Spesifikasi Kelas Kayu Jati dan Perkiraan Harganya

Spesifikasi Kelas Kayu Jati dan Perkiraan Harganya

Diposting pada

Spesifikasi Kelas Kayu Jati dan Perkiraan Harganya

Kayu jati merupakan jenis kayu yang paling sering di buru untuk dijadikan furnitur karena  kualitas dan keawetannya yang sangat bagus. Banyak sekali yang menjual kayu jati gelondongan. Jenis – jenis kayu jati yang biasa ada di pasaran di dominasi oleh kayu jati dari Perhutani. Untuk harga kayu jati per kubik biasanya harga dari kayu jati perhutani cukup mempengaruhi harga di pasaran. Biasanya untuk kayu jati kualitas medium harganya mrncapai 2,7 juta rupiah per kubiknya. Tentunya harga kayu jati yang semakin tua akan semakin mahal karena semakin tua masa tanam pohon jati maka kualitas kayu yang dihasilkan akan semakin bagus. Namun harga kayu jati per kubik di Indonesia ini bisa dibilang masih rendah jika dibandingkan dengan harga kayu international. Menurut lembaga pengamatan tropis ITTO (International Tropical Timber Organization) harga kayu di Amerika Serikat mencapai 19 jutaan lebih untuk setiap meter kubiknya. Harga tersebutpun masih kalah tinggi dengan harga kayu di Inggris yang per meter kubiknya bisa mencapai 37 juta hingga 45 juta rupiah.

Biasanya pasaran kayu jati diklasifikasikan menjadi beberapa kelas sesuai permintaan orang yang ingin beli pohon jati tersebut. Dan untuk pasaran di Indonesia sendiri tetap produksi kayu yang paling banyak berasal dari Perhutani dan pasaran pun didominasi produk kayu jati dari Perhutani uang memegang kendali hingga 40% dari total jumlah transaksi penjualan kayu jati. Klasifikasi kayu jati di pasaran ini didasarkan pada diameter dan kualitas kayu, ketiga jenis kayu jati tersebut diantarannya :

Jenis Kayu Jati di Pasaran

  1. Kayu Jati Kelas A1 dengan diameter dari 11 cm hingga 19 cm.
  2. Kayu Jati Kelas A2 dengan diameter dari 20 cm hingga 29  cm.
  3. Kayu Jati Kelas A3 dengan diameter dari 30 cm hingga 39 cm.
  4. Kayu Jati Kelas A4 dengan diameter dari 40 cm hingga 49 cm.

Dari sekian jenis kayu jati di pasaran kayu jati kelas A3 yang paling mendominasi karena memang ukurannya cukup sesuai untuk bisa dimanfaatkan selain itu umur dan harganya juga cukup mendukung sehingga banyak orang beli pohon jati yang mencari penjual kayu jati gelondongan jenis ini. Selain itu untuk kelas 4 sendiri pasarannya yang paling sedikit mengingat kayu jati dengan kriteria seperti klasifikasi nomer 4 ini susah di dapatkan selain itu juga tentu harganya berkali – kali lipat lebih mahal karena kayu dengan klasifikasi tersebut adalah pohon jati yang sudah tua. Soalnya, setiap pohon jati pertumbuhan diameter batangnya tiap tahun berkisar antara 2 sampai 3,4 centi meter. Bayangkan saja jika setiap pohon jati rata rata per tahun pertumbuhan penambahan panjang diameternya 2 cm perlu waktu berapa lama untuk bisa menjadi kayu jati kelas A1, A2, A3, hingga A4. Karena peningkatan signifikan dari harga kayu jati per kubiknya pada masing – masing kategori maka tidak heran jika banyak yang tertarik untuk berinvestasi menanam pohon jati seperti ini.  Aoalagi bagi mereka yang memiliki lahan kosong dan memang belum direncanakan untuk dimanfaatkan untuk beberapa tahun ke depan sangat cocok untuk investasi menanam pohon jati karena nilai investasinya sangat menggiurkan. Nah berikut akan diberikan range harga kayu jati per kubik berdasarkan kelas – kelas klasifikasi yang tadi sudah diulas di atas. Harga ini tidaklah mutlak karena hanya taksiran saja yang ada di pasaran :

Harga Kayu Jati Berdasarkan Kelasnya

  1. Kayu jati Kelas A1 range harganya mencapai 1,5 juta hingga 1,8 juta rupiah per meter kubik.
  2. Kayu jati Kelas A2 range harganya mencapaii 2,5 juta hingga 2,7 juta rupiah per meter kubik.
  3. Kayu jati Kelas A3 range harganya mencapai 3,5  juta hingga 4,,8 juta rupiah per meter kubik.
  4. Untuk kayu jati kelas A4 seperti yang sudah sempat disinggung di atas tadi bahwa harganya lebih mahal di banding kelas lainnya sehingga kisaran harga kayu jati kelas A4 ini mencapai 5,2 juta dan terus lebih meningkat seiring makin tuanya masa tanam pohon jati.

Untuk sistem pemasaran transaksi kayu jati sendiri kini semakin meningkatnya teknologi maka jaringan pasaran kayu jati semakin luas. Bahkan dari mulai tahun 2016 lalu Perum perhutani membuat layanan jual kayu jati gelondongan via online. Inovasi tersebut cukup bagus karena di dunia sendiri belum ada lembaga yang melayani pembelian kayu lewat online semacam ini. Jadi bisa dibillang perusahaan BUMN inilah yang pertama kali. Sistem baru dengan cara online ini memberikan banyak keuntungan karena dengan transaksi secara online, akan sangat menghemat waktu dan biaya operasional ditinjau secara konvensional. Selain itu dengan beli pohon jati melalui Perhutani bisa dipastikan resmi dan konsumen akan terhindar dari jual beli transaksi kayu jati ilegal. Sehingga jika ada konsumen yang ingin beli pohon jati langsung saja dapat melihat harga dan ukuran dari produk kayu yang dijual kayu jati gelndongan. Semua deskripsi produk kayu jatinya juga sudah lengkap. Walaupun masih terdaoat sejumlah kekurangan pada transaksi secara online ini seperti kurang ahlinya para pegawai perhutaninya sendiri di bidang basic IT untuk pengaplikasian teknologi e commerece online ini karena memang selama ini pegawai perhutani sendiri memang belum pernah memakai aplikasi semacam ini. Sehingga diharapkan semakin bertambahnya waktu, semakin pula bertambah keahlian dan kemahiran baik pegawai maupun konsumen untuk menjalankan aplikasi ini.

14 thoughts on “Spesifikasi Kelas Kayu Jati dan Perkiraan Harganya

  1. Maaf mau tanya
    Siapa yg biasa beli pohon jati ?
    Sy ada 13 pohon yg ditanam sejak masih ada buyut saya.
    Lokasi di Garut JABAR

    1. Kalau di daerah cepu banyak pengrajin ukiran kayu jati.mungkin bisa dijual di pengusaha furniture atau pengrajin kayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *