Lemari Kayu Unik untuk Interior Rumah

Lemari Kayu Unik untuk Interior Rumah

Diposting pada

Perkembangan lemari kayu dari waktu ke waktu semakin variatif. Banyak produsen kreatif dengan ide jenius untuk menghasilkan sebuah lemari kayu unik. Keberagaman pilihan lemari membuat konsumen lebih leluasa untuk menyesuaikan selera, kebutuhan, dan budget yang dimiliki dengan lemari yang pas. Mencocokan lemari dengan ruangan yang ditempati pun menjadi terasa lebih mudah. Lemari dengan aneka ukuran mulai dari minimalis hingga yang besar, fungsinya pun bertambah tidak hanya sekedar untuk menyimpan barang atau benda. Hal tersebut menambah keunikan lemari kayu yang bisa dipilih, unik modelnya, bentuknya, hingga fungsinya.

 

Beberapa Keunikan Lemari Kayu Minimalis

Kreativitas produsen dan beragam permintaan konsumen menjadi dua faktor mengapa banyak lemari kayu muncul dengan keunikan-keunikannya. Kebutuhan setiap orang tentu berbeda, sehingga pengrajin kayu berusaha memenuhinya dengan hasil lemari yang uni untuk menarik perhatian. Desain lemari memang sangat banyak, begitu juga bahan bakunya mulai dari kayu, plastik, hingga alumunium. Bentuknya lemari semakin unik seperti pintu buka tutup biasa dan pintu geser atau sliding. Berikut beberapa hal unik dari lemari kayu minimalis yang perlu untuk diperhatikan saat memilih atau membelinya.

 

  1. Bentuk lemari

Bentuk lemari yang tidak besar menjadi keunggulan lemari kayu minimalis untuk bisa ditempatkan di ruangan yang tidak terlalu luas. Walaupun kecil sebaiknya pilih yang bentuk di bagian dalam lemari beragam, seperti terdapat tempat gantungan, rak, dan juga laci. Ukuran kecil namun di dalamnya lengkap tentu menjadi keunikan tersendiri. Lemari kecil biasanya cukup terjangkau, tidak terlalu mahal jadi bisa lebih menghemat. Lemari kayu juga memiliki bentuk unik pada bagian luar dengan kealamian kayu yang digunakan sebagai bahan bakunya.

 

  1. Fungsi

Jika utamanya lemari digunakan sebagai tempat penyimpanan, berbeda dengan lemari kayu unik yang multi fungsi. Ada lemari pakaian yang sekaligus bisa digunakan sebagi lemari belajar atau lemari make up, itulah lemari yang disebut unik. Selain untuk menyimpan koleksi gaun atau pakaian, lemari bisa difungsikan untuk menyimpan barang lain seperti tas dan sepatu. Dokumen atau berkas penting juga bisa disimpan di dalam laci yang terdapat di lemari pakaian tersebut. Laci di lemari juga multi fungsi yakni bisa digunakan sebagai tempat untuk menaruh perhiasan atau aksesoris kecil yang berharga. Sisi luar lemari yang tidak tinggi bisa dimanfaatkan sebagai meja baik itu untuk tempat belajar atau tempat rias.

 

  1. Desain lemari

Sangat penting untuk memperhatikan desain lemari terutama jika itu adalah lemari kayu anak. Keunikan desain lemari kayu dipengaruhi dengan pemilihan kayu yang digunakan. Setiap jenis kayu memiliki serat yang unik dan berbeda satu sama lain. Serat banyak dan unik terdapat di salah satu jenis kayu seperti kayu jati. Serat alami yang terdapat di dalam batang menjadi seni natural yang mempercantik desain bagian luar dan dalam lemari. Desain seperti ukiran lemari bisa dibentuk seperti tokoh kartun jika akan digunakan di kamar anak agar mendapat kesan yang ceria. Desain simpel bisa dipilih untuk lemari yang akan diletakan di ruang terbuka atau di kamar pribadi.

 

Tips Memilih Lemari Kayu Anak

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih lemari kayu anak antara lain bentuk dan juga desain yang sesuai dengan umur anak. Pakaian anak yang kebanyakan berukuran kecil dan tidak ribet seperti gaun orang dewasa, untuk itu disarankan untuk tidak menempatkan lemari besar di dalam kamar anak. Ukuran yang mungil akan cocok dan membantu membuat kamar anak terlihat lebih lucu sehingga anak bisa merasa betah. Faktor keamanan juga menjadi alasan mengapa lebih baik memilih yang ukurannya kecil.

 

Jika Anda memutuskan untuk mengisi kamar anak dengan lemari kayu minimalis, untuk terlihat lebih menarik bisa menggunakan lemari dengan warna cerah. Usahakan kayu lemari ditutup dengan cat yang warnanya terang untuk menambah kesan ceria. Warna asli kayu yang biasanya cokelat gelap akan terlihat terlalu tua untuk berada di kamar anak. Anda bisa memilih jenis kayu yang berwarna cantik seperti jenis kayu mahoni atau kayu pinus sebagai bahan utama pembuatan lemari anak. Kayu mahoni memiliki serat yang cantik dengan warna batang yang sedikit kemerahan dan tekstur kayu yang cukup halus. Sedangkan untuk kayu pinus seratnya tergolong halus dengan warna kuning muda yang cerah. Penambahan warna dengan cat bisa disesuaikan dengan anaknya apakah untuk seorang putra atau putri.

 

Desain tambahan yang bisa dipilih yaitu kaca pada bagian salah satu pintu, ukuran yang minimalis akan terbantu dengan penambahan tersebut. Lemari kayu anak juga cocok menggunakan model pintu geser atau sliding door. Model pintu seperti itu akan lebih meringankan dan memudahkan anak saat membuka lemari. Sliding door juga termasuk aman untuk anak-anak. Ukiran kayu di bagian pintu jika bisa, buatlah dengan gambar khas yang mewakili umur anak. Aneka gambar atau ukiran di bagian luar pintu bisa menambah lemari anak menjadi terlihat menyenangkan.

 

Demikian beberapa informasi mengenai lemari kayu dengan beragam keunikan yang bisa menjadi interior rumah. Keunikan yang ada bisa menjadi pelengkap atau menutupi kekurangan lemari tersebut. Seperti mahalnya lemari bisa disiasati dengan mengganti jenis lemari kayu lain sehingga Anda mampu membeli dan tetap sesuai dengan kebutuhan. Lemari kayu unik bisa menjadi alternatif pilihan Anda saat berburu lemari kayu. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan karakter lemari kayu tersebut agar cocok dan tidak kecewa setelah membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *