kerajinan tangan

Rahasia membuat Kerajinan Tangan dari bahan bekas

Diposting pada

Sering kali kita menjumpai barang bekas yang berserakan dimana mana, akan tetapi anda selalu bingung mau berbuat apa dengan barang bekas tersebut karena meskipun sering dibuang namun barang bekas selalu saja ada, dan sayang kalau berakhir ditempat sampah.

Nah, kali ini anda jangan khawatir karena sebenarnya barang bekas bisa kita manfaatkan sebagai kerajinan tangan yang nantinya akan memiliki nilai jual yang tinggi. Membuat kerajinan tangan adalah solusi yang sangat bagus sekali karena selain kamu bisa membersihkan barang bekas kamu juga bisa menggunakan barang bekas sebagai barang yang bisa digunakan di kehidupan sehari hari.

Setelah anda mengetahui solusi membuat kerajinan maka sekarang saya akan menjelaskan lebih lanjut lagi, ide membuat kerajinan tangan memang tidak sering kali muncul. Oleh karena itu kita bisa mulai dengan meniru kerajinan tangan yang dibuat oleh orang lain yakni dari internet.

Banyak sekali video atau website resmi yang menjelaskan tutorial pembuatan banyak sekali ragam kerajinan tangan, dari banyaknya referensi kerajinan tangan tersebut anda bisa meniru salah satunya dan buat sesuai dengan apa yang ada di tutorial.

Kerajinan tangan itu beragam sekali dan bisa terbuat dari banyak sekali bahan baku, namun kali ini saya akan menjelaskan mengenai kerajinan tangan yang terbuat dari bahan bekas atau sampah yang kita akan membuatnya secara mandiri atau dengan tangan sendiri.

Mungkin kalian sudah sering kali menjumpai kreasi tangan yang berasal dari barang bekas, namun banyak juga kreasi tangan yang berakhir pada sampah dan tidak memiliki nilai sama sekali. Dengan pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas tersebut maka kita dapat mengurangi adanya penumpukan sampah sekaligus kita dapat membuat sampah memiliki nilai seni, minimal untuk diri kita sendiri.

Banyak sekali barang yang bisa kita gunakan sebagai kerajinan tangan yakni mulai dari kertas bekas, botol bekas, sisa kain tekstil, sedotan, plastik dan masih banyak lagi. Atau mungkin masih ada banyak lagi barang yang bisa digunakan untuk kerajinan tangan yang nantinya bisa dirubah menjadi barang memiliki nilai seni tangan dan memiliki harga jual.

Dari pada barang bekas dibuang dan dijual dengan harga yang sangat murah sekali akan lebih baik jika kita mengubah barang tersebut dengan tangan kita yang akan menyulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan bisa dijual dengan harga mahal.

Selain menjadikan barang memiliki nilai jual yang tinggi, diri kita juga belajar untuk menghargai lingkungan bersih kita. Karena dengan memanfaatkan barang bekas maka kita juga akan terhindar dari lingkungan yang kotor.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Pada kenyataanya banyak sekali kerajinan tangan yang digunakan untuk kehidupan sehari hari, dalam hal ini penggunaan barang bekas sangat digunakan dengan baik sehingga pembuatan kerajinan tangan dapat mengurangi efek pencemaran lingkungan.

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Salah satunya penggunaan barang bekas untuk kerajinan tangan adalah penggunaan sedotan bekas, mungkin bisa beratus ratus sedotan yang digunakan dalam setiap harinya karena hampir setiap warung makan pasti menggunakan sedotan untuk minuman sebagai penyaji.

Kemudian setelah minuman habis maka sedotan akan terbuang sia sia dan dapat mencemarkan lingkungan, karena tidak mungkin jika kita mnegambil lagi sedota untuk digunakan ulang, jadi untuk mencegah pencemaran tersebut maka kalian bisa menggunakan sedotan sebagai kerajinan tangan karena itu adalah salah satu solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Didunia ini pasti banyak kalangan masyarakat yang berfikir bahwa sedotan adalah barang murahan namun pemahaman seperti itu harus dimusnakan karena sedotan adalah salah satu barang yang paling bisa digunakan sebagai kerajinan yang memliki nilai jual tinggi.

Nah untuk pembahasan mengenai sedotan lebih lanjut bagi kamu yang masih awal mengnal tentang prakarya kerajinanatau ingin memanfaatkan barang bekas untuk membuat kerajinan, maka simak sebagai berikut contoh kerajinan tangan dengan sedotan bekas:

1.    Bunga dari Sedotan

Banyak sekali bunga yang bisa dibentuk dari barang bekas sedotan ini seperti kerajinan tangan bunga lili, teratai, bunga matahari dan masih banyak lagi.

2.    Hiasan Dinding dari Sedotan

Banyak sekali hiasan dinding yang terbuat dari sedotan bekas, selain itu hiasan yang terbuat dari sedotan bisa anda jadikan sebagai center piece diruanganmu atau juga hiasan ini biasanya dijual karena memliki nilai jual yang tinggi.

3.    Miniatur rumah dari Sedotan

Sebuah miniatur rumah yang terbuat dari sedotan warna warni akan terlihat begitu menarik sekali, mungkin miniatur dari sedotan ini bisa kamu jadikan koleksi hiasan drumah karena dengan penggunaan sedotan maka hasilnya akan indah sekali apalgi warna sedotanya berwarna warni.

4.    Penutup Lampu Gantung dari Sedotan

Sebuah sedotan juga bisa digunakan untuk penutup lampu tidur sehingga ketika tidur tidak banyak cahaya yang masuk, kali ini sedotan lebih mudah dibentuk dan digunakan sebagai hiasan penutup lampu.

5.    Tempat Pensil dari Sedotan

Sangat mudah sekali membuat kerajinan tangan dengan sedotan untuk tempat pensil, karena anda hanya merekatkan dan memodel sedotan satu dengan yang lainya. Jadi kalian tidak perlu bingung menaruh pensil yang banyak dimana.

6.    Vas Bunga dari Sedotan

Vas bunga yang terbuat dari sedotan memang jauh lebih menarik, karena sedotan memiliki ragam warna yang unik dan segar ini akan menambah keindahan taman bunga kamu.

7.    Kerajinan Tangan dari Sedotan

Untuk terlihat cantik bagi wanita itu adalah sebuah hal yang tidak sulit, kalian bisa manfaatkan sedotan untuk membuat banyak sekali kerajinan misal seperti pembuatan kalung, kuncir rambut, gelang karet, atau hiasan lainya.

8.    Taplak Meja dari Sedotan

Kini sudah banyak yang membuat penemuan sedotan di rangkai menjadi sebuah taplak meja, dan kerajinan ini memiliki nilai jual yang tinggi karena kerumitan pembuatan taplak meja dari sedotan.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Sekarang ini sudah menjadi trend pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel, karena kain flanel ini banyak kita temui di toko-toko sekitar rumah kita.

Selain itu banyak alasan yang membuat orang menyukai kerajinan dari kain flanel ini karena terbukti sangat enyenangkan.

dan juga harga dari kerajinan kain flanel inipun memiliki harga jual tinggi loh, jadi gak tanggung-tanggung jiakalau sekarang banyak usaha-usaha beraggotakan ibu-ibu membuat kerajinan tangan dari kain flanel ini.

Dan kerajinan inipun mempunyai banyak variasi seperti bros, gantungan kunci, tempat pensil, dan boneka dari kain flanel tersebut

Ada banyak sekali macam-macam variasi kerajinan kain flanel. dan saya akan menjelaskan satu-persatu variasi kerajinan dari kain flanel itu sendiri

·         Tempat tisu dari kain flanel

Tempat tisu dengan mengguanakan kain flanel sangat cocok untuk segala aktifitas karena jikalau anda memiliki bayi tempat tisunya tak akan menyakiti bayinya karena terbuat dari kain flanel yang lembut dan tidak melukai.

Dan tak hanya itu kalian bisa memadu padankan kain agar lebih terlihat berwarna dan terkesan cantik, karya inipun bisa digunakan sebagai barang yang mempunyai nilai jual.

Dan sekarang dengan mudahnya pemasaran melalui mdia online anda bisa memulai bisnis anda dari kerajinan satu ini karena banyak kalangan yang menyukai tempat tisu berbahan kain nan lucu dan bagus.

·         Tempat pensil dari kain flanel

Jiaklau anda berniat mempunyai tempat pensil kembar dengan teman dekat anda, anda bisa mencoba membuat ini.

cara membuatnyapun mudah dan hanya membutuhkan bahan sedikit, kita hanya butuh sebuah resleting dan lem bakar dan tak lupa gunting yang sangat penting bagi kerajinan kita.

Jikalau kita ingin memperindah tempat pensilnya kita bisa menambahkan beberapa aksesoris seperti kancing baju, benang warna-warni dan lain sebagainya.

Saya juga memiliki beberapa tips untuk membuat tempat pensil tersebut.

  • Pertama-tama gunting kain flanel sesuai dimensi yang anda butuhkan.
  • Kedua, buatlah 2 komponen, satu bagian lebih panjang dari dari satu bagian lainnya.
  • Setelah itu, sediakan kain yang lebih kecil dari aksesoris kancing agar jika kita menjahitnya kain tersebut tidak terlihat karena tertutup oleh kancingnya.
  • Setelah kancing terlekat, maka jahitlah kedua potongan kain di bagian samping.
  • Buatlah tempat pensil hingga berbentu seperti kantong yang rapi
  • Jangan lupa buatlah bukaan pada bagian atasnya kalian bisa memasangkan resleting atau kancing dibagian tersebut.
  • Setelah itu tempat pensil anda sudah jadi dan siap digunakan.

Dan seperti itulah contoh cara pembuatan tempat pensil dari kain flanel. Jika cara diatas kalian belum paham lebih baik kalian bisa menontonya di youtube karena akan terlihat langsung dan mudah dipahami.

·         Tempat handphone dari kain flanel

Eh ternyata kain flanel juga bisa kita gunakan untuk membuat tempat handphone lohh. Jadi tak perlu khawatir jika anda belum mempunyai tempat handphone karena anda dapat membuatnya sendiri.

Dan caranya pun mudah sama seperti membuat tempat pensil diatas tapi ini lebih mudah lagi daripada membuat kerajinan seperti diatas.

·         Tas selempang dari kain flanel

Jika kalian banyak melihat tas-tas selempang flanel di pinggiran jalan kalian tak perlu sibuk memilih dan membeli karena kalian dapat membuatnya sendiri .

Karena kita bisa menggunakan model yang kita mau karena kita akan memilih warna flannel dan beberapa aksesoris yang anda sukai.

Cara membuatnya juga mudah, anda hanya perlu selembar kain flanel setelah itu manfaatkan mesin jahit agar jahitan lebih rekat dan kuat.

Dan jangan lupa tambahkan beberapa aksesoris untuk mempercantik tas selempang anda. Sederhana dan mudah kann?

·         Sepatu dari kain flanel

Mungkin karena kain flanel merupakan salah satu kain yang lembut maka dari itu kain ini cocok untuk anak-anak.

dengan keuntungan diatas saya mempunyai ide untuk membuat sepatu mungil dari kain flanel untuk anak-anak. Tapi kita harus memilih kain flanel yang berkualitas tinggi agar semakin lembut dan nyaman dipakai.

Berikut ini beberapa cara untuk membuatnya, pertama-tama ukur kaki anak anda, lalu buatlah pola dari pengukuran tadi. Disini ada pola 3 komponen. Yang petama, bagian sepatu. Yang nomer 2 front depan. Nomer 3 belakang terdepan. Setelah mengukur 3 poal diatas lalu kita potong.

Lalu dijahit tangan, jahit sesuai selera anda jika anda ingin menambahkan pola jahitan disamping sepatu silahkan. Jika sudah selesai anda bisa mencobannya untuk anak anda.

Memang cara membuatnya pun agak sulit tapi lebih mudah jika kalian lihat di youtube atau video-video pembuatan sepatu flanel ini.

·         Hiasan kaos dari kain flanel

Jika anda mempunyai kaos oblong yang mungkin ngebosenin mungkin ini saatnya anda merombaknya menjadi kaos yang lebih lucu atau gemesin. Caranya gampang anda tinggal membuat pola lalu mengguntingnya dan tak lupa juga menjahit pola tersebut. Dan anda akan melihat hasilnya setidaknya kaos anda akan terlihat lebih berwarna

·         Hiasan toples drai kain flanel

Wahhhh mungkin ini ide yang bagus untuk persiapan hari lebaran karena hari raya merupakan moment toples untuk berhias, ups maksudnya yang punya toples siap-siap menghias toplesnya agar tetep cantik saat hari raya.

Dan kain flanelah menjadi jawaban dari keresahan para ibu-ibu, jangan khawatir anda dapat mencari tutorialnya di google ataupun youtube. Jadi selamat mencoba.

·         Gantungan kunci dari flanel

Ini juga banyak sekali variannya mulai dari bentuk boneka, nama, sampai emoticon. Dan ini anda bisa membuat banyak karena mudah dan anda bisa menjualnya melalui pasar tradisisonal sampai pasar online.

Selain itu gantungan kunci yang ada namanya biasanya peminatnya banyak jadi jika anda berniatan untuk berjualan gantungan kunci lebih baik diawali dengan model nama dan boneka lucu sehingga kalian bisa menerima banyak untung.

·         Bantal dari kain flanel

Bantal ini mudah sekali membuatnya karena kita hanya membuat pola kotak 2 lembar lalu kita jahit sebagian lalu kita isi dengan spoon atau yang lainnya, jangan lupa dihias sehingga bisa menjadi bantal pajangan di sofa atau dikamar anda.

·         Boneka jari dari kain flannel

Ini juga mudah membuatnya karena kita hanya menentukan pola dan kartun atau hewan apa yang kita ingin ceritakan disana, lalu setelah menentukan gambarnya kita potong lalu jahit pinggirnya dengan benang wol agar terlihat menonjol dan lucu.

Lalu tak lupa memberi aksesoris mata atau hidung dan kumis sehingga nampak jelas karakter yang akan diceritakan.

·         Donat dari kain flannel

Ini tampak mudah seperti kita membuat bantal flanner namun kita harus membuat pola seperti donat lalu diisi dengan spoon dantinggal beri hiasan diatasnya. Hemmm jadi pengen makan donat.

·         Bros dari kain flanel  

Mungkin sudah banyak sekali bross yang terbuat dari flanel yang sering kita jumpai, namun ternyata cara membuatnya tidak terlalu susah dan rumit. Banyak sudah contoh kerajinan tangan dari flanel yang bisa kita contoh lewat media internet.

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Botol bekas sudah sangat sering kita jumpai berserakan dijalan, karena secara logika dalam sehari banyak orang yang membeli minuman kemasan dan ketika habis mereka akan membuangnya. Bayangkan saja berapa jumlah botol yang dibuang setiap harinya

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

oleh karena itu untuk mencegah pencemaran lingkungan kita harus memanfaatkan botol bekas sebagai barang yang berguna dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Banyak cara pemanfaatan botol bekas diantaranya membuat kerajinan menggunakan botol bekas atau memanfaatkan botol bekas sebagai barang yang memiliki seni untuk kebutuhan sehari hari.

1.    Sapu dari Botol Bekas

Kali ini anda bisa memnafaatkan botol bekas sebagai sapu pembersih ruangan, yakni dengan cara mematong bagian bawah botol bekas kemudian buatlah sekitar dua botol bekas dengan dipotong panjang panjang membentuk rambut sapu. Gabungkan dua botol tersebut supaya kuat dan awet. Setelah itu tambahkan kayu pada atasnya layaknya sapu seperti pada umunya.

2.    Boneka dari Botol Bekas

Botol bekas bisa dimanfaatkan untuk pembuatan boneka yang lucu, caranya adalah potong botol bekas menjadi dua bagian, potong bagian kedungan sekitar ¾ saja gunakan bawah untuk menghias wajah boneka, kemudian hias sesuai kebutuhan anda, untuk model boneka anda bisa melihat dari beberapa contoh di media internet banyak sekali macam boneka terbuat dari boneka.

3.    Lampu Hias dari Botol Bekas

Memanfaatkan botol bekas sebagai penutup lampu hias bukanlah hal yang tidak mungkin karena membuat lampu hias ini bukanlah hal yang rumit anda tinggal memotong botol bekas menjadi dua bagian kemudian tentukan bagian mana yang akan digunakan dan tempel bagian luarnya dengan potongan sendok bekas hingga seluruh bagiannya tertutup.

4.    Kebun Vertikal dari Botol Bekas

Memiliki kebun disekitar halaman rumah adalah hal yang diimpikan banyak orang, jika anda tidak emmiliki halaman rumah yang bisa digunakan sebagai kebun maka anda jangan berkecil hati karena sekarang banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk membuat kebun vertikan dengan pemnafaatan botol bekas.

Anda tinggal mewarnai botol dengan warna yang seragam kemudian jadikan botol sebagai tempat tanaman dan tanah, jika sudah maka gantung secara vertikal dan sejajar seupaya terlihat rapi.

5.    Vas Bunga dari Botol Bekas

Dari pada membeli vas bunga dipasaran yang hanya terbuat dari plastik biasa namun dijual dengan harga mahal alangkah lebih baik jika anda membuat nya sendiri dengan memanfaatkan botol bekas. Botol bekas bisa anda manfaatkan sebagai vas bunga dengan cara memotong dan mendesain sekreatif mungkin.

Banyak sekali tutorial pembuatan vas bunga yang bisa anda contoh, anda bisa menghias vas bunga dari botol bekas sesuai dengan selera anda masing masing. Bahkan jika hasil kerajinan tangan kalian bagus maka kalian juga bisa menjual dan menghasilkan uang dari barang bekas.

Selain bisa bermanfaat bagi kebutuhan sehari hari anda dengan tidak sadar anda juga telah menjaga lingkungan agar tetap bersih dari botol bekas, karena memang limba botol bekas sudah banyak sekali dan tak terhitung jumlahnya.

Kerajinan Tangan dari CD Bekas

Kerajinan Tangan dari CD Bekas

1.    CD Bentuk Burung

Anda memiliki CD rusak atau sudah tidak bisa digunakan lagi maka jangan melulu langsung dibuang, karena CD yang sudah tidak bisa diputar lagi bisa anda jadikan kerajinan bentuk burung, dengan rangkaian CD maka bisa membentuk menjadi replika burung yang berkilauan sekali. Nah sekarang burung bisa dijadikan hiasan ruangan yang indah sekali dan ini menjadi nilai jual tinggi untuk CD bekas.

2.    Motif Gitar dari CD Bekas

Selain kerajinan berbentuk burung, CD rusak juga bisa anda gunakan menjadi motif gitar yang akan nampak kilauan indah. Pecahan CD akan di susun menajdi motif motif klasik satu persatu sehingga membuat nilai jual gitar menjadi tinggi.

3.    Hiasan Dinding dari CD

Pecahan CD ternayata bisa juga digunakan sebagai hiasan dinding sebuah ruangan, pecahan CD membua pancaran kilauan yang memperindah suasana ruangan. Cara membuat nya mudah sekali yakni dengan memberikan warna hitam pada CD kemudian buatlah piringan dan lukisan dengan motif sesuka anda.

Masih banyak lagi kreasi kerajinan tangan yang terbuat dari CD rusak dan bekas, namun saya hanya bisa menjelaskan beberapa saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *