Referensi Harga Papan Kayu Jati dan Jenis Jenis Kayu Jati

Referensi Harga Papan Kayu Jati dan Jenis Jenis Kayu Jati

Diposting pada

Referensi Harga Papan Kayu Jati dan Jenis Jenis Kayu Jati

Kayu jati merupakan jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat bangunan dan mempercantik bangunan dengan produk – produk furniturnya. Memang kayu jati merupakan kayu dengan kualitas nomer 1 dalam hal kekuatan, ketahanan, dan keawetan. Kayu jati juga memiliki motif urat yang bagus dan berminyak dan yang membuat kayu jati ulet dan kuat karena kandungan airnya sangat sedikit.  Kayu jati terkenal akan kualitasnya yang sangat bagus sehingga tak heran jika harga papan kayu jati cukup tinggi di pasaran. Harga papan jati biasanya dihitung per lembar dengan ukuran lembaran yang berbeda – beda. Di bawah ini akan diberikan gambaran mengenai range harga papan kayu jati yang kini ada di pasaran dan dilengkapi pula dengan ukuran per lembarnya.

Untuk Kayu jati  sambungan harganya relatif lebih mahal dibanding kayu jati sambungan 2 layer. Berikut daftar harga papan jati :

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 80 cm harganya sekitar 450.000 untuk per lembarnya.

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 100 cm harganya sekitar 550.000 untuk per lembarnya.

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 125  cm harganya sekitar 750.000 untuk per lembarnya.

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 150  cm harganya sekitar 900.000 untuk per lembarnya.

Harga papan kayu jati sambungan 2 layer :

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 80 cm harganya sekitar 300.000 untuk per lembarnya.

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 100 cm harganya sekitar 380.000 untuk per lembarnya.

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 125  cm harganya sekitar 400.000 untuk per lembarnya.

Papan jati dengan ukuran 2,5 cm x 30 cm x 150  cm harganya sekitar 495.000 untuk per lembarnya.

Jenis jenis kayu jati pun sebenarmya juga beragam. Setidaknya di pasaran dan yang banyak diketahui masyarakat jenis jenis kayu jati ini ada 3 jenis kayu jati. Dari masing masing jenis jenis kayu jati memiliki karakteristik masing masing dan memiliki keunggulan dan kelebihan masing – masing sehingga masing masing dari jenis jenis kayu jati memiliki orientasi fungsi yang berbeda. Langsung saja mari oita bahas jenis jenis kayu jati :

  1. Kayu Jati Rakyat

Kayu jati rakyat memiliki karakteristik dimana kayu jati rakyat ini memiliki banyak bengkokan pada batangnya. Selain itu masa pertumbuhan dari kayu jati rakyat ini relatif lama yakni sekitar 15 hingga 25 tahun untuk siap tebang dan menghasilkan kayu dengan kualitas baik. Walaupun masa pertumbuhannya lama, namun waktu tumbuh yang lama ini menghadirkan keuntungan dan keunggulan tersendiri bagi kayu jati rakyat. Karena semakin lama tumbuh maka kayu jati rakyat pori porinya akan semakin memadat dan gubalnya atau cairan resinnya akan lebih sedikit. Namun, bisa saja kualitas kayu yang dihasilkan kayu jati rakyat ini turun karena salah memilih masa penebangan. Jika terlalu muda sudah di tebang maka kandungan air pada kayu jati rakyat masih banyak dan kayunya lebih lunak dibanding masa tanam yang lebih tua atau jenis jenis kayu jati lainnya. Walaupun demikian, jika kita pandai memilih kayu jati rakyat maka kita akan tetap mendapatkan kualitas kayu yang baik kuat dan awet dengan harga yang lebih murah dibanding jenis jenis kayu jati yang lain.

  1. Kayu Jati Emas

Jenis kayu jati selanjutnya adalah kayu jati emas. Masa pertumbuhan dari kayu jati emas ini relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis kayu jati rakyat yakni dalam masa tanam antara 7 sampai 15 tahun pohon jati emas sudah besar dan siap untuk ditebang. Selain itu struktur batang dari pohon jati emas ini lebih lurus dan sangat sedikit bengkokan yang ada. Pori – porinya cenderung lebih besar sehingga kayunya kurang padat. Untuk tingkat keawetan kayu jati emas mungkin lebih kurang awet diantara jenis kayu lain hal itu bisa saja terjadi karena penebangan dilakukan saat belum terlalu matang kayunya sehingga kayunya mudah pecah.

  1. Kayu Jati Perhutani

Selanjutnya adalah jenis kayu jati perhutani. Perhutani sendiri merupakan sebuah lembaga BUMN ( Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang sumber daya hutan di area Jawa dan Madura. Kayu jati perhutani kualitasnya lebih tinggi dibanding jenis jenis kayu jati lainnya. Hal ini jugalah yang membuat kayu jati perhutani ini lebih mahal dibanding jenis jenis kayu jati lain. Tekstur dari kayu jati perhutani lebih padat karena pori-porinya juga lebih rapat dan teksturnya lebih berminyak dan diantara jenis – jenis lain warna kayunya yang paling cerah. Struktur batang kayunya juga lebih lurus dan minim sekali adanya bengkokan. Sehingga membuat kualitas kayu jati perhutani ini memang benar – benar bagus dan berkualitas tinggi. Tak heran harganya lebih mahal dibanding yang lain.

Baiklah itu tadi sedikit ulasan mengenai rederensi perkiraan range harga papan kayu jati di pasaran dan juga informasi mengenai jenis jenis kayu jati yang selama ini sering digunakan oleh masyarakat untuk membuat furnitur dengan kualitas yang sangat bagus. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan dapat menjadi rederensi bagi kalian yang sedang mencari kayu jati ataupun sedang mencari furniture dengan bahan kayu jati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *