Mengenal Jenis Kayu Jati Dengan Karakteristik, Kelebihan Serta Kekurangan Yang Dimilikinya

Mengenal Jenis Kayu Jati Dengan Karakteristik, Kelebihan Serta Kekurangan Yang Dimilikinya

Diposting pada

jika penjual Mencari Pembeli Kayu Jati, maka para pembeli tersebut tentunya akan mencari berbagai macam jenis kayu jati yang dibutuhkannya. Pada dasarnya kayu jati dikenal sebagai jenis kayu terbaik dengan kualitas tinggi, utamanya untuk pembuatan berbagai macam furniture. Bahkan hampir 95% dari para pengrajin kayu juga menggunakan jenis kayu yang satu ini dalam pembuatan berbagai macam furniture atau perabot yang hendak dijualnya. Kayu jati secara ilmiah dikenal dengan nama tectona grandis dan ia pun dinyatakan sebagai jenis kayu dengan urat yang bagus dan memiliki kadar minyak tinggi di bagian dalamnya. Sementara itu kadar air yang rendah dari kayu jati justru membuatnya jauh lebih diidolakan oleh para pengrajin, mengapa demikian? Untuk mengetahui kelanjutannya simaklah penjelasan singkat di bagian bawah ini :

Perbedaan yang dimiliki oleh kayu jati

Di Indonesia, terdapat tiga jenis kayu jati yang paling umum dan cukup sering digunakan oleh masyarakatnya. Dimulai dari jenis kayu jati rakyat, kemudian kayu jati perhutani, atau (Perusahaan Hutan Negara Indonesia) hingga jenis kayu jati emas. Setiap jenis dari kayu jati tersebut memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya, termasuk untuk bagian tekstur yang dimilikinya, Ingin tau perbedaan apa saja yang dimiliki ketiga jenis kayu jati di atas tadi? Simaklah penjelasannya di bagian bawah ini :

Kayu jati jenis rakyat

Untuk jenis kayu yang satu ini lebih cenderung dikenal karena bengkokan yang dimilikinya. Hal ini berkaitan dengan pertumbuhan dari pohon jati tersebut yang seringkali memiliki batang dengan bentuk bengkok, sehingga kayu yang dihasilkan olehnya pun memiliki bentuk yang bengkok pula. Tidak hanya itu saja, jenis pohon dari kayu jati ini juga memiliki masa pertumbuhan yang cukup lama, yaitu berkisar pada hitungan 15 sampai 25 tahun dan baru saja siap untuk ditebang kemudian anda gunakan kayunya. Namun berkaitan dengan masa pertumbuhan yang cukup lama ini, maka bagian pori-pori yang dimiliki kayu jenis jati rakyat ini pun menjadi lebih padat dibandingkan dengan jenis emas dari kayu jati di bagian atas tadi. Hal ini juga berkaitan dengan jumlah gubal pda jenis kayu tersebut yang tentunya tampak lebih sedikit dibandingkan dengan jenis jati lainnya.

Kayu jati jenis emas

Berbeda dengan jenis kayu jati lainnya, untuk jati jenis emas yang satu ini ia justru memiliki masa pertumbuhan jauh lebih cepat. Dengan kata lain anda hanya membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 15 tahun saja untuk membuat pohon satu ini tumbuh dengan lebih besar dan kemudian siap untuk segera ditebang. Itulah sebabnya masa pertumbuhan yang cepat ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki jenis jati emas tersebut. Namun selain kelebihan tersebut, kayu jati ini juga memiliki banyak bentuk kelebihan lainnya, seperti kondisi batangnya yang tumbuh dengan lebih lurus. Bahkan jarang sekali adanya bengkokan. Kalau pun batang kayu jati tersebut muncul dengan bengkokan, maka bengkokan itu pun tidak akan memiliki jumlah yang cukup banyak. Itulah mengapa jenis pohon yang satu ini sangat banyak diminati dan disukai oleh Penjualan Kayu Jati atau masyarakat Indonesia lainnya. Karena pada umumnya para pengrajin atau pembuat furniture dari kayu jati itu pun dapat dengan lebih mudah membuat berbagai macam furniture darinya. Namun karena masa tumbuhnya yang jauh lebih singkat pohon jati ini seringkali tampil dengan ukuran pori yang cukup besar atau kurang padat.

Kayu jati dari perhutani

Tidak sama dengan kedua jenis kayu dari pohon jati di bagian atas tadi, untuk kayu yang satu ini ia muncul sebagai hasil dari pengelolaan PT Perum Perhutani, yaitu salah satu lembaga BUMN yang bertugas untuk membidangi bagian olah sumber daya dari kawasan hutan, Tidak heran jika kayu yang dihasilkan olehnya pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kedua jenis kayu yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi.

Kelebihan serta kekurangan yang dimiliki kayu jati

Jenis jati rakyat

Kayu ini dikenal dengan kekurangannya yang banyak mengandung gubal, serta memiliki kadar air tinggi, dan memiliki tekstur yang keras, sedangkan untuk warnanya sendiri jauh lebih pucat. Hal ini tergantung pada usia dari tua dan mudanya jenis kayu tersebut. Sedangkan untuk kelebihannya, kayu ini umumnya dijual dengan harga yang lebih murah dari jenis jati perhutani dan memiliki tingkat ketahanan yang lebih lama.

Jenis jati emas

Kekurangan jenis kayu ini juga tidak jauh berbeda dengan bagian di atas yaitu memiliki banyak gubal, dengan tingkat atau kadar air yang tinggi, mudah pecah, teksturnya keras, warna yang lebih pucat dan tingkat keawetannya yang kurang. Sedangkan untuk kelebihannya jusru dikenal sebagai kayu jati dengan bentuk yang lurus dan harganya pun relatif lebih terjangkau.

Jenis jati dari perhutani

Jenis kayu jati yang satu ini tidak memiliki banyak kekurangan, terkecuali untuk penawaran harga yang diberikannya yang memang selalu jauh lebih mahal dibandingkan dengan dua jenis kayu jati yang telah disebutkan di bagian atas tadi. Sedangkan untuk kelebihannya itu sendiri pun cukup banyak, dimulai dari teksturnya yang tampil dengan lebih berminyak, kemudian pori-pori kayunya yang jauh lebih padat, tampilan warna yang juga lebih hidup serta memiliki tingkat ketahanan yang lebih lama dibandingkan kayu jati lainnya.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari beberapa jenis kayu jati yang sering dicari oleh para pembeli dengan karakteristik serta kelebihan dan juga kekurangan yang dimilikinya. Dari tulisan tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis untuk kayu jati terbaik adalah kayu perhutani, namun tentu saja harga yang dimiliki Kayu Jati Belanda Tahan Air ini pun ditawarkan dengan nominal lebih tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *