Lemari Kayu Dinding, Lemari yang Praktis untuk Rumah Anda

Lemari Kayu Dinding, Lemari yang Praktis untuk Rumah Anda

Diposting pada

Memiliki perabotan yang praktis dan multifungsi adalah suatu hal yang dinginkan oleh banyak orang. karena praktis, maka fungsinya pun bisa menjadi lebih dari satu. Seperti lemari kayu dinding. Lemari kayu jenis ini adalah alternatif dan solusi untuk ruang yang terbatas. Permasalahan ruang yang terbatas biasanya dialami oleh Anda yang memiliki rumah yang minimalis atau rumah yang tidak terlalu luas. Karena terbatas apapun ruang dalam rumah, tetap saja anggota keluarga memerlukan tempat untuk menyimpan banyak barang. Satu orang paling tidak akan memerlukan satu lemari atau bahkan lebih untuk menyimpan tidak hanya pakaian, tapi juga barang-barang lain. Kali ini, akan dibahas mengenai solusi penyimpanan dengan jenis lemari yang praktis dan tidak memakan banyak ruang di dalam rumah Anda yang terbatas.

 lemari dinding 2

Solusi Ruang Terbatas Selain Lemari Kayu Dinding

Ruang yang terbatas pada rumah memang membuat Anda sebagai penghuni rumah kesulitan dalam memanfaatkan ruang yang ada. Dikala Anda memiliki banyak barang yang masih bisa dipakai dan harus disimpan untuk digunakan sewaktu-waktu, maka menyimpannya dalam lemari adalah pilihan yang tersedia bagi Anda. namun, jika pilihan pertama ini tidak dapat dilakukan karena tidak ada jumlah lemari yang mencukupi? Maka solusinya adalah menyimpannya di gudang atau membuangnya. Namun, jika sayang dibuang dan tidak ada ruang bahkan di gudang sekalipun, maka Anda perlu memanfaatkan teknologi masa kini. Lemari kayu dinding adalah salah satunya. Berikut adalah solusi yang bisa Anda terapkan di rumah:

lemari dinding lagi

  • Lemari kayu yang dipasang di dinding

Lemari kayu dinding adalah solusi paling pertama yang akan dibahas. Lemari jenis ini tertanam di dinding. Memang jadinya Anda tidak bisa memindahkan lemari ini sesuka hati, namun karena tertanam di dinding, lemari ini lebih kuat dan tidak memakan banyak tempat. Mengapa? Karena beberapa senti bagian belakangnya, tertanam di dinding. Dinding sendiri tentunya cukup kokoh untuk menahan beban lemari yang tidak seberapa jika dibandingkan beban rangka rumah seluruhnya. Maka kekuatannya tidak diragukan lagi. Jika tidak yakin, maka pakailah lemari dinding yang jenisnya menempel. Jenis ini menempel di dinding namun tidak tertanam.

lemari dinding modern

Lemari jenis ini memiliki keunggulan berupa ruang yang bisa dipakai. Jika lemari biasa, Anda harus memikirkan pemakaian lebar ruangan ketimbang luas keseluruhan. Namun, untuk lemari dinding, yang diperlukan adalah tinggi rumah. Anda bisa memasang lemari bahkan hingga hampir mencapai langit-langit. Semakin tinggi, semakin banyak lemari yang bisa terpasang, dan semakin banyak barang yang bisa disimpan.

 

  • Lemari file kayu

Lemari file disebut juga sebagai lemari arsip. Jenis lemari ini sangat tinggi karena biasanya digunakan untuk memenuhi ruang arsip. Jika Anda ingin memakai lemari ini, maka tidak akan rugi membayarkan harga lemari file kayu yang memang tidak sedikit. Lemari ini dirancang untuk menyimpan file yang notabene adalah sekumpulan kertas. Maka pastinya anti rayap dan tidak mudah membuat kertas lembab meskipun lemari bersifat terbuka atau tertutup.

lemari dinding

Sebenarnya, harga lemari file kayu sendiri tidak semahal itu. Karena sering digunakan untuk gedung perkantoran, maka banyak paket yang ditawarkan, sehingga harganya bisa menjadi lebih murah. Jika harganya sendiri bisa menjadi lebih murah, hal tersebut tentunya akan menguntungkan Anda.

 

Lemari file yang terbuat dari kayu ini memiliki beberapa jenis tampilan. Ada yang terbuka seluruhnya, ada yang tertutup seluruhnya, ada juga yang memadukan antara terbuka dan tertutup. Lemari yang terbuka berarti tidak memiliki pintu ataupun kaca sebagai penutup. Untuk lemari tertutup bisa berupa laci atau penutup berupa daun pintu yang dikombinasikan dengan kaca. Untuk lemari file kayu kombinasi memiliki setengah badan lemari yang tertutup dan setengah badan lemari yang terbuka. Sehingga Anda dapat memilih file atau barang apa yang mau ditaruh di bagian yang terbuka dan barang apa yang ditaruh di bagian yang tertutup. Ketiganya memiliki harga lemari file kayu yang berbeda-beda.

 

  • Lemari geser kayu

Permasalahan lemari yang dianggap memakan tempat salah satunya adalah fungsi pintu yang ada di bagian depan. Meskipun berguna untuk melindungi bagian depan lemari, namun daun pintu yang dibuka juga memiliki kelemahannya tersendiri. Lemari yang memiliki pintu seperti ini sudah jelas tidak termasuk dalam solusi untuk mengatasi ruang terbatas. Sebagai alternatif, akan jauh lebih baik jika Anda memakai daun pintu yang tidak ditarik atau didorong, melainkan digeser. Daun pintu yang digeser akan lebih mudah digunakan dan lebih tidak memakan tempat. Harga lemari geser kayu ini sudah jelas berbeda dengan lemari yang menggunakan daun pintu.

 

Perbedaan selain  pada jenis pintunya, adalah pada mekanismenya. Jika mekanisme yang dipakai pada daun pintu biasa adalah engsel, maka pada pintu geser memakai mekanisme yang berbeda. Jika Anda memperhatikan dengan baik, pintu lemari geser memakai roda kecil dan mekanisme yang lebih rumit. Maka hal ini jugalah salah satu faktor mengapa harga lemari geser kayu berbeda dengan lemari yang memakai daun pintu biasa.

 

Itulah berbagai solusi untuk mengatasi permasalahan ruang terbatas Anda. Semua solusi tersebut pasti bisa menghemat tempat sekaligus bisa menyimpan lebih banyak barang untuk rumah minimalis Anda. mulai dari menggunakan lemari dinding, lemari file dan lemari dengan pintu geser. Namun, harap diingat, harga ketiganya seperti harga lemari geser kayu berbeda dengan harga lemari biasa. Jadi rencanakan keuangan Anda dengan pasti agar solusi-solusi ini bisa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *