Macam-macam Furnitur Kayu Unik dan Menarik

Diposting pada

Furnitur memang pantas disebut sebagai fashion dari suatu bangunan. Selain memiliki fungsi utama, fungsi lain dari furnitur adalah mempercantik ruangan. Oleh sebab itu desain furnitur kayu dewasa ini sangat menarik dan seolah ditujukan memang hanya untuk hiasan dari sebuah bangunan. Furnitur kayu unik menjadi sorotan banyak orang dan dijadikan pilihan sebagai penghias ruangan yang model hingga warnanya juga disesuaikan dengan tempat peletakannya. Berbicara tentang furnitur dari kayu yang unik sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari bahan pembuatnya hingga bentuk atau model dari furnitur itu sendiri yang memang tidak biasa. Berikut ini beberapa jenis furnitur dari kayu yang tergolong furnitur kayu yang unik.

 

Jenis Furnitur Kayu yang Termasuk Furnitur Kayu yang Unik

Furnitur unik dari kayu yang pertama adalah furnitur kayu pinus. Jika kita biasanya hanya mendengar furnitur terbuat dari pohon atau kayu jati, maka ternyata ada pula furnitur yang dibuat dari pohon pinus. Furnitur ini tergolong unik karena pinus sendiri memiliki batang yang ramping dan tidak mudah jika dibuat menjadi furnitur. Berbeda dengan pohon jati yang memiliki batang besar dan bisa dengan mudah dibuat furnitur.

 

Furnitur kayu pinus sendiri memang sudah dikenal lama sekali dan bukan suatu hal baru. Namun, nama kayu pinus yang digunakan sebagai furnitur memang masih kalah dibandingkan ketenaran kayu jati dan kayu jenis yang lainnya. Namun, meskipun begitu, furnitur yang terbuat dari pohon pinus memiliki kualitas yang tidak kalah dari kayu jenis lain dan furnitur dari kayu jati. Bahkan, tidak sedikit pula furnitur yang terbuat dari pohon pinus yang sudah mulai dipasarkan ke berbagai wilayah. Bukan hanya daerah- daerah di Indonesia saja, keunikan furnitur dari pohon pinus juga sudah merambah ke berbagai penjuru dunia.

 

Meskipun memiliki keunggulan yang hampir sama dengan kayu jati, yaitu daya tahan yang lama, kuat, dan tidak mudah lapuk, biasanya furnitur kayu pinus dijual dengan harga yang lebih murah. Namun memang hal ini tidak bisa dipastikan secara langsung karena menyesuaikan dengan ukuran furnitur, bentuk furnitur, dan tingkat kerumitan dari membuat furnitur tersebut. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena kualitas dari furnitur yang terbuat dari kayu pinus asli juga sangat bagus sehingga jika harganya memang sebanding dengan uang yang Anda keluarkan, tentu itu bukan sesuatu yang harus dipermasalahkan. Terlebih bagi Anda yang memang tertarik dengan barang-barang furnitur.

 

Jika sebelumnya keunikan sebuah furnitur dilihat dari bahan pembuatnya, maka keunikan furnitur yang selanjutnya dilihat dari model furnitur. Seperti seni kriya lainnya, keindahan atau daya tarik suatu furnitur khususnya furnitur kayu unik juga ditentukan oleh kemampuan pembuatnya. Kayu yang awalnya besar dan silinder diubah menjadi sesuatu yang memiliki nilai seni dan bernilai tinggi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memang mempunyai bakat di bidang tersebut. Itulah sebabnya jenis furnitur juga semakin mengalami perkembangan seiring zaman, dan perkembangan jenis selanjutnya yaitu furnitur kayu minimalis.

 

Mungkin Anda pernah mendengar tentang model rumah yang sempat menjadi tren di tahun 2016, yaitu rumah berbentuk minimalis. Tetapi ternyata, jenis minimalis bukan hanya dimiliki oleh rumah saja, furnitur kayu minimalis juga ternyata ada. Hampir sama dengan pengertian rumah minimalis, furnitur kayu yang berjenis minimalis juga memiliki tampilah yang sederhana tapi juga sangat modern di waktu bersamaan. Perpaduan dua gaya yang sangat berlainan, yaitu modern dan sederhanalah yang membuat furnitur jenis ini memiliki daya tarik tersendiri di mata para penggemarnya.

 

Untuk ide furnitur kayu minimalis sendiri disesuaikan dengan kemampuan pengrajinnya dalam membuat hasil kaya furnitur tersebut. Meskipun terlihat biasa, keunikan furnitur jenis ini terletak pada serat dan tekstur kayu yang dibiarkan terlihat secara alami tanpa perlu banyak ukiran berlebihan. Bahkan beberapa furnitur kayu yang menganut aliran minimalis tidak memberikan perubahan terhadap tampilan furnitur tersebut.

 

Furnitur kayu minimalis juga sangat cocok untuk diletakkan di rumah yang memiliki model minimalis. Hal ini karena bentuk, susunan, dan gaya keduanya yang memang satu tipe. Pada dasarnya furnitur kayu berjenis minimalis juga dibuat untuk dapat melengkapi atau mempercantik ruangan- ruangan yang ada di dalam rumah berjenis minimalis. Akan tetapi, hal ini tidak semata- mata memiliki arti bahwa furnitur kayu yang minimalis tidak cocok untuk diletakkan di rumah gaya apa saja. Furnitur ini justru cocok untuk diletakkan di mana saja, karena selain membuat lebih santai gaya furnitur kayu yang minimalis atau sederhana tanpa perlu ukiran-ukiran berat juga akan matching dipadukan dengan model rumah apa pun.

 

Itulah beberapa jenis atau model furnitur yang tergolong ke dalam furnitur dari kayu yang unik. Jika Anda memang orang yang memang berniat membeli furnitur, cobalah untuk mencari tahu tentang furnitur lebih rinci agar tidak salah membeli karena biasanya banyak orang yang tidak bisa membedakan furnitur dari jenis-jenis kayu tertentu. Untuk tempat yang menjual berbagai jenis furnitur kayu sendiri sudah banyak sekali, dari pengrajin yang tinggal di kota hingga dari pelosok desa. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, memesan furnitur kayu unik juga dapat dilakukan melalui jasa penjualan online. Ada baiknya untuk mengkroscek terlebih dahulu reputasi blog tempat Anda membeli furnitur dan jangan sampai tertipu karena seperti yang sudah semua orang ketahui, furnitur bukan suatu benda yang memiliki harga murah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *