Kiat untuk Mulai Menjalankan Bisnis Kerajinan Kayu Kreatif

Diposting pada

Kayu memang memiliki banyak manfaat. Selain menjadi bahan bangunan dan dibuat furnitur, kayu juga bisa dibentuk menjadi berbagai kerajinan. Kerajinan yang terbuat dari kayu pun sangat beragam dan selalu berkembang dari tahun ke tahun. Ada beberapa kerajinan kayu kreatif yang terkenal di Indonesia, seperti kerajinan kayu miniatur berbagai kendaraan, kerajinan kayu yang dibuat patung, hingga kerajinan kayu yang bisa digunakan untuk tutup lampu. Usaha kerajinan kayu pun sangat menguntungkan karena hampir setiap orang menyukainya, terlebih jika kerajinan tersebut unik, menarik, dan berbeda dari yang biasa beredar di pasaran. Tidak hanya di dalam negeri, pemasaran untuk kerajinan kayu juga bisa dilakukan hingga ke luar negeri. Salah satu kerajinan kayu yang laku di pasaran adalah kerajinan kayu kapal dan lampu.

 

Kerajinan Kayu Miniatur Kapal

Bentuk kerajinan kayu kreatif yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kalangan orang yang gemar mengoleksi miniatur. Bentuk kapal yang unik dan rumit adalah daya tarik utama dari kerajinan kayu kapal. Bentuk dan jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari kapal layar hingga kapal modern. Beberapa pengrajin yang kreatif mengkreasikan kerajinan miniatur kapal dengan meletakannya dalam botol kecil atau kotak kaca yang membuat kerajinan miniatur ini tampak jauh lebih menarik. Tapi meskipun tidak ditempatkan di wadah khusus atau hanya menggunakan penyangga biasa, kerajinan miniatur kapal dari kayu tetap terlihat menarik selagi Anda memang membuatnya dengan bagus. Jika Anda tertarik menjadi pengusaha kerajinan ini, cobalah untuk menemukan ide baru yang belum ditemukan orang lain dan bisa digunakan sebagai ciri khas dari produk Anda sendiri.

 

Cara membuat kerajinan miniatur kayu kapal tidaklah sulit, terlebih bagi Anda yang memang memiliki keahlian di bidang seni kriya. Bahan yang dibutuhkan pun tidak rumit, yaitu hanya kayu, lem, dan alat-alat pendukung lain seperti gergaji atau pemotong kayu lainnya. Sebaiknya rendam kayu yang akan dibuat kerajinan sebelum mulai dipotong. Hal ini bertujuan agar kayu yang akan digunakan bisa lentur dan mudah dibentuk. Setelah direndam Anda bisa langsung memotong-motong kayu sesuai dengan ukuran miniatur yang akan dibuat dan menyusun kayu tersebut menjadi bentuk kapal. Jangan lupa untuk menghaluskan dan memberi warna kerajinan kayu kapal tersebut lebih menarik. Untuk warnanya sendiri tidak perlu berlebihan, warna coklat klasik justru lebih terlihat elegan dan menarik. Tambahkan kesan lebih nyata dengan mengikat layar dengan benang jika Anda memang membuat miniatur kapal layar.

 

Kerajinan Kayu Tempat Lampu

Jika biasanya kayu dibuat furnitur atau kerajinan miniatur, belakangan ini juga mulai banyak ditemukan kerajinan kayu lampu yang juga tidak kalah terkenal dengan kerajinan kayu bentuk yang lainnya. Kerajinan kayu yang dibuat tempat lampu memang terlihat sederhana, tetapi pembuatannya tetap tidak mudah. Bentuk kerajinan ini juga bermacam-macam sesuai dengan kreasi dan kreativitas pengrajinnya. Ada yang berbentuk kepala binatang, silinder, hingga bentuk-bentuk abstrak yang justru semakin membuat tempat lampu dari kayu tersebut semakin unik dan menarik.

 

Bagi Anda yang ingin mencoba terjun menjadi pengusaha kerajinan kayu lampu, tak ada salahnya untuk memulai bisnis membuat kerajinan kayu menjadi tempat lampu. Selain pembuatannya yang lebih mudah, kerajinan kayu tempat lampu juga tidak biasa dan memiliki fungsi selain untuk memperindah ruangan sehingga banyak orang yang akan tertarik. Jika bisa memasarkan dengan baik, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari modalnya.

 

Cara membuatnya pun hampir sama dengan cara membuat kerajinan dari kayu yang lain. Anda hanya butuh keterampilan dan daya kreasi yang tinggi. Bahan utamanya hanya kayu dan lem, serta alat-alat yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti gergaji pemotong kayu serta amplas. Pertama cobalah untuk merendam kayu yang akan dibentuk menjadi kerajinan lampu di dalam air agar teksturnya lebih lentur dan mudah dibentuk. Sambil merendam Anda bisa mulai menggambar desain bentuknya dan kemudian mulai dengan memotong-motong kayu hingga ke ukuran yang sudah disesuaikan. Seperti pengrajin lainnya, kreativitaslah yang menjadi syarat utama agar kerajinan kayu ini bisa terealisasikan. Beberapa daerah di Indonesia sendiri sudah terkenal sebagai daerah yang kaya akan pengrajin kayu salah satunya Wonosobo, Jepara, dan Yogyakarta. Brand-brand kerajinan kayu pun sudah sangat marak di pasaran. Anda bisa belajar dari pengrajin kerajinan kayu lain untuk meningkatkan kualitas kerajinan buatan Anda.

 

Sekarang ini memasarkan produk kerajinan dari kayu seperti kerajinan kayu lampu juga tidak sulit. Anda tidak harus membuka toko atau pabrik yang besar untuk menjajakan hasil karya Anda. Cukup gunakan internet terlebih dulu untuk usaha pemasarannya. Pasang blog pribadi atau melakukan promosi di berbagai media sosial. Tak perlu khawatir dengan pemasaran yang gagal, jika produk kerajinan kayu yang Anda buat memang menarik dan berkualitas, penjualan lewat media sosial justru akan cepat membuat kerajinan kayu buatan Anda laris di pasaran.

 

Untuk kerajinan yang terbuat dari kayu selain miniatur kapal dan tempat lampu juga masih banyak jenisnya, seperti kacamata, miniatur kereta api, mobil, bingkai foto atau figura, ukiran, topeng, furnitur seperti meja, kursi, dan lain-lain. Meskipun sudah banyak pengusaha yang menjual barang-barang kerajinan dari kayu, Anda tak perlu khawatir atau takut menjajakan hasil karya Anda karena kerajinan kayu kreatif akan selalu diburu oleh banyak orang, terlebih jika barang-barang yang dijual memang berbeda dan lebih bagus dari yang sudah beredar di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *