Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara

Diposting pada

Setiap orang tentu akan merasa betah berada di rumah yang bagus. Mempercantik rumah bisa dilakukan dengan menempatkan furnitur kayu jati Jepara di ruangan favorit. Banyak kota di Indonesia yang melahirkan para pengrajin mebel berkualitas. Jepara adalah salah satunya. Perabot berbahan kayu dari daerah ini sudah terkenal akan kualitas furniturnya yang bagus. Mebel jati buatan pengrajin Jepara populer karena bisa tahan hingga puluhan tahun. Ini berarti Anda bisa mewariskannya ke anak cucu.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati cepu

Harga furnitur kayu jati Jepara beraneka ragam. Harganya mulai jutaan rupiah. Harga satu set perabot jati bisa berbeda-beda antar penjual. Tak bisa disamaratakan karena terkadang memiliki beda produk dan beda keunggulan. Ada harga ada kualitas. Secara umum, semakin berkualitas kayu jati yang dijual, maka Anda perlu merogoh uang lebih dalam lagi.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara

Cara Memilih Furnitur Kayu Jati Jepara

Tak semua penjual memiliki perabot kayu jati yang bagus dan awet. Untuk membedakan jati yang baik dengan yang kurang baik, ada teknik tersendiri. Berikut ini adalah tips dalam memilih kayu jati Jepara. Simaklah baik-baik.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara2

Furnitur kayu jati Jepara yang terbaik adalah yang berusia tua. Kayu jati yang dibuat dalam keadaan belum terlalu kering beresiko menghasilkan mebel yang kurang awet. Kayu jati yang kering dan berusia minimal 20 tahun bisa menjadi investasi jangka panjang. Sebab perabot ini mampu bertahan dalam waktu yang lama. Kayu jati yang bagus memiliki berat yang bisa dirasakan. Dari warna juga bisa terlihat. Kayu jati terbaik adalah yang berwarna coklat agak kemerah-merahan. Serat-serat yang padat juga pertanda itu merupakan kayu jati pilihan.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara3

Tips selanjutnya adalah memilih furnitur jati yang kokoh. Kuat tidaknya jati bisa dibuktikan dengan melakukan pengecekan langsung. Sebagai contoh jika yang ingin dibeli adalah tempat tidur atau kursi tamu, maka duduklah. Rasakan apakah furnitur tersebut cukup kuat atau tidak. Dengan sekali duduk, akan terasa mana yang kokoh atau tidak. Ada lagi tips yang harus diingat yaitu dengan memilih mebel jati yang tak berlubang. Apabila melihat kayu berlubang, maka jangan sekali-kali membelinya. Sebab, ini menandakan jika kayu tersebut tidak awet dan tahan lama.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara4

Melihat Keunggulan Furnitur Kayu Jati Belanda

Selain mebel kayu jati dari Jepara, ada lagi perabot berkualitas yaitu furnitur kayu jati Belanda. Kayu ini memiliki kualitas yang cukup unik dan baik. Bahan kayu ini agak enteng tak seperti kayu jati yang umumnya berat. Warnanya pun sangat unik yaitu kuning muda.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara5

Ada sejarah tersendiri mengapa dinamakan furnitur kayu jati Belanda. Ini disebabkan karena kayu ini awalnya dihasilkan dari limbah kayu dari peti impor. Peti impor yang menjadi bahan baku kebanyakan berasal dari Eropa. Alasan diberi nama Jati Belanda adalah karena orang-orang sekitar memperoleh bahannya dari Eropa.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara6

Soal harga, kayu jati ini relatif terjangkau terutama pembeli dengan ekonomi menengah ke bawah. Satu perabot bisa dihargai 1,9 juta. Harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jati yang per buahnya dihargai 3 jutaan. Meskipun murah dan berkualitas baik, sayangnya kayu ini memiliki sedikit kelemahan. Salah satu kelemahannya yaitu tak bisa serapi kayu jati. Umumnya kayu ini mempunyai serat yang tak rata. Bagi yang ingin perabot kayu berkualitas dengan harga murah, furnitur kayu jati Belanda. Bahannya yang ringan membuat pembeli mudah dalam hal memindah-mindahkannya. Ini adalah salah satu trend terkini yang ekonomis.

Mempercantik Rumah dengan Furnitur Kayu Jati Jepara7

Membicarakan tren penggunaan kayu sebagai perabot rumah, masyarakat lebih memilih furnitur kayu jati jepara minimalis daripada yang tradisional. Mebel bergaya minimalis digemari banyak pembeli karena lebih fleksibel diletakkan di rumah bertipe apapun. Para pemilik perumahan baru di kota banyak menyukainya karena furnitur ini umumnya simpel dan pas di ruangan yang tidak besar.

 

Hal unik yang hanya ditemukan pada kayu jati adalah meskipun bergaya sederhana, namun tetap terlihat elegan. Ini dikarenakan kayu jati memang memiliki nilai kemewahan yang jarang dimiliki oleh kayu lainnya. Perabot jati yang minimalis juga biasanya dikombinasikan dengan bahan lainnya yang modern seperti busa pada kursi tamu. Untuk satu kursi tamu dengan bantalan busa biasanya dijual mulai 2 jutaan. Sedangkan almari pakaian minimalis berbahan jati dijual mulai 4 juta rupiah. Harganya mungkin terlihat mahal dibandingkan jenis kayu lainnya. Namun, Anda bisa melihat jika kualitas jati memang tak bisa diadu. Kemewahan kayu jati bisa terlihat hanya dengan sekali lihat.

 

Furnitur kayu jati Jepara minimalis bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki rumah minimalis yang tak memiliki ruang besar. Perabot kayu yang berdesain minimalis biasanya menyesuaikan dengan tempatnya. Tak sulit menemukan perabot ini di Jepara. Ada dua cara mendapatkan furnitur keren ini.

 

Pertama, ini adalah cara yang praktis sebab tak perlu jauh-jauh pergi ke toko, namun bisa mendapatkannya yaitu beli online. Ada banyak online shop yang menawarkan mebel jati berkualitas. Furnitur kayu jati Jepara minimalis ini bisa dipilih melalui katalog yang disediakan di website olshop tersebut. Setelah memesan, dalam hitungan jam atau hari pesanan Anda akan diantarkan. Waktu sampai barang tergantung jarak rumah Anda dengan jarak olshop yang dipilih.

 

Selain dengan cara online, membeli atau memesan langsung di produsen pembuatnya adalah pilihan alternatif. Dengan melihat langsung furnitur kayu Jati Jepara minimalis yang diinginkan, pembeli bisa lebih mengerti tentang keunggulan dan kelemahannya. Itulah beberapa uraian singkat mengenai kayu Jati Jepara dan Jati Belanda. Jadi, kayu manakah yang akan Anda pilih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *