Meja Kursi Kayu Jepara

Dekorasi Hangat dengan Meja Kursi Kayu Jepara yang Menawan

Diposting pada

Kabupaten Jepara sudah terkenal dengan julukannya sebagai daerah sentral ukir. Kerajinan ukirnya yang cukup diminati pasar antara lain adalah meja kursi kayu jati Jepara. Kegiatan mengukir di Jepara sudah ada sejak jaman kerajaan Kalinyamat. Keahlian mengukir diturunkan kepada generasi selanjutnya, sehingga ukiran Jepara tetap ada hingga kini. Ukiran dari Jepara memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan ukiran dari daerah lain. Banyaknya ketersediaan bahan kayu dan juga tenaga ahli membuat tempat ini memiliki banyak kerajinan kayu ukir. Hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi pelanggan karena dapat lebih leluasa untuk mencari dan memilih sesuai kebutuhan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

 

Jenis Kayu Jati Untuk Bahan Baku Meja Kursi Kayu Jepara

Jika Anda sedang mencari dan menginginkan dekorasi ruangan yang hangat dan klasik, salah satu pilihan terbaik adalah dengan meletakan meja kursi yang terbuat dari kayu. Indonesia yang merupakan negara subur tentu memiliki bahan kayu yang cukup untuk membuat sebuah furnitur. Berbagai jenis kayu menjadi bahan untuk membuat meja dan kursi yang disesuaikan dengan selera dan juga karakter kayu tersebut. Sekian banyaknya pilihan jenis kayu, yang paling terkenal akan kualitasnya adalah kayu jati. Kayu jati sering dijumpai sebagai bahan dari meja kursi kayu Jepara. Serat kayunya yang unik dan ukiran Jepara yang menarik menjadi kombinasi yang pas untuk menghasilkan produk furnitur kayu yang menawan. Jika kayu jati sudah banyak dikenal, mungkin jenis dari kayu jati itu sendiri belum diketahui banyak orang.

 

Pertama adalah kayu jati perhutani, seperti namanya kayu ini merupakan milik pemerintah dari kementerian kehutanan. Meja kursi yang dibuat dari kayu ini tentu memiliki kualitas yang terpercaya dengan bahan kayu jati yang sudah berumur. Pengelolaan yang baik dan pemilihan pohon yang akan ditebang tentu sangat diperhatikan. Kayu dari hutan perhutani tentu benar-benar kayu yang sudah berumur tua, karena memang ada peraturan untuk memilih pohon yang akan ditebang. Jika Anda berminat dengan meja kursi kayu jati Jepara dari kayu perhutani sebaiknya siapkan dana yang cukup sebab harga dari bahan baku atau kayu jati perhutani memang bisa dikatakan mahal.

 

Jenis kayu jati lainnya adalah kayu jati rakyat yang banyak ditanam oleh masyarakat biasa.  Banyak pengrajin yang memilih kayu jati ini karena harganya yang lebih murah dibandingkan kayu jati perhutani. Anda harus lebih seleksi jika membeli furnitur kayu dari bahan ini karena tidak semuanya menggunakan kayu dari pohon yang sudah tua. Pohon jati yang ditanam sendiri tentu tidak menggunakan aturan khusus, sehingga ada yang masih muda ditebang namun ada juga yang menunggu hingga benar-benar siap tebang. Pilihlah meja kursi kayu Jepara yang memiliki serat kayu yang padat, biasanya kondisi tersebut hanya ditemukan di kayu jati yang sudah tua. Kayu jati yang tua tentu memiliki kelebihan seperti serat yang padat dan kekuatan kayu yang lebih kokoh.

 

Kayu jati juga ada jenis kayu jati emas, jenis dari pohon jati yang pertumbuhan cukup cepat dibandingkan kayu jati perhutani dan kayu jati rakyat. Penebangan untuk mendapatkan kayu yang besar hanya membutuhkan waktu pemeliharaan kurang dari 15 tahun. Waktu pemeliharaan yang lebih singkat membuat kayu jati emas memiliki harga yang relatif murah. Selain harga kelebihan dari lain dari kayu jati emas adalah bentuk batang kayunya yang kebanyakan lurus. Batang kayu yang tidak banyak bengkok akan memudahkan dan juga membuat hasil kerajinan dari meja kursi kayu jati Jepara lebih baik. Walaupun demikian keawetan dari furnitur kayu jati emas dalam jangkauan sedang karena menggunakan kayu jati yang masih berumur muda.

 

Tips Memilih Sewa Meja Kursi Kayu untuk Dekorasi

Jika Anda membutuhkan interior ruangan dengan meja kursi kayu yang perlu untuk diperhatikan adalah jenis bahan baku atau kayu yang digunakan. Apabila Anda memiliki acara seperti pesta atau pertemuan besar dengan gaya klasik, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih sewa meja kursi kayu. Warna yang kalem dan hangat dapat membuat suasana lebih erat sehingga acara berlangsung lebih lancar dan nyaman. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan saat akan menyewa perlengkapan meja kursi kayu untuk acara yang akan digelar.

 

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kuantitas meja kursi yang dibutuhkan untuk keperluan acara. Apabila disewa untuk acara yang memiliki tamu undangan tentu sudah jelas berapa meja dan kursi yang harus disiapkan. Perhatikan apakah semua kursi menggunakan model dan ukuran yang sama atau ada beberapa yang berbeda. Acara yang memiliki tamu khusus sebaiknya disiapkan kursi yang lebih besar dan bentuk yang berbeda dengan model dan ukuran kursi tamu lainnya. Hitung berapa kursi yang membutuhkan meja sehingga sewa meja kursi kayu pas dengan tamu undangan.

 

Jika diperlukan untuk acara yang tidak menggunakan tamu undangan Anda dapat menyesuaikan dengan luas tempat yang tersedia dan perkiraan berapa orang yang berminat dan akan duduk di kursi tersebut. Sesuaikan model meja kursi kayu yang disewa dengan tema acara yang akan digelar. Acara-acara resmi dengan jumlah tamu yang besar disarankan untuk sewa meja kursi kayu dengan model yang sederhana saja. Apabila dibutuhkan dalam acara bertema khusus tentu Anda dapat memilih model meja kursi kayu yang terlihat unik dan menyatu dengan tema acara.

 

Demikian beberapa informasi yang mungkin bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan mengenai meja kursi kayu Jepara. Selain memperhatikan kualitas barang dan kebutuhan, sebaiknya Anda juga memperhatikan penyedia atau penjual meja kursi kayu tersebut, apakah memiliki respon pelanggan yang baik atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *