajinan, mulai dari tipikal sederhana hingga yang rumit sekalipun. Salah satu kerajinan tangan terbaru yang bisa dibuat dari anyaman rotan adalah tatakan piring dan gelas. Tatakan piring maupun gelas rotan dipilih karena anti licin sehingga tidak khawatir gelas bergeser dan resiko jatuh ke lantai. Selain itu tatakan berbahan anyaman rotan ini cukup lentur dan kuat dan cukup mudah dalam penyimpanan. Kami jamin 100% tatakan gelas dan piring dari anyaman rotan ini mampu mempercantik dekorasi meja makan Anda.

Demikian rangkuman informasi yang bisa kami berikan mengenai kerajinan rotan yang ramah lingkungan dengan sejuta manfaat. Semoga dapat menginspirasi dan memberikan ide segar mengenai kreasi baru kerajinan tangan dari bahan rotan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *