Mengulik Keindahan Kerajinan Kayu Jati Jepara

Diposting pada

Menghiasi rumah dengan furnitur terbaik tentu akan membuat rumah lebih cantik dan nyaman. Bagi sebagian orang, melengkapi rumah dengan meja kursi yang mahal merupakan kepuasan tersendiri. Anda pun juga bisa menghiasi interior rumah dengan menggunakan kerajinan kayu jati Jepara. Tentunya Anda pernah mendengar jika kayu jati khususnya dari Jepara itu terkenal dengan keindahannya sampai tersohor hingga mancanegara.

 

Keunggulan dari Kerajinan Kayu Jati Jepara

Berbicara tentang kerajinan kayu jati Jepara tentunya Anda akan merasa terkagum-kagum. Mengapa? Karena semua bentuknya yang unik serta indah, tak hanya mebel seperti meja, kursi, lemari atau tempat tidur saja yang bisa dibuat menarik tetapi ada beberapa kerajinan yang menjadi unggulan juga. Contoh kerajinan kayu jati Jepara yang paling banyak diminati adalah kaligrafi, jam klasik dan hiasan dinding dengan ukiran-ukirannya. Berbicara tentang kayu jati, di sini ada beberapa keunggulan yang dimilikinya, antara lain di bawah ini.

 

  1. Lebih awet

Membuat furnitur atau pun kerajinan tangan dari bahan kayu tentunya sangat rawan tidak bisa awet. Mengapa? Karena mudah lapuk dan lama-lama tergerus oleh waktu. Tetapi hal ini sangat berbeda dengan kayu jati. Kayu dari pohon jati terkenal awet hingga puluhan tahun lamanya, tak heran jika orang-orang bangsawan Jawa selalu memakai furnitur hingga hiasan tersebut di rumahnya. Tak hanya kota Jepara saja yang memiliki kerajinan kayu jatinya tetapi ada juga kota di Jawa Timur, Bojonegoro. Kerajinan kayu jati Bojonegoro utamanya dari Desa Batokan terkenal dengan keindahan serta keunikannya.

 

  1. Tidak mudah lapuk dan lebih berkualitas

Kehebatan kayu jati berikutnya adalah tidak mudah lapuk dan berkualitas tinggi. Untuk kerajinan kayu jati Bojonegoro pun juga tak kalah dengan Jepara karena keduanya sama-sama tak mudah lapuk meskipun terkena panas maupun hujan. Oleh karena itu Anda harus benar-benar selektif dalam memilih furnitur utamanya dari kayu supaya tidak gampang rusak karena lapuk.

 

  1. Harga jual yang tinggi

Karena kualitasnya yang mumpuni, kayu jati termasuk kayu yang harga jualnya sangat tinggi. Hal ini didukung dengan keunggulan lainnya seperti awet hingga puluhan tahun dan juga bentuk dari kerajinan kayu tersebut juga terbilang unik dan artistik. Contohnya pada kerajinan kayu jati Bojonegoro di Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, pernak-pernik dari kayu jati banyak diminati. Pernak-pernik tersebut misalnya tempat tisu, tempat minum kayu, toples dan masih banyak lagi. Bahkan ada juga vas bunga yang terbuat dari kayu jati. Salah satu pengrajin kayu di sana pun hanya memanfaatkan limbah kayu atau sisa pembuatan mebel saja. Karena ini sangat kreatif dan artistik, kerajinan kayu jati tersebut terbilang memiliki harga jual tinggi pun juga untuk furniturnya. Rata-rata omset penjualan setiap bulan di sana adalah Rp 50 juta, itu hanya untuk souvenir saja belum furnitur lainnya.

 

Daftar Tempat Kerajinan Kayu di Jogja yang Bisa Dikunjungi

Selain kota Jepara dan Bojonegoro, ada satu lagi kota yang menawarkan berbagai kerajinan kayu dan bisa dipakai untuk menghiasi rumah Anda. Kerajinan kayu Jogja pun tak kalah hebatnya dengan kota lainnya dan di sini ada beberapa tempat yang bisa Anda datangi untuk melihat pembuatan atau pun untuk membeli beberapa koleksinya.

 

  1. Desa wisata Krebet

Yogyakarta memang menyimpan sejuta keindahan, bukan hanya tempat wisatanya saja yang segudang tetapi ada juga tempat khusus kerajinan kayu yang menawarkan berbagai keunikan serta mengandung karya seni tinggi. Di desa wisata Krebet Anda akan disuguhkan dengan berbagai kerajinan kayu yang unik dan salah satunya yang menjadi ikon adalah batik kayu. Ya, di sana Anda akan menjumpai hiasan batik yang terbuat dari kayu. Kayu-kayu tersebut dibuat menjadi gelas, cincin, kalung dan ornament lainnya seperti bentuk hewan, sepeda, perahu dan lain-lain. Yang paling banyak dicari adalah topeng kayu dan hiasan kayu dengan ukiran batik. Desa yang terletak di Kabupaten Bantul tersebut memang dikenal sebagai daerah kerajinan kayu unggulan di Jogja.

 

  1. Desa wisata Manding

Desa wisata Manding memang terkenal dengan kerajinan kulitnya tetapi tak hanya itu saja, di sana pun juga terdapat kerajinan kayu unggulan. Umumnya, para pengrajin di sana membuat hiasan kayu menjadi sandal (bakiak), gantungan kunci, peralatan memasak/makan dan lain sebagainya. Rata-rata penjual di desa tersebut memang memadukan kulit dengan kayu dan di setiap toko yang berjejer di desa tersebut hampir menjual barang kerajinan yang sama. Banyak wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke sana untuk melihat pembuatan atau pun berbelanja karena terkenal murah.

 

  1. Imogiri Bantul

Salah satu kerajinan kayu Jogja yang terkenal lainnya adalah Imogiri Bantul. Di sana Anda akan menemukan kayu-kayu jati disulap menjadi furnitur yang unik. Contohnya adalah batang pohon jati dibuat menjadi tempat duduk unik dan masih banyak lagi. Rata-rata furnitur di sana tidak begitu mahal karena dijual dengan harga Rp 800.000 hingga Rp1,3 juta saja. Anda bisa menemukan pusatnya di Jalan Imogiri Barat, Bantul Yogyakarta, semua bahannya terbuat dari kayu jati yang berkualitas.

 

Membahas tentang kerajinan kayu jati memang sangatlah menarik. Selain bisa dibuat furnitur unik, kayu juga bisa dibuat pernak-pernik yang artistik. Jepara sendiri terkenal dengan ukiran Jawanya yang kental dan furniturnya yang berkualitas kemudian di kota Gudeg, kerajinan kayu Jogja akan disulap menjadi barang-barang yang memiliki unsur seni yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *