Melatih kreativitas dengan kerajinan tangan

Melatih kreativitas dengan kerajinan tangan

Diposting pada

Melatih kreativitas dengan kerajinan tangan

Ketika anak sekolah ditanyai ketiga pelajaran tersebut pasti jawabnya suka untuk anak usia sekolah dasar, anak-anak cenderung memiliki minat pada dunia kreasi. Membuat sesuatu karena dengan kegiatan tersebut mereka bisa belajar sekaligus bermain. Membuat suatu barang atau produk atau kerajinan tangan handicraft mengajarkan anak usai sekolah untuk berpikir kreatif supaya diharapkan ketika mereka lulus sudah memiliki bekal cukup untuk bersaing dalam dunia kerja. Pemerintah berupaya Bagaimana caranya masyarakat Indonesia ini terutama anak muda memiliki nilai wirausaha yang tinggi, dengan banyaknya pemuda pemudi yang menjalankan usaha sendiri maka Indonesia yang berkembang bisa merintis menjadi negara yang maju. Industri kreatif masuk menjadi solusi dari program pemerintah untuk mengolongkan industri mana saja yang akan atau saat ini diminati pasar modern, salah satu industri kreatif tersebut adalah kerajinan tangan.

Siapa yang dulu sewaktu di sekolah paling suka pelajaran kerajinan atau Prakarya? Pelajaran menggambar? Pelajaran olahraga?

Membuat kerajinan tangan kreatif jelas memerlukan daya kreativitas dan tidak semudah membaca dari buku karena perlu di praktek. Kerajinan tangan Indonesia banyak jenisnya sebagai anak muda kita bisa melakukan modifikasi pada apa yang sudah ada atau sangat di anjurkan untuk membuat kerajinan tangan baru yang belum pernah ada. Kerajinan tangan handicraft merupakan proses berpikir kreatif untuk menghasilkan barang atau produk dengan memanfaatkan barang-barang tradisional biasanya limbah atau barang bekas.

Barang-barang kerajinan tangan Indonesia yang bernilai terbuat dari bahan:

  1. Kain perca

Sisa-sisa kain oleh orang yang kreatif masih bisa dijadikan suatu barang yang berguna. Kerajinan tangan kreatif dari kain perca seperti dompet, sarung bantal dan sarung guling, hiasan untuk mukena. Kain perca mudah sekali untuk di aplikasikan sebagai bahan kerajinan tangan dan bahan bakunya mudah diperoleh.

  1. Kain fanel

2 tahun yang lalu kain fanel sempat hitz di kalangan anak muda mereka banyak membuat sendiri kerajinan kain fanel untuk bros, pita, bando, dompet dll. Sekarang kain fanel juga masih menjadi bahan baku kerajinan tangan Indonesia, penggunaannya bukan hanya untuk dipakai sendiri kini sudah banyak di jual sebagai souvenir oleh-oleh dan semacamnya.

  1. Kayu

Kayu menjadi material keras yang banyak digunakan sebagai bahan baku handcraft barang-barang yang dibuat dari bahan ini seperti meja, kursi, ukiran, vas bungga, tempat tisu dan masih banyak lagi. Jenis kayu yang digunakan mudah diperoleh di alam, untuk menghemat pengeluaran bahan baku pengrajin bisa menggunakan bahan kayu bekas yang sudah tidak dipakai lagi. Kayu yang sering dipakai seperti kayu cendana, kayu mahoni dan kayu jati.

  1. Enceng gondok

Tumbuhan yang banyak tumbuh berkembang di air ini selain berfungsi untuk menjaga eksositem air juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan, enceng gondok menghasilkan serat alami yang kuat, kokoh serta elastis sehingga mudah dibentuk. Produk kerajinan tangan handcraft yang sudah ada yaitu tas, dompet, aksesoris dan kursi. Penggunaan enceng gondok bisa menjadi bahan altenatif baru untuk menggantikan kayu dan rotan yang sudah mulai langka.

  1. Bambu

Siapa yang tidak mengenal bahan baku ini? bahan yang dijadikan senjata pada masa perang ini sampai sekarang masih eksis dipakai sebagai bahan baku membuat kerajinan tangan Indonesia. Kerajinan dari bambu memiliki kelebihan tersendiri, produknya sudah bisa mengikuti perkembangan zaman jadi bukan hanya peralatan dapur saja yang menggunakan bahan baku bambu. Anyaman banyak disukai oleh turis manca negara, kap lampu dari bambu memiliki nilai seni tersendiri sehingga tidak heran bila bahan baku bambu menjadi sedikit mahal, karena sekarang sulitnya mencari tumbuhan bambu di kota-kota.

  1. Gerabah

Bahan bakunya tanah liat yang diproduksi menjadi berbagai kerajinan tangan kreatif yang cantik, produk kerajinan dari gerabah sudah kita kenal sejak dahulu seperti asbak, mangkuk, cangkir, miniature, tempat tisu, vas bunga dan masih banyak lagi. Proses pembuatan gerabah tidak mudah ada banyak tahapan yang dilalui sampai bisa menjadi barang jadi.

Sekarang ini tengah gencar di promosikan membuat kerajinan tangan handcraft dengan barang bekas seperti plastik dan botol minum plastik bekas. Hasil kerajinan dari bahan-bahan bekas juga tidak kalah dengan kerajinan tangan lainnya, dengan barang bekas para pengrajin telah mengurangi limbah sampah yang ada, mampu menjadikan barang yang tidak memiliki nilai guna menjadi sangat berharga, mengembangkan kreativitas masyarakat untuk terus berinovasi dengan barang yang ada di rumah, memotivasi masyarakat banyak bahwa berkreasi itu mudah dan hanya perlu berani mencoba.

Keberlangsungan handcraft sebagai hasil kerajinan tangan telah mendapat dukungan dari pemerintah berupa dikeluarkannya surat keputusan yang membentuk badan Dekranas yang berfungsi untuk membina usaha kecil menengah, koperasi, perkumpulan dan sejenisnya yang bergerak di bidang kerajinan tangan Indonesia, mengumpulkan potensi yang ada di semua wilayah agar bisa dijadikan acuan untuk mengembangkan produk kerajinan tangan yang lebih menarik lagi, membina usaha kecil menengah untuk terus mengembangkan industri kerajinan tangan dan menjadi wadah penyampaian aspirasi masyarakat. Dekranas juga menjaga terciptanya persaingan yang sehat antara produsen dengan menggeluarkan kode-kode etik, diharapkan dengan adanya organisasi Dekranas ini masyarakat khususnya masyarakat pembuat kerajinan tangan Indonesia memiliki satu lembaga yang bisa mereka jadikan acuan. Kerajinan tangan kreatif sangat berperan bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga kita sebagai warga negara semestinya bangga degan produk kerajinan tangan yang beragam ada di tanah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *